cara melihat password wifi yang terkunci tanpa aplikasi
cara melihat password wifi yang terkunci tanpa aplikasi - Gambar oleh geralt dari Pixabay Free License

Cara Melihat Password Wifi yang Terkunci Tanpa Aplikasi

Mungkin beberapa dari pembaca merasa penasaran, bagaimana cara melihat password wifi yang terkunci tanpa aplikasi. Terkadang kita membutuhkan jaringan internet, namun karena keterbatasan kuota data, maka kita menggunakan jaringan wifi yang didapat di tempat umum.

Sayangnya wifi tidak selalu bisa diakses dengan mudah, beberapa dari jaringan tersebut memiliki sistem pengaman yaitu password. Memang ada beberapa aplikasi, yang memudahkan Anda untuk mendapatkan password dengan mudah.

Namun terkadang aplikasi tersebut membutuhkan ruang memori tidak sedikit, sehingga akan lebih baik jika Anda menghapusnya. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab tanpa adanya aplikasi pihak ketiga tersebut, pengguna tetap bisa melihat password wifi.

Beberapa cara ini, dapat pengguna aplikasikan ketika sedang berada di ruang terbuka dan membutuhkan internet. Meskipun tidak ada jaminan bahwa password akan dengan mudah didapat pada semua jenis perangkat, namun lebih baik untuk mencobanya bukan.

Cara Melihat Password Wifi yang Terkunci Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Tanpa mengunduh aplikasi, pengguna tetap bisa melihat password wifi yang terkunci. Sebab ada beberapa fitur yang sebenarnya sudah dimiliki oleh perangkat Anda, namun nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui caranya.

1. Konfigurasi IP Address

Cara pertama adalah menggunakan konfigurasi IP Address, tahapan ini berguna jika Anda ingin melihat password pada wifi yang menggunakan router modem, tahapan ini juga dapat Anda praktikan pada handphone maupun laptop.

Pertama Anda perlu mengaktifkan wifi terlebih dahulu, lalu pastikan handphone Anda telah menangkap sinyal wifi yang ingin disambungkan. Setelah terhubung maka akan muncul pop-up, dan meminta Anda untuk memasukkan username dan password.

Sedang Trending :  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Secara bersamaan muncul menu konfigurasi IP Address, dan kamu dapat menggantinya menjadi 192.168.1.2. Dan masuk ke dalam browser http//: 192.168.1.254, keluar dari halaman login, masukkan username dan password dengan memilih Admin atau User.

Kemudian kembali lagi ke halaman Settings, temukan wifi yang hendak digunakan sebelumnya. Setelah itu kamu akan menemukan username dan password, yang sebenarnya digunakan untuk masuk ke dalam @wifi.id tersebut.

Baca juga: Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

2. Command Prompt

Cara selanjutnya ini hanya bisa Anda praktikan pada perangkat laptop atau komputer, pertama aktifkan wifi dengan jaringan paling kuat. Lalu tekan tombol Windows+R, dan ketika kata CMD.

Setelah muncul halaman CMD, ketik saja netsh wlan show profiles, dan klik Enter. Maka akan muncul nama-nama jaringan wifi yang pernah terhubung pada perangkat Anda, masukan perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan) key = clear.

Lalu akan muncul data dari jaringan tersebut, password terletak di dalam key content. Setelah menemukannya, maka pengguna tinggal mencari kembali jaringan tersebut di bagian Settings, dan masukkan password yang sudah Anda ketahui.

Anda bisa menyesuaikan cara telah kami berikan dengan perangkat yang dimiliki, tahapan ini tentunya memang memudahkan pengguna ketika sedang membutuhkan jaringan internet. Untuk bisa mengaplikasikan cara tersebut, Anda memang memerlukan perangkat yang memadai. (SA)

Baca juga: Cara Beli Pulsa Pakai Gopay

Tinggalkan Balasan