Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa
Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa - Gambar oleh Fotoworkshop4You dari Pixabay Free License

Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa Tahun 2022

Beberapa orang mungkin berpikir, untuk menjalankan usaha yang menguntungkan di desa membutuhkan banyak pengalaman.

Namun sebenarnya peluang bisnis ini bisa dijalankan oleh segala usia, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga tanpa memandang gender atau kedudukan yang ada.

Meski hanya mengantongi sedikit pengetahuan, namun dengan tekad dan ketekunan yang ada, Anda bisa memulai bisnis ini hingga mendatangkan banyak keuntungan.

Berikut Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa Tahun 2022

Beberapa rekomendasi usaha menguntungkan di desa memang harus Anda ketahui sejak dini. Dengan begitu bisa dijadikan sebagai referensi untuk yang ingin membuka usaha di tempat perkampungan. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

1. Bahan Pokok/Sembako

Tidak hanya kuliner yang laris manis, kini penjualan sembako juga kian meningkat dikala pandemi. Produk seperti beras, telur, minyak, mie instan dan kebutuhan pokok lainnya selalu diminati. Apalagi zaman now banyak penjual yang menawarkan jasa ekstra bagi pelanggan terdekat, seperti mengantarkan pesanan pembeli.

2. Produk Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri jika produk kesehatan mengalami peningkatan profit. Diantaranya obat rumahan, suplemen, air mineral, ramuan herbal, hingga masker masih banyak dicari.

Dengan adanya dorongan pemakaian masker kain bagi masyarakat seluruh masyarakat, usaha ini juga bisa dijadikan peluang. Beberapa pelaku usaha memulainya sebagai usaha yang menguntungkan di desa, hanya bermodal mesin jahit dan kain katun tebal.

3. Membuka Warung Angkringan

Bisnis satu ini memang sangat melegenda. Biasanya warung angkringan akan menyediakan jajanan tradisional dengan minuman lokal. Ciri khasnya adalah menyediakan minuman panas dari ceret yang direbus menggunakan arang. Kemudian ada meja besar yang diatasnya ada banyak jenis makanan.

Sedang Trending :  Apa Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis Simak Penjelasannya di Bawah Ini?

4. Membuka Jasa Laundry

Bisnis ini banyak dijalankan orang, namun tak pernah sepi pembeli. Karena cuci baju menjadi kebutuhan setiap orang. Itu mengapa bisnis ini tak pernah mati.

Untuk membuka usaha ini, tidak dibutuhkan modal yang besar. Cukup beli mesin cuci, sabun cuci, pewangi, timbangan dan setrika saja. Jika semua sudah siap, tinggal memasarkannya melalui spanduk kecil hingga ke sosial media.

5. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis yang satu ini rupanya dianggap sebagai bisnis yang relatif mudah dijalankan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bisnis ini bisa dijalankan siapa saja, meskipun pelakunya tidak memiliki kemampuan memasak.

Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa mengambil dari produsen dan melakukan pengemasan sendiri. Beberapa makanan ringan yang bisa Anda coba antara lain sale pisang, lidi pedas, makaroni kekinian, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Usaha Yang Langka Tapi Menguntungkan

6. Bisnis Handmade

Jika Anda punya kreativitas yang bisa dijadikan peluang usaha, mengapa tidak? Misalnya membuat tas handmade dari barang-barang daur ulang, bukankah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar?

Cukup memanfaatkan jasa konveksi untuk pembuatannya. Lalu manfaatkan bahan daur ulang seperti kain perca ataupun kain lainnya yang tersedia di rumah. Sangat mudah bukan?

7. Bisnis Frozen Food atau Makanan Beku

Pandemi corona membuat bisnis kuliner, café, dan restoran yang memberi layanan makan di tempat sangat terdampak. Dari riset Mckinsey & Company, 58% konsumen Indonesia menghindari makan di tempat selama masa pandemi.

Namun ternyata para pengusaha tak kehabisan akal untuk mendapat keuntungan dan memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus.

Hal ini terbukti dari terlihatnya bisnis kuliner yang masih tetap bertahan. Kebanyakan dari mereka memilih menjual makanan beku atau frozen food yang cenderung mudah diolah serta tahan lama.

Meski situasi ini sedang tidak menguntungkan untuk siapa saja, Anda bisa merubahnya dengan kemauan dan tekad yang kuat. Anda bisa mencoba rekomendasi usaha yang menguntungkan di desa dan menjadikannya sebagai inspirasi. (SA)

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Lepas