Niagahoster, Hosting Terbaik Indonesia
Niagahoster, Hosting Terbaik Indonesia

Hosting Terbaik Indonesia: 9 Faktor Penentu Kualitas Layanan

Menentukan pilihan hosting adalah langkah pertama kalau Kamu berprofesi sebagai web developer atau blogger. Berikut ini adalah 9 faktor yang harus Kamu analisa untuk memilih penyedia hosting terbaik Indonesia.

Semakin populernya blogging, online shop, dan bisnis online yang ingin membangun brand mereka di internet berhasil membuat perusahaan penyedia hosting kebanjiran pesanan.

Hampir semua jasa hosting tersebut menjanjikan 99% uptime, unlimited bandwidth, disk space, dan database, serta layanan support berpengalaman.

Bahkan, Kamu mungkin kebanjiran informasi ketika melemparkan pertanyaan seperti ini ke forum web developer:
“Hosting terbaik Indonesia mana aja, suhu?”

Seharusnya, ada cara mudah untuk mengidentifikasi kualitas jasa hosting yang kamu pilih.

Nah, panduan ini membantu Kamu mengambil keputusan dengan menunjukkan 9 faktor penentu kualitas hosting.

Dengan memahami maksud penawaran fitur dan jargon yang ada dalam industri hosting Indonesia, Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada perusahaan hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Disclaimer: Artikel ini mengandung tautan afiliasi ke Niagahoster Indonesia. Dengan mengklik tautan tersebut, saya mendapat komisi dari Niagahoster tanpa Kamu harus membayar lebih.

9 Kriteria Hosting Terbaik untuk Pasar Indonesia

Kriteria Hosting Terbaik Indonesia
Kriteria Hosting Terbaik Indonesia

Memilih hosting untuk website atau blog adalah langkah penentu kesuksesan usaha digital Kamu. Alasannya, hosting yang tepat mampu mendorong performa dan kinerja website yang Kamu buat.

Sebaliknya, salah pilih web hsoting malah bisa bikin Kamu sakit kepala tak berkesudahan. Belum lagi biaya yang harus Kamu keluarkan untuk mengatasi error.

Berikut ini adalah 9 kriteria yang bisa Kamu jadikan panduan dalam memilih hosting terbaik untuk pasar dan pengguna di Indonesia:

1. Sesuai Kebutuhan

Dengan memasukkan kata kunci ‘web hosting terbaik Indonesia’, Kamu akan mendapati berbagai perusahaan jasa hosting di halaman satu.

Tapi sebelum kamu menjatuhkan pilihan, pahami dulu kebutuhan website Kamu.

Agar Kamu bisa memilih hosting terbaik yang ada di Indonesia, kamu harus pikirkan:

  • Website seperti apa yang akan Kamu buat?
  • Apa Kamu ingin menggunakan WordPress?
  • Berapa taksiran pengunjung yang ingin Kamu jaring?

Memang, pertanyaan di atas terkesan remeh. Namun, dengan menjawab tiga pertanyaan di atas, Kamu sudah selangkah lebih dekat untuk memilih hosting yang tepat sesuai dengan keperluan Kamu.

Tujuannya, agar tidak ada tenaga, biaya, dan resources lain yang terbuang percuma.

Seumpama, Kamu membeli paket hosting harga Rp 3 juta per tahun dengan kapasitas harddisk hingga 100 GB. Ternyata, Kamu hanya perlu menggunakan satu halaman website untuk landing page.

Coba bayangkan, berapa kerugian yang harus Kamu tanggung ?

Untuk itulah kamu perlu mengidentifikasi keperluan web hosting Kamu.

Setelah kamu menjawab 3 pertanyaan di atas dengan detail, Kamu bisa membuat keputusan tepat.

Sebagai contoh, Kamu ingin membuat website WordPress. Maka, pertimbangkan untuk memilih jasa hosting terbaik yang menyediakan layanan WordPress Indonesia.

Kalau Kamu ingin membuat toko online, pertimbangkan untuk memilih jasa hosting yang memiliki penawaran spesial di bidang eCommerce.

Tips: Kalau ini pertama kalinya Kamu ingin mengembangkan website, pilihlah shared hosting di jasa hosting terpercaya yang memiliki reputasi baik seperti Niagahoster.

Shared hosting Indonesia adalah pilihan terbaik kalau Kamu ingin fokus mengembangkan website tanpa harus repot dengan masalah backend seperti maintenance atau keamanan.

2. Spesifikasi Teknis dan Fitur

Beberapa jasa hosting di Indonesia memang menawarkan fitur-fitur terbaik yang ada di pasaran dengan harga terjangkau. Ada pula jasa hosting dengan harga di bawah pasaran namun memiliki banyak keterbatasan.

Meskipun budget Kamu terbatas, bukan berarti Kamu harus memilih layanan hosting paling murah. Sebab, bisa saja spesifikasi yang Kamu perlukan tidak bisa digunakan.

“Dikit-dikit limit,” begitu kata salah seorang mastah yang mengeluhkan layanan jasa hosting di Indonesia dengan harga murah.

Istilah ‘pay peanuts get monkeys’ juga berlaku dalam dunia hosting.

Kalau Kamu ingin mengembangkan website dengan konten yang banyak seperti toko online, eCommerce, blog, atau website yang bakal memiliki banyak konten video dan gambar, jangan pilih paket hosting murah.

Paket hosting dengan harga terendah umumnya tidak memiliki RAM, prosesor, dan kapasitas harddisk mumpuni untuk memenuhi kebutuhan Kamu.

Ketika dipaksakan, Kamu malah akan sakit kepala karena banyaknya downtime dan masalah loading halaman yang lemot hingga error 508.

Perhatikan fitur paket hosting yang mereka tawarkan. KalauKamu ragu, hubungi layanan pelanggan jasa hosting tersebut dan informasikan kebutuhan website Kamu.

Tips: Sebagai pertimbangan, tanyakan hal ini:

  • Apakah hosting tersebut managed atau unmanaged?
  • Bagaimana jika Kamu perlu support teknis?
  • Apakah ada backup otomatis dari pihak hosting?
  • Bagaimana performa jasa hosting tersebut dibandingkan dengan jasa hosting lainnya?

Kamu akan menemukan jasa hosting terbaik di Indonesia ketika jawaban dari pertanyaan di atas sesuai dengan kebutuhan Kamu.

3. Tech Support

Bagi sebagian besar web developers dan blogger, layanan tech support jadi tolok ukur penting. Kenapa?

Sebab, kamu akan sering berhadapan dengan hal-hal teknis yang mungkin tak kamu mengerti. Satu penyedia hosting mungkin sekali punya cara berbeda untuk mengatasi masalah.

Meskipun Kamu tahu cara redirect 301 halaman website di DomaiNesia, misalnya, belum tentu Kamu bisa lakukan cara yang sama di Niagahoster.

Kalau Kamu sering mengunjungi forum atau grup web developers, Kamu akan sering menemui komentar tentang layanan tech support suatu jasa.

Komentar tersebut bisa saja berupa pujian, komplain, hingga surat terbuka.

Salah satu kriteria untuk menentukan jasa hosting terbaik di Indonesia adalah dengan menilai kualitas tech support yang mereka tawarkan.

Bayangkan seperti ini. Website Kamu tengah mengalami kenaikan trafik signifikan. Lalu tanpa alasan jelas, tiba-tiba website Kamu down tanpa pemberitahuan dari pihak hosting dalam waktu lama.

Ketika masalah terjadi, bisakah Kamu terhubung dengan tech support dengan cepat. Kalau iya, dengan cara apa Kamu bisa menghubungi mereka?

Pada beberapa jasa hosting, layanan teknis hanya bisa dihubungi melalui ticket yang dikirimkan dari dashboard akun sementara lainnya menawarkan live chat.

Sebelum memilih jasa hosting terbaik untuk menjaring target pasar Indonesia, pastikan layanan tech support mereka memiliki reputasi baik.

Tips: Tanyakan hal ini pada penyedia hosting sebelum Kamu membeli:

  • Apakah tech support bisa membantu jika website Kamu down sewaktu-waktu?
  • Apakah mereka bisa dihubungi 24 jam? Sebab, tak jarang website Kamu down pukul 02:00 pagi dan tidak ada layanan teknis tersedia di waktu tersebut.
  • Bagaimana Kamu bisa menghubungi mereka ketika memerlukan layanan cepat tanggap?

4. Fitur atau Add-Ons Tambahan

Ketika ingin memilih jasa hosting terbaik di Indonesia, inilah pertanyaan yang bisa mengerucutkan pilihan Kamu:

“Apa yang membuat jasa hosting ini beda dengan yang lain?”

Pertimbangkan hal-hal yang membuat jasa hosting tersebut beda dengan lainnya.

Insentif macam apa yang mereka sehingga tawaran mereka lebih menarik daripada jasa hosting sebelah?

  • Apakah mereka menawarkan lokasi di data center berbeda?
  • Mungkin mereka menyediakan fitur gratis SSL dan privasi domain?
  • Apakah ada fitur backup otomatis dengan harga terjangkau?
  • Bisakah Kamu restore backup Kamu sendiri ataukah Kamu perlu layanan teknis dari jasa hosting?
  • Bagaimana perlindungan hosting terhadap spam dan DDOS?

Jasa hosting terbaik tak hanya sekadar menyediakan pilihan server di Indonesia atau berbagai lokasi di belahan dunia. Mereka harus memiliki fitur penting seperti keamanan data dari serangan digital maupun bencana alam.
Kalau Kamu menemukan fitur atau add-ons yang sekiranya penting dan Kamu butuhkan, ini bisa jadi indikator baik untuk memilih jasa hsoting tersebut.

5. Keamanan Data

Memilih jasa hosting berarti Kamu memilih perusahaan terpercaya di Indonesia untuk menyimpan data Kamu dengan aman, termasuk kerahasiaan dan perlindungan data.

Karena alasan ini, Kamu harus memastikan bahwa jasa hosting yang Kamu pilih bisa melindungi data Kamu, data pengunjung dan pelanggan Kamu, serta menawarkan layanan backup secara konsisten.

Ketika Kamu menemukan perusahaan yang memberikan proteksi kemanan data, bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut masuk dalam jajaran jasa hosting terbaik Indonesia.

Tips: Perhatikan, dari mana Kamu menarget pengunjung. Kalau Kamu menarget pengunjung dari Uni Eropa misalnya, beberapa negara mengharuskan Kamu untuk menyewa server di Belanda atau negara Uni Eropa lainnya.

Ini karena Undang-undang Uni Eropa yang mewajibkan data pengguna di wilayah Uni Eropa hanya boleh disimpan di server yang terletak di Uni Eropa.

6. Control Panel dan Fitur Penting Lainnya

Sebagian besar jasa hosting menawarkan fitur dasar untuk mengembangkan website atau blog. Fitur lain yang tak kalah penting adalah fitur instant deploy, file manager, dan DNS management.

Fitur Instant Deploy

Fitur ini penting ketika Kamu perlu menginstall aplikasi seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan lainnya dalam satu kali klik.

Fitur seperti ini bakal sangat membantu ketika Kamu kurang akrab dengan aspek teknis dalam pengembangan web.

File Manager

Ketika Kamu ingin mengubah sistem administrasi web, maka Kamu harus mengakses file manager.

Entah untuk mengubah permission atau edit .htaccess, Kamu harus bisa mengakses file di hosting Kamu dengan mudah. Caranya, dengan menggunakan fitur file manager.

Tanpa fitur ini, Kamu harus mengakses file hosting melalui FTP/SFTP.

Akses FTP/SFTP

Sebagian besar jasa hosting akan menyediakan akses file manager melalui control panel. Namun, fitur file manager ini pun terbatas.

Oleh sebab itu, Kamu memerlukan akses FTP/SFTP. Deretan jasa hosting terbaik Indonesia umumnya menawarkan akses ini untuk urusan transfer file ukuran besar dengan aman.

Tips: Kalau Kamu baru mulai membangun website, tak perlu khawatir soal kapasitas harddisk dan kapasitas data transfer. Kebanyakan paket hosting memiliki sumber daya mumpuni untuk website-website kecil.

Untuk mengatasi keterbatasan kapasitas haddisk dan bandwidth, gunakan platform pihak ketiga seperti Imgur, YouTube, dan Google Drive untuk menangani urusan gambar, video, dan dokumen.

7. Harga Pembelian Pertama dan Perpanjangan

Ada 2 jenis harga yang harus Kamu tahu ketika memilih jasa web hosting, yaitu harga pembelian pertama dan harga perpanjangan.

Dalam sebagian besar kasus, kamu membayar harga lebih mahal ketika memperpanjang kontrak hosting daripada ketika Kamu membeli pertama kali.

Seringkali, biaya perpanjangan hosting jauh lebih mahal karena mereka memberikan diskon hingga 75% untuk pembelian pertama.

Praktek semacam ini umum dilakukan oleh perusahaan hosting. Sayangnya, tidak ada solusi untuk biaya perpanjangan yang mahal kecuali Kamu harus pindah jasa hosting setiap 2 atau 3 tahun.

Tips: Periksa halaman Terms of Service jasa hosting atau tanyakan tentang aturan perpanjangan. Niagahoster memberi contoh baik dengan memajang harga perpanjangan langsung di bagian awal ketika kamu membeli hosting pertama kali.

8. Free Trial

Tidak semua jasa hosting Indonesia menawarkan free trial. Tapi kalau Kamu menemukan perusahaan hosting yang menawarkan layanan ini, ambil saja.

Free trial bisa memberikan gambaran tentang performa layanan hosting tersebut dan mencoba fitur-fitur yang mungkin Kamu perlukan.

Melalui free trial, Kamu juga bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul ketika membangun website. Selanjutnya, Kamu bisa mengantisipasi masalah tersebut atau memilih untuk menggunakan jasa hosting lainnya.

Kalau ternyata jasa hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi ekspektasi Kamu, maka Kamu baru saja menemukan jasa hosting Indonesia terbaik!

9. Reputasi Jasa Hosting

Ketika pilihan jasa hosting Kamu sudah mengerucut, saatnya menggunakan senjata pamungkas.

Periksa komentar web developer lain yang sudah lebih dulu menggunakan layanan tersebut. Cek ulasan dan review jasa hosting tersebut dari blog, Facebook, dan Twitter.

Periksa, bagaimana jasa hosting tersebut menanggapi masalah yang muncul dan bagaimana pemecahannya. Perhatikan pula berapa lama mereka menanggapi satu masalah dan merespon ticket yang dikirimkan.

Buat postingan di forum atau grup terkait, dan minta mereka berbagi pengalaman menggunakan jasa hosting tersebut.

Penyedia Hosting Terbaik Indonesia

Salah satu jasa hosting terbaik di Indonesia yang jarang mendapat reputasi negatif adalah Niagahoster. Perusahaan satu ini masih jadi favorit web developer, blogger, dan perusahaan yang ingin meningkatkan online presence mereka sejak 2014.

Memiliki lebih dari 60,000 pengguna terdaftar, Niagahoster masuk dalam jajaran penyedia hosting terbaik dan terbesar di Indonesia dalam waktu singkat.

Selain Niagahoster, berikut ini adalah jajaran hosting terbaik di Indonesia:

  1. Niagahoster
  2. Hostinger ID
  3. Kinsta
  4. Rumahweb
  5. Exabytes
  6. IDwebhost
  7. DomaiNesia

Kamu ingin punya website kenceng untuk toko online dan eCommerce? Niagahoster punya paket “Bisnis” dengan fitur lengkap untuk online shop dan uptime maksimal hinngga 99,90%. Klik di sini dan bangun online shop kamu dalam seminggu.

(Ulasan) Niagahoster, Pantaskah Jadi Hosting Terbaik di Indonesia?

Didirikan tahun 2014, Niagahoster berkembang pesat dalam 7 tahun terakhir. Bahkan, website ini menyebut Niagahoster sebagai top 3 perusahaan hosting dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Kalau Kamu baru saja memasuki ranah web hosting, mungkin Kamu bakal cukup sering mendapat rekomendasi yang menyebutkan bahwa Niagahoster termasuk jasa hosting terbaik di Indonesia.

Penyematan gelar ini bukannya tanpa sebab.

Niagahoster adalah anak perusahaan Hostinger International Ltd, yaitu perusahaan hosting internasional yang berdiri sejak tahun 2004 dengan lebih dari 29 juta pengguna dari 178 negara.

Tak heran kalau Niagahoster memiliki segudang pengalaman mengenai bisnis web hosting dan langsung menguasai market share Indonesia meskipun baru dirikan 7 tahun silam.

Dalam waktu singkat, Niagahoster berhasil menyaingi perusahaan hosting Indonesia yang telah lebih dulu berdiri.
Nah, apakah layanan hosting Niagahoster memang sekeren yang dibicarakan para web developer dan blogger?

1. Keamanan Data

Keamanan dan keutuhan data termasuk hal sensitif bagi pengguna jasa hosting. Oleh sebab itu, Niagahoster memilih data center dengan fasilitas terbaik di Indonesia.

Niagahoster menyimpan data pelanggan di Data Center Indonesia (DCI) yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Ilustrasi Data Center Indonesia
Ilustrasi Data Center Indonesia

DCI sudah berstandar Tier 4 dengan availability hingga 99,999%. Artinya, server kamu bakal minim gangguan.
Lokasi DCI pun terhitung strategis. Data center ini terletak di lanskap yang jauh dari gempa, banjir, maupun huru-hara perkotaan karena terletak 40 km dari Jakarta.

Keamanan data center dari segi digital pun tak kalah ciamik. Setelah mengalami serangan DDoS beberapa tahun lalu, DCI meningkatkan proteksi server mereka dengan teknologi BitNinja Smart Server Security.

Dengan sistem seperti ini, kamu tak perlu khawatir soal kebocoran data privasi maupun kehilangan dan kerusakan data.

2. Hardware Data Center

Data Center Indonesia menggunakan RAID 10 disk arrays, server SuperMicro dengan prosesor multi-core dan SSD, serta kecepatan jaringan 1 Gbps.

Artinya, Kamu tidak perlu cemas kalau-kalau website kamu pelan, lagging, atau sulit diakses tiba-tiba.

Niagahoster menggaransi performa maksimal dari setiap paket hosting yang Kamu pilih. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di atas, data center yang dipilih oleh Niagahoster memiliki standar Tier 4.

Tier adalah metrik penting untuk menggolongkan level pelayanan data center. Data center Tier 1 memiliki availability 99,671%, sedangkan data center Tier 4 memiliki availability 99.995%.

Kriteria penilaian ini berdasarkan garansi uptime, kapasitas pendingin, perawatan, lokasi, desain jalur listrik, hingga lingkungan sekitar.

Data Center Indonesia, tempat Niagahoster menyimpan data, masuk dalam klasifikasi data center Tier 4.

Agar performa dan masa guna alat di DCI maksimal, pihak manajemen melakukan perawatan hardware data center per satu tahun, enam bulan, tiga bulan, hingga tiap minggu.

DCI adalah satu-satunya data center di Indonesia yang melakukan perawatan ketat dan rajin seperti ini.

Niagahoster sudah memilih data center terbaik di Indonesia untuk menyediakan jasa hosting. Jadi, kalau Kamu ingin data website Kamu tersimpan dengan aman di tempat terbaik, Niagahoster adalah pilihan tepat. Klik di sini dan gunakan kupon HOSTINGOKE untuk dapatkan diskon tambahan 5%.

3. Review Uptime Niagahoster

Klaim Niagahoster tentang uptime cukup berani. Tak tanggung-tanggung, Niagahoster menggaransi uptime hingga 99,98% untuk shared hosting.

Memang, semua penyedia jasa hosting di Indonesia memberikan garansi uptime mulai dari 99,90% hingga 100%.

Sayangnya, banyak jasa hosting yang mengklaim uptime seperti itu tanpa benar-benar menunjukkan data akurat tentang klaim tersebut.

Apakah uptime Niagahoster betul mencapai 99,98%?

Dalam kasus Niagahoster, uptime mereka tidak meleset terlalu jauh. Dari klaim uptime 99,98%, hosting Niagahoster mampu meraih 99,91% uptime. Artinya dalam sebulan, Niagahoster akan down selama kurang lebih 6 jam.

Meskipun belum mencapai angka yang dijanjikan, uptime Niagahoster cukup stabil dan memenuhi ekspektasi.

4. Customer Service & Tech Support

Awalnya, Niagahoster memiliki tim customer service unggul yang membalas ticket dengan cepat.

Namun sekitar dua atau tiga tahun lalu, Niagahoster tak lagi memberikan layanan support melalui ticket.

Semua pertanyaan, konsultasi, keluhan, bantuan teknis, dan segala yang melibatkan customer service harus Kamu sampaikan melalui live chat.

Dengan sistem percakapan, Niagahoster seharusnya mampu mengatasi masalah lebih cepat dan tepat sasaran.

Sayangnya, beberapa pelanggan mengeluhkan bahwa performa customer support Niagahoster semakin menurun.

Kamu harus menunggu 30 menit hingga 1 jam untuk mendapat respon via chat. Bahkan untuk keluhan teknis ringan, kamu bisa menunggu 40 menit sampai 3 jam untuk mendapat balasan.

Beberapa pengembang web yang menggunakan jasa hosting Niagahoster pun mengeluhkan tentang bantuan teknis yang dirasa kurang mendukung.

Ketika kamu melaporkan keluhan error, tim bantuan teknis Niagahoster jarang memperbaiki error tersebut. Namun, mereka akan memberikan link ke artikel tentang cara memperbaiki error tersebut.

Tapi, ketika kamu minta secara langsung untuk diperbaiki, tim tech support Niagahoster mau membantu. Dari sini, kamu bisa lihat bahwa tim support Niagahoster kurang inisiatif dalam membantu memecahkan masalah pelanggan.

5. Pilihan Hosting dan Harga

Ketika artikel ini ditulis, Niagahoster menawarkan paket hosting Bayi dengan harga Rp 10 ribuan perbulan.

Paket hosting termahal dari salah satu jasa hosting terbaik di Indonesia ini ada di angka Rp 84 ribuan per bulan untuk pembelian pertama, dan biaya perpanjangan Rp 148 ribuan per bulan.

Niagahoster sangat terbuka dalam menyampaikan harga dan fitur termasuk biaya perpanjangan.

Dalam pilihan paket harga, Kamu bisa memilih paket hosting mana yang sesuai dengan keperluan Kamu. Apakah landing page, blog pribadi, company profile, atau toko online.

Kalau Kamu belum yakin ingin memilih paket hosting yang mana, pilihlah yang paling murah. Kamu bisa meng-upgrade paket hosting Kamu nantinya.

Niagahoster menawarkan bantuan teknis untuk migrasi atau upgrade ke paket hosting dengan spesifikasi lebih tinggi.

6. Fitur dan Add-Ons Tambahan

Fitur dan add-ons dalam pilihan paket hosting Niagahoster bervariasi, tergantung paket yang Kamu pilih.

