tips sebelum membeli motor bekas
Ilustrasi tips sebelum membeli motor bekas. Sumber gambar: Gerhard G. from Pixabay Free License

Tips Sebelum Membeli Motor Bekas

Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips sebelum membeli motor bekas agar tidak menyesal nantinya. Karena walaupun bekas, Anda juga tetap berhak memperoleh yang performanya masih maksimal.

Pada dasarnya masyarakat awam tentunya tidak tahu apa saja yang terjadi sebelum suatu barang second dijual. Begitu juga dengan motor, bahkan beberapa penjual bisa memolesnya untuk menutupi kekurangan.

Supaya dapat membedakan mana motor bekas layak pakai maupun tidak, berikut adalah beberapa tips dari Kami. Sehingga Anda bisa dapatkan yang masih baik mesin, body, hingga kelengkapan suratnya.

Tips Sebelum Membeli Motor Bekas, Dapatkan Harga Sesuai Kualitasnya

Faktanya terdapat beberapa tips yang memang sudah disarankan oleh pihak kepolisian. Di antarnya mulai cek harga pasarannya dahulu, fisik, mesin, rangka, perpindahan gigi, dan beberapa hal lainnya.

1. Lihat Harga Pasarannya

Kalau tidak ingin rugi, selalu lihat harga pasaran baru maupun bekas dari motor yang ingin dibeli. Anda bisa melihatnya pada majalah maupun lewat situs online dari penjual kendaraan.

2. Sesuaikan Nomor Rangka dan Mesinnya

Pastikan keaslian motor dengan menyamakan nomor dari rangka dan mesinnya. Anda bisa melihatnya saat mengecek kelengkapan surat seperti BPKB dan STNK. Bisa juga mengeceknya lewat SMS ke layanan polisi.

3. Lihat Fisik atau Body

Lanjutkan dengan lihat fisiknya terlebih dahulu. Lihat apakah ada banyak goresan, retak, atau pecah di body motor. Cek juga bagian spion, baut, knalpot, dan bagian luar lainnya.

4. Cek Oli

Anda perlu memastikan bahwa ukuran oli tidak berlebih. Karena kondisi tersebut menghasilkan suara lebih halus, sehingga suara aslinya yang mungkin berisik dapat disembunyikan.

5. Lihat Speedometer

Jangan lupa juga lihat jumlah kilometer pada speedometer. Kalau sudah lebih dari 20.000 km, Anda harus tahu bahwa banyak komponen mesin harus diganti. Artinya perlu banyak biaya tambahan.

6. Lihat Perpindahan Gigi

Saat berniat beli motor bukan matic, cek perpindahan giginya dahulu. Kalau susah dipindah, artinya kampas kopling akan habis. Sedangkan kalau ada suara berdesir, bisa jadi gigi primer juga akan habis.

7. Coba Nyalakan Mesin

Coba nyalakan juga calon motor bekas yang ingin dibeli. Pada mesin tanpa masalah, bisa langsam saat kisaran putaran 1.500 rpm. Saat menyalakan pastikan mesin tidak menghasilkan suara kasar.

Sebenarnya masih ada beberapa yang perlu Anda pastikan juga. Di antaranya adalah kondisi kelistrikan atau lampu, roda, hingga sasis motornya.

Pastikan juga bahwa tidak ada oli bocor pada sela mesinnya. Terakhir disarankan untuk lakukan test ride dengan mengendarai calon motor yang ingin dibeli.

Sehingga bisa merasakan langsung apakah nyaman atau sekiranya ada kelainan, misal di akselerasi atau handlingnya. Kondisi kendaraan bisa Anda ketahui setelah menerapkan tips sebelum membeli motor bekas di atas. (tim penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *