Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat Adalah
Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat Adalah - Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay Free License

Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat Adalah Apa?

Untuk Anda yang kesehariannya bergelut dengan internet, pasti membutuhkan aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP.

Mungkin Anda sudah tidak asing ketika mendengar aplikasi FTP. Aplikasi ini menjadi wadah untuk mengambil file dengan cepat, lalu bisa pula untuk mentransfer data yang ada.

Apa yang Dimaksud dengan FTP?

FTP yang berasal dari singkatan File Transfer Protocol adalah sebuah aplikasi di internet yang berfungsi untuk mengambil data melalui jaringan TCP sampai transfer data antar server yang lain.

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam ranah teknologi, tentunya untuk menunjang kegiatan yang berhubungan dengan internet.

Selain itu, transfer data melalui FTP juga dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan perangkat sejenis lainnya. Belum lagi file atau data yang dikirim bisa diproses dimanapun, meskipun dengan jarak yang jauh.

Fungsi Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat Adalah Apa?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, File Transfer Protocol (FTP) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mentransfer atau mengambil data dengan cepat melalui jaringan internet.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk konektivitas device di komputer dengan perangkat web server hosting, sehingga berbagai data yang dimiliki bisa di akses.

Sayangnya tidak semua komputer dapat mengakses aplikasi ini. Mengapa? Karena untuk menggunakan FTP sendiri harus menggunakan izin khusus. Nantinya, Anda akan diberi username dan password sehingga daya yang dimiliki dapat terjamin keamanannya.

Kelebihan Aplikasi FTP

Menggunakan aplikasi ini, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan, di antaranya adalah:

  1. Dengan menggunakan FTP, Anda bisa mengirim berbagai data meskipun dengan ukuran yang besar. Selain itu, prosesnya terbilang cepat meskipun Anda mentransfer data dari jarak jauh sekalipun.
  2. Selain bisa mengirim file dari jarak yang jauh, Anda juga dapat mentransfer sejumlah folder dengan waktu yang bersamaan.
  3. Memanfaatkan aplikasi FTP, ada sejumlah fitur yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Seperti fitur back up data otomatis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Selain fitur back up, ada pula fitur resume yang menjadi solusi ketika koneksi sedang down, atau terjadi booting ketika komputer Anda mengalami problem.
  5. Terakhir, Anda bisa mengatur jadwal untuk mengirim file tersebut. Yang mana aplikasi ni memiliki fitur scheduling sehingga pekerjaan Anda yang lain tidak akan terganggu.

Kekurangan dari Aplikasi FTP

Terlepas dari kelebihan dan fitur canggih di dalamnya, namun aplikasi ini juga tidak luput dari kekurangan. Seperti hal nya file yang dikirim berbentuk plain text tanpa enkripsi tambahan, hal ini memungkinkan untuk para hacker mengakses data tersebut.

Lalu ada beberapa aplikasi yang tidak aman, sehingga dapat memungkinkan penggunanya menerima ancaman seperti packet sniffing, bounce attacks dan spoof attacks.

Kekurangan yang ketiga, ternyata aplikasi ini tidak diperuntukan untuk pemula dalam dunia teknologi. Mengapa? Karena pengoperasian FTP sendiri terbilang sulit.

Itulah penjelasan mengenai aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP yang semoga dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan apakah akan menggunakan aplikasi ini atau justru sebaliknya. (SA)

Leave a Reply