Cara membuat kincir angin dari kertas
Cara membuat kincir angin dari kertas. Sumber gambar: David Stephanus from Pixabay Free License

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

Cara membuat kincir angin dari kertas sangatlah mudah, kincir angin adalah sebuah benda menyerupai baling-baling yang hanya bisa bergerak jika ada angin. Adapun di negara Belanda, kegunaannya sebagai pembangkit energi listrik.

Perlu Anda ketahui bahwa di Belanda, ada banyak kincir angin yang seringkali dijadikan sebagai sumber energi listrik. Wajar saja bila Belanda diberi julukan sebagai Negeri Kincir Angin.

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas dengan Mudah

Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda siapkan sebelum masuk ke tahap pembuatan kincir angin dari kertas, di antaranya:

  1. Kertas origami berukuran 16 x 16 cm
  2. Mutiara sintetis
  3. Tusuk sempol/batang bambu
  4. Karet gelang
  5. Kawat
  6. Lem kertas

Di Bawah ini Kami Tuliskan Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin Dari Kertas

Berikut ini caranya membuat kincir angin dari kertas dengan mudah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, yaitu:

  1. Perlu diperhatikan bahwa kawat yang digunakan ialah kawat kecil untuk membuat bunga pada umumnya. Anda bisa memotongnya sekitar 6 cm.
    • Sedangkan, untuk tiang kincir angin akan memakai tusuk sempol atau bisa diganti dengan ranting kayu.
  2. Berikutnya, silakan tarik garis diagonal di tiap bagian keempat sudut kertas. Anda bisa menggunakan penggaris dan pensil, silakan buat jarak 8 cm.
    • Jangan lupa untuk memberi tanda di bagian tengahnya sebagai titik pusat. Setelah itu, Anda bisa menggunting pada tiap empat garis diagonal yang telah diberi jarak 8 cm.
  3. Kemudian, cara membuat kincir angin dari kertas selanjutnya adalah pertemukan tiap ujung guntingan dari sudut-sudut persegi. Silakan tekuk bagian ujung guntingan tersebut ke arah tengah persegi dengan cara ditumpuk.
    • Lalu, Anda bisa memberi lem dan lekatkan. Potong kertas dengan bentuk lingkaran guna menutup tiap bagian ujung kertas tadi supaya tempelannya kuat dan tidak mudah lepas.
  4. Tempel potongan kertas berbentuk lingkaran tersebut, lalu masukkan kawat ke mutiara sintetis. Lalu, silakan tekuk kawat tersebut supaya mengait.
    • Penggunaan mutiara sintetis ini sendiri adalah sebagai pengaman sekaligus pembatas supaya ketika berputar kincir angin tidak mudah lepas.
  5. Jangan lupa untuk memberi lubang di bagian tengah kertas lingkaran tadi hingga menembus titik pusat pada bagian bawah dengan menggunakan jarum. Masukkan kawat hingga menembus lubang pada titik pusat tersebut.
  6. Terakhir, silakan pasang kincir angin pada tusuk sempol ataupun ranting kayu yang telah disiapkan. Lalu, ikat kawat dengan menggunakan karet gelang.

Cara di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan. Permainan ini sungguh menyenangkan dan seringkali dimainkan oleh anak-anak kelahiran tahun 90-an.

Bagaimana tidak, selain caranya yang tergolong mudah dan sederhana, permainan ini juga mengajarkan kita mengenai pelajaran Fisika. Jika Anda sudah berhasil membuatnya, kincir angin dijamin dapat berputar dengan kencang.

Anda juga bisa melakukan uji coba dengan memegang kincir angin buatan Anda lalu berlari hingga kincir berputar. Tentunya sangat menyenangkan jika bermain bersama teman-teman dan mempelajari cara membuat kincir angin dari kertas ini bersama. (tim penulis Alkisah News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *