Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat peta minda adalah
Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat peta minda adalah apa? Gambar oleh geralt dari Pixabay Free License

Aplikasi yang Dapat Digunakan untuk Membuat Peta Minda Adalah Apa ?

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat peta minda adalah banyak sekali. Peta minda sendiri adalah cara termudah untuk memasukan dan recall informasi yang ada di dalam otak. Biasanya digunakan ketika sedang menghafalkan atau merencanakan sesuatu.

Saat ini banyak teknologi digunakan untuk mempermudah kerja manusia. Termasuk membuat peta minda atau mind mapping bisa dibuat di smartphone tidak lagi harus digambar pada sebuah board atau kertas.

Sebelum mengetahui aplikasi mana saja yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping. Anda juga harus mengetahui manfaatnya, mind mapping memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan mengingat, melatih fokus serta konsentrasi juga meningkatkan imajinasi dan kreatifitas.

5 Aplikasi yang Dapat Digunakan untuk Membuat Peta Minda Adalah

Sudah banyak aplikasi bisa digunakan dengan mudah untuk membuat peta minda. Berikut ini daftar aplikasi rekomendasi yang dapat digunakan untuk membuat mind mapping dengan mudah.

1. Ayoa

Pertama ada Ayoa diciptakan oleh Chris Griffiths. Chris sendiri merupakan pakar mind mapping dunia dengan pengalamannya lebih dari 12 tahun. Keunggulan dari Ayoa adalah memiliki berbagai macam fitur seperti pembuatan ide, pemilihan format serta dapat dipilih warnanya.

2. Xmind

Selanjutnya Xminde dengan banyak fitur yang disediakan membuat penggunanya dapat mudah menulis idenya, mengasah kreativitasnya dan bahkan menjadi lebih produktif. Xmind mengklaim dirinya berbeda dengan aplikasi peta minda lainnya.

Karena terlihat dari desainnya chart nya beragam dari mulai fishbone, matrix, timeline dan lainnya. Tidak hanya itu fitur lainnya tidak boleh dilewatkan adalah dengan menggunakan Xmind Anda juga dapat menganalisa kronologi dari penyampaian ide.

Baca juga: Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

3. Simplemind

Salah satu yang paling populer dibandingkan lainnya dapat diunduh melalui play store serta sudah lebih dari 1 juta kali diunduh oleh para pengguna. Keunggulannya sangat mudah digunakan oleh pengguna sehingga dapat menuliskan ide/gagasannya dengan desain menarik.

4. MindMeister

Salah satu alat peta minda online yang bisa memudahkan user mencari juga mengembangkan ide/konsep dibangunnya. Aplikasi tersebut sudah lebih dari 13 juta orang mengunduhnya karena dikenal sangat mudah untuk membuat rencana mingguan kantor atau membuat karya kreatif.

5. Coggle

Terakhir, coggle awalnya merupakan platform yang bisa diakses melalui google untuk membuat sekaligus berbagi mind mapping dengan menggunakan jenis diagram alir. Uniknya, seperti telah disebutkan pada coggle Anda bisa berbagi mind mapping tersebut dan berdiskusi secara real time.

Seperti layaknya berada di ruang rapat kantor, ini bisa digunakan ketika Anda harus meeting saat work from home. Kelebihan lainnya adalah tampilannya simple dan tidak membuat bingung penggunanya.

Metode mind mapping ini sebenarnya sudah muncul pada tahun 70an dikenalkan oleh Tony Buzan dan masih digunakan sampai sekarang. Pembentukkan ide/konsep tersebut kini juga telah dipermudah dengan aplikasi dapat digunakan untuk membuat peta minda. (SA)

Baca juga: Aplikasi yang menghasilkan uang

Tinggalkan Balasan