DNS Biasa Digunakan pada Aplikasi yang Terhubung ke
DNS Biasa Digunakan pada Aplikasi yang Terhubung ke mana? Gambar oleh TheDigitalArtist dari Pixabay Free License

DNS Biasa Digunakan pada Aplikasi yang Terhubung ke Internet

Beberapa orang mungkin mengetahui bahwa DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet. Ini tentu sesuai dengan pengertiannya yang merupakan sebuah sistem untuk melakukan pencarian nama komputer di jaringan.

Sistem ini sering disamakan dengan sebuah buku telepon karena sama-sama mempunyai nama dan nomor telepon (IP). Cara kerjanya adalah mengoneksikan komputer satu ke lainnya dengan host name.

Pengertian Domain Name System (DNS)

DNS sangat erat kaitannya dengan alamat dari berbagai situs pada jaringan internet. Fungsinya sendiri adalah memberikan penamaan dan memberikan kemudahan komputer dalam mengidentifikasi alamat situs.

Domain name system merupakan sebuah server yang menghubungkan URL (Uniform Resource Locator) dengan alamat IP. Beruntungnya, sekarang ini pengguna internet tidak perlu mengetikkan IP address hanya perlu ID websitenya.

Jika sistem internet belum mengenal DNS, maka Anda harus mengetikkan 199.223.232.0 untuk mengunjungi laman Youtube. Ini tentu akan sulit, karena Anda perlu mengingat seluruh angka untuk mengunjungi sebuah website.
Proses konversi alamat IP ke domain disebut dengan query. Ini adalah bagian dari proses terhubungnya satu perangkat ke lainnya untuk saling berkomunikasi melalui jaringan internet.

Simak juga: Yang Tidak Termasuk Aplikasi Microsoft Office Adalah Apa?

Cara Kerja DNS Biasa Digunakan pada Aplikasi yang Terhubung ke Internet

Cara kerja dari domain name system melakukan seluruh proses pencarian dengan waktu milidetik. Terdapat komponen yang akan membantu dan membentuk proses pencarian untuk menemukan nama domain.

Sedang Trending :  Cara Membuat Gambar Menjadi HD Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Komponen dari sistem yang cukup besar, DNS akan mencocokkan nama dengan beberapa angka untuk menghubungkannya. Berikut ini adalah bagaimana langkah serta proses domain name system bekerja.

1. Meminta Informasi Situs Website

Kunjungi situs website dengan mengetikkan nama domain ke browser web. Komputer akan menyelesaikan host seperti www.youtube.com. Komputer akan mulai mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain di chace lokalnya.

2. Hubungi Server Rekursif

Banyak ISP menggunakan server DNS rekursif yang sama, kemungkinan domain tersebut sudah ada di chacenya. Jika domain sudah terdapat atau ditemukan, proses query akan berakhir dan web akan ditampilkan.

3. Minta Server Resmi

Jika server DNS rekursif tidak memiliki informasi dalam cache, nantinya akan mencari ulang di tempat lainnya. Kueri akan melanjutkan rantai server DNS otoritatif hingga menemukan dan menyimpan nama servernya.

4. Akses Catatan

Untuk menemukan alamat IP dari Youtube, sistem akan mulai mencari data catatan. Semua record DNS memiliki nilai time to live atau masa berakhir catatan tersebut akan kadaluwarsa dan catatan diperbarui.

5. Langkah Terakhir

Server DNS Rekursif memiliki informasi dan mengembalikan catatan ke komputer Anda. Sistem komputer membaca IP dan meneruskannya ke browser web dan menghubungkannya ke server sesuai catatannya sehingga situs akan muncul.

Berbagai dapat dirasakan dan dinikmati manusia zaman modern, terutama dalam bidang pencarian data di internet. DNS membantu aplikasi yang terhubung ke internet dan memudahkan komputer dalam mengidentifikasi alamat website. (SA)

Baca juga: Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat Adalah Apa?