cara membuat donat manual
cara membuat donat manual. Gambar oleh: Perfecto_Capucine from Pixabay Free License

Cara Membuat Donat Manual

Donat menjadi salah satu makanan yang umum dikenal masyarakat, khususnya pencinta hidangan manis. Untuk menghemat pengeluaran, cobalah cara membuat donat manual yang mudah berikut dibandingkan membelinya.

Donat manual yang dimaksud sendiri ada beberapa. Karena umumnya ada beberapa jenis yang sering dijual, misal donat goreng, kentang, atau biasanya banyak juga ditemukan donat kampung.

Beberapa jenis tersebut memang yang paling mudah dibuat, khususnya untuk Anda yang tidak memiliki kemampuan khusus dalam memasak. Mengingat bahan yang mudah ditemukan, serta pembuatan tidak rumit.

Cara Membuat Donat Manual Goreng dengan Tekstur Lembut

Pertama Anda perlu menyiapkan bahan berikut topingnya. Bahan dasar yang diperlukan sendiri meliputi 300 gram terigu (protein tinggi), 120 gram terigu (protein sedang), 40 gram gula halus, 1 telur ayam.

Jangan lupa juga siapkan 225 ml air es, 1 sendok teh ragi instan, 1 sendok teh garam, 15 gram susu bubuk, serta 30 gram margarin. Topingnya bebas bisa coklat, margarin, atau selai.

Memasuki tahapan membuatnya, campur terigu, ragi, gula, susu, lalu aduklah. Setelahnya baru tambahkan air, tidak lupa juga air es tetapi secara bertahap. Kemudian uleni adonan tersebut sampai kalis.

Kalau sudah kalis, baru masukkan garam serta margarin. Aduk lagi hingga elastis. Baru setelah itu tutuplah adonan dengan kain selama 15 menit. Pastikan berada di tempat dengan suhu ruangan.

Sebelum di bentuk, pastikan bahwa sudah tidak ada udara tersimpan dengan cara memukul adonannya. Diamkan lagi di bawah kain, tetapi cukup dilakukan selama 10 menit saja.

Selanjutnya bentuklah secara manual atau pakai cetakan. Sebelum digoreng, diamkan dahulu selama setengah jam. Terakhir gorenglah dengan api kecil serta minyak panas. Tambahkan topping setelah donat tidak panas.

Cara Membuat Donat Kentang, Bahan Mudah Hasil Empuk

Bahan yang diperlukan adalah 210 gram terigu (protein tinggi), 60 gram kentang rebus (bisa diganti tepung kentang), dan 30 gram gula. Siapkan juga 15 gram susu bubuk dan 1 telur.

Perlu juga menyiapkan 4 gram ragi, 150 gram air es, 30 gram mentega, serta 1 sendok teh garam. Memasuki langkah membuatnya, campur dahulu kentang, terigu, susu, serta gula.

Selanjutnya masukkan juga ragi, telur (kuningnya saja), serta air es secara bertahap. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan atau mixer, tentunya pastikan adonan sampai kalis supaya dapat mengembang nantinya.

Tambahkan juga garam serta mentega setelahnya. Kembali aduk supaya adonan menjadi elastis. Kini Anda bisa menutup dengan kain, atau biasa disebut proofing, selama 40 menit.

Barulah bentuk adonan secara manual, kalau ada pakai alat cetak. Sebelum digoreng, ulangi langkah proofing selama 10 menit. Kini adonan bisa digoreng, pastikan matang sampai warnanya kuning kecokelatan.

Mudah bukan kedua cara di atas ? Memang hampir sama cara pembuatannya, namun bisa disesuaikan dengan selera Anda ingin membuat donat jenis apa. Pastikan cara membuat donat manual dilakukan dengan benar, agar mendapatkan hasil yang maksimal. (tim penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *