Microsoft Excel Merupakan Aplikasi yang Sangat Cocok Digunakan Untuk
Microsoft Excel Merupakan Aplikasi yang Sangat Cocok Digunakan Untuk Apa? - Gambar dari Pixabay Free License

Microsoft Excel Merupakan Aplikasi yang Sangat Cocok Digunakan untuk

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk berbagai bidang. Excel merupakan salah satu aplikasi yang juga memiliki fitur penting untuk mempermudah pekerjaan semua orang. Fitur-fitur tersebut tentu dilengkapi juga dengan adanya spesifikasi canggih.

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang berupa program kerja berbentuk spreadsheet dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Microsoft Excel sendiri bisa digunakan di perangkat Windows atau Mac OS. Ini dia fitur penting dan kegunaan dari Microsoft Excel.

Microsoft Excel Merupakan Aplikasi yang Sangat Cocok Digunakan Untuk

Microsoft Excel adalah aplikasi yang digunakan untuk berbagai bidang. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai. Lalu apa saja kegunaannya? Ini dia kegunaan aplikasi tersebut:

1. Kalkulasi Matematika

Kegunaan Ms Excel yang pertama adalah untuk kalkulasi matematika. Kegunaan aplikasi pada bidang matematika adalah untuk pembagian, penjumlahan, pengurangan dan perkalian serta berbagai macam hitungan matematika lainnya.

Biasanya ada rumus-rumus tertentu yang bisa Anda aplikasikan dengan Ms Excel agar mendapatkan hasil lebih cepat dan tepat. Misalnya jika ingin melakukan penjumlahan maka Anda bisa menggunakan rumus SUM.

2. Pembuatan Grafik

Manfaat aplikasi microsoft excel yang berikutnya adalah sebagai pembuatan grafik. Contoh grafik yang bisa dibuat dengan aplikasi adalah kunjungan murid ke perpustakaan, kelulusan murid, jumlah siswa di sebuah lembaga pendidikan dan sebagainya.

3. Operasi Tabel

Excel merupakan aplikasi yang juga bisa digunakan untuk mengoperasikan sebuah tabel. Jumlah kolom pada excel sebanyak 16.384 dengan jumlah baris sebanyak 1.084.576 buah akan memudahkan Anda untuk membuat tabel dengan jumlah yang diinginkan.

4. Akuntansi

Excel juga dapat membantu pada bidang Akutansi yaitu untuk menghitung berapa rugi dan keuntungan yang didapatkan oleh penjualan produk. Mengetahui berapa keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam periode tertentu juga fungsi dari Ms Excel.

Sedang Trending :  Dibawah Ini yang Termasuk Lembar Kerja Ms-Excel adalah Kecuali Excelbar

5. Pengolahan Data

Kegunaan yang terakhir adalah bermanfaat sebagai pengolahan data. Anda bisa mencari nilai tengah, menghitung nilai minimum dan rata-rata hanya dengan satu aplikasi saja.

Baca juga: Vidhot – Aplikasi Video yang Menarik dan Viral

Fitur Aplikasi Microsoft Excel yang Sering Digunakan

Saking banyaknya kegunaan dari Ms Excel tentu pihak pengembang selalu melakukan pembaharuan dari tipe pertama ke tipe terbaru. Ada banyak fitur yang digunakan untuk membantu pengguna yaitu sebagai berikut:

1. Menu Home

Menu home merupakan menu yang paling sering digunakan. Terdapat beberapa fitur yang digunakan untuk menyalin atau menempel file serta menjiplak format dari sebuah file. Anda juga bisa memotong file dengan memanfaatkan fitur cut.

2. Menu Insert

Tidak hanya menu home saja yang sering digunakan tetapi juga menu insert. Menu insert dilengkapi dengan beragam fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui nilai pada tabel secara cepat, menampilkan fitur dan memasukkan gambar ke dalam file. Tentu masih ada banyak lagi menu yang terdapat pada microsoft excel.

Akan tetapi untuk kedua menu di atas yang paling sering digunakan. Adanya aplikasi ini dapat membantu pekerjaan dalam berbagai bidang salah satunya akuntansi. Aplikasi microsoft excel yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation ini adalah aplikasi yang digunakan untuk berbagai hal. (SA)

Baca juga: Berikut ini adalah menu yang terdapat di aplikasi coreldraw kecuali

 

Tinggalkan Balasan