Apa perbedaan karya kolase montase aplikasi dan mozaik
Apa perbedaan karya kolase montase aplikasi dan mozaik ? Gambar oleh klimkin dari Pixabay Free License

Apa Perbedaan Karya Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik ?

Apa perbedaan karya kolase montase aplikasi dan mozaik, keempat-empatnya merupakan jenis-jenis karya seni rupa hampir memiliki kemiripan. Seni rupa tersebut biasanya dibuat untuk menjadi dekorasi, seni kriya atau seni gambar.

Keempatnya memiliki definisi yang berbeda-beda, karya kolase adalah seni menempel berbagai bahan menampilkan corak khas. Montase adalah karya tercipta dengan cara menempel gambar dari banyak sumber. Nantinya akan menampilkan hasil akhir estetik serta unik.

Mozaik tercipta menggunakan teknik tempel potongan berbagai jenis bahan ukuran kecil-kecil dan ditempelkan pada sebuah bidang. Terakhir, aplikasi memiliki cara yang hampir sama dengan karya seni sebelumnya, perbedaannya pada aplikasi ditempelkannya menggunakan cara menggunting dan menjahit kain.

Baca Juga : Apa yang dimaksud dengan karya aplikasi ?

Apa Perbedaan Karya Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik

Jika dilihat dari keempat definisinya, Anda pasti akan langsung tahu keempatnya memiliki persamaan. Yaitu menggunakan teknik tempel untuk menciptakan karya seninya, selain itu keempatnya juga termasuk pada seni rupa dua dimensi.

Selain persamaannya, ada juga perbedaan antar karya seni rupa tersebut. Berikut ini perbedaan sangat terlihat dari karya kolase montase aplikasi dan mozaik.

1. Bahan

Setiap karya seni rupa tersebut memiliki bahan untuk menghasilkan karyanya yang berbeda-beda. Kolase dibuat dari bahan alam seperti daun kering untuk menghasilkan seninya.

Montase dibuat dari bahan gambar-gambar dari berbagai sumber, biasanya berbahan kertas. Potongan dari gambar-gambar tersebut biasanya dipilih senada agar menghasilkan montase sesuai tema.

Mozaik biasanya terbuat dari kepingan-kepingan keramik, kaca atau batu nantinya ditempel pada bidang tertentu seperti tembok. Terakhir, aplikasi biasanya dibuat menggunakan teknik jahit bahannya dari kain-kain memiliki gambar seperti bunga, binatang, dan lain-lain.

Sedang Trending :  Bagaimana Cara Memilih Pewarnaan Pada Mozaik Agar Bagus?

Baca juga: Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi ?

2. Cara membuatnya

Antara kolase, montase, aplikasi dan mozaik memiliki cara pembuatan yang berbeda-beda. Pertama, kolase dibuat dengan cara menempelkan bahan-bahan terdiri atas kertas, kain kayu atau biji-bijian.

Nantinya bahan tersebut di tempel pada gambar yang sudah disiapkan sebelumnya. Sehingga membentuk pola atau gambar unik. Kedua, montase dibuat memadukan gambar-gambar sesuai tema dari buku bekas, majalah atau koran bekas.

Nantinya gambarnya akan ditempel atau direkatkan pada kertas atau sebuah bidang sesuai tema telah dirancang. Untuk memperindahnya, bisa ditambahkan pewarnanya pensil warna.

Selanjutnya cara membuat aplikasi yang dibuat dari potongan kain atau kertas bekas koran atau kalender. Potongan-potongan tersebut nantinya ditempelkan pada sebuah benda, menempelkannya bisa menggunakan lem atau teknik jahit.

Terakhir, mozaik dibuat menggunakan cara menempelkan gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih. Potongan-potongan kertas atau kain dibuat kecil-kecil dan ditempelkan pada bidang kertas untuk membentuk gambar sesuai tema.

Karya seni dua rupa tersebut biasanya digunakan untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih estetik dan unik. Karya kolase montase aplikasi dan mozaik bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana untuk menghias ruangan atau kamar Anda. (SA)

Baca Juga : Apa Persamaan Karya Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik ?

Tinggalkan Balasan