Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus
Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus

3 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Perangkat Anda

Cukup mudah untuk mengaplikasikan, cara mengembalikan aplikasi yang terhapus. Pasti Anda pernah mengalami kondisi dimana, aplikasi terhapus secara tidak sengaja pada smartphone Anda, namun pengguna ingin mendapatkannya kembali tanpa harus mengunduhnya.

Tidak perlu khawatir, sebab kami akan membagikan tahapannya untuk Anda. Bagi para pengguna smartphone, Anda mungkin terbiasa dengan mengunduh aplikasi, melalui Google Play Store atau App Store, namun pengguna juga bisa mengunduhnya melalui website atau browser.

Biasanya cara tersebut hanya bisa dilakukan oleh smartphone berbasis Android, terkadang kita secara tidak sengaja menghapus app yang seharusnya tidak terhapus. Namun sulit untuk menemukan app tersebut, karena Anda mengunduhnya melalui website.

Kami memberikan beberapa pilihan cara, yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan app tersebut ke smartphone. Bahkan pengguna tidak perlu mengandalkan Play Store, agar bisa kembali mengunduh app tersebut.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Mudah

Tanpa harus mencari kembali app yang tidak sengaja terhapus, sebenarnya terdapat alternatif lain bagi Anda yang malas untuk menemukan app tersebut. Kami akan memberikan beberapa cara yang dapat diikuti, khususnya bagi pengguna Android.

1. Mengembalikannya dengan Google Play Store

Pertama kami akan memberikan cara, jika pengguna ingin mengunduh kembali melalui Play Store. Pada halaman awal Play Store, maka Anda akan menemukan ikon garis tiga pada pojok kiri.

Pilih My Apps and Games, kemudian pilih Library pada bagian atas deretan menu. Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi, yang sebelumnya sudah pernah pengguna unduh. Bagian teratas menunjukkan app terakhir, yang pernah diunduh.

Sedang Trending :  Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Aplikasi Backup

Anda perlu mengunduh aplikasi Backup and Restore, kegunaan dari app tersebut adalah untuk mencadangkan app, jika sewaktu-waktu smartphone Anda hilang atau terhapus. Maka untuk menyelamatkan semua data termasuk aplikasi, Anda bisa menggunakan Backup and Restore app.

Setelah mengunduh app tersebut, maka pengguna perlu melakukan backup secara berkala. Hal ini tentu saja bertujuan untuk, menjaga agar semua data aman dan tersimpan. Dan untuk mengembalikannya, maka pengguna hanya perlu klik tombol Restore.

3. Menyimpan Aplikasi di SD Card atau External Memory

Pengguna juga tetap bisa mengunduh aplikasi tanpa harus mengandalkan Play Store, caranya adalah dengan menyimpan aplikasi tersebut pada SD Card. Cara ini terbilang efektif dan aman, karena dapat melindungi smartphone pengguna dari kehilangan data secara tidak sengaja.

Selain itu jika Anda memiliki SD Card yang tidak terpasang pada smartphone, maka semua data pada SD Card akan aman jika sewaktu-waktu pengguna kehilangan smartphone. Memori eksternal memang berguna, untuk menyimpan aplikasi atau data penting pada smartphone.

Sama halnya ketika pengguna melakukan backup data, hanya dengan memasukkan SD Card tersebut, maka app bisa diunduh kembali, Anda juga tidak perlu mencari aplikasi tersebut.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan, jika tidak sengaja menghapus aplikasi kesayangan pada smartphone, pengguna bisa melakukannya melalui Play Store ataupun memanfaatkan memori eksternal. (SA)

Tinggalkan Balasan