Misalnya saja, paket “Bayi” memiliki fitur terbatas. Paket ini hanya muat untuk 1 website dengan kapasitas 500mb, dan Kamu hanya bisa membuat 1 akun email.

Tapi untuk paket hosting lainnya, fitur dan add-ons yang diberikan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Kabar baiknya, Kamu mendapat fitur backup untuk semua pilihan paket hosting, Namun, fitur backup Niagahoster memiliki kekurangan, yaitu:

  • Kamu hanya bisa menyimpan 2 file backup dengan jadwal mingguan. Artinya, Kamu hanya bisa menyimpan file backup 2 minggu ke belakang.
  • Besaran file untuk backup di paket “Bisnis” maksimal 15 GB sedangkan untuk paket lainnya maksimal 10 GB.
    Untuk mengatasi ini, Kamu harus rajin backup data secara manual.

Kelebihan sistem backup Niagahoster adalah kemudahan proses backup dan restore yang hanya memerlukan 1 sampai 2 kali klik dari dashboard Niagahoster.

7. Ramah Pemula

Dashboard Niagahoster ramah pemula dengan desain intuitif. Meski kamu kurang akrab dengan fitur dashboard web hosting, kamu tak akan kesulitan menemukan tombol mana yang harus diklik.

Sistem navigasi dashboard Niagahoster termasuk salah satu yang terbaik untuk level jasa hosting di Indonesia. Sebab, Niagahoster membuat halaman dashboard mereka sendiri.

Dashboard Niagahoster juga memiliki fitur yang tidak ada di jasa hosting lain seperti WordPress Management untuk:

  • Login ke WordPress tanpa perlu memasukkan username dan password
  • Force HTTPS
  • Upgrade versi WordPress
  • Install WordPress
  • Backup dan restore file
  • Speed test
  • Membuat website staging
  • Clone Website WordPress
  • Auto Update WordPress
  • Menghapus WordPress

Seperti yang dijelaskan di atas, Niagahoster merupakan anak perusahaan Hostinger International.

Kalau Kamu pernah menggunakan layanan hosting di Hostinger, maka navigasi dashboard Niagahoster cukup persis dengan milik Hostinger.

Kamu kurang wawasan teknis ketika bikin website? Fitur WordPress Management dari Niagahoster ini bisa jadi jalan pintas untuk membuat website atau blog WordPress kamu sendiri tanpa harus belajar web development. Klik di sini dan masukkan kode kupon HOSTINGOKE untuk diskon ekstra 5%.

8. Reputasi dan Ulasan Pengguna Lain

Niagahoster cukup sering direkomendasikan sebagai jasa hosting terbaik yang ada di Indonesia, bahkan lebih baik daripada penyedia hosting yang sudah lebih dulu ada.

Kalau dilihat dari 9 parameter yang ada dalam artikel ini, Niagahoster memenuhi sekitar 80% syarat untuk disebut sebagai jasa hosting terbaik Indonesia.

Dari sisi uptime, pengguna Niagahoster mengatakan stabil di angka 99,90%. Performa hosting yang ditawarkan di paket termurah pun sesuai dengan yang dijanjikan.

Namun dari sisi customer service, Niagahoster kurang bisa memenuhi ekspektasi pengguna.

Di samping itu, pelanggan lain juga melaporkan bahwa harga perpanjangan Niagahoster bisa jadi sangat mahal, bahkan hingga 4x lipat dari harga beli perdana.

Harga perpanjangan yang mahal ini bisa jadi kendala ketika website Kamu mengalami penurunan.

Ketika Kamu keberatan membayar biaya hosting yang tinggi, pilihan Kamu hanyalah migrasi ke penyedia hosting lain.

Sebab, Kamu tidak bisa downgrade hosting di Niagahoster sama sekali.

Apakah Niagahoster Termasuk Hosting Terbaik Indonesia?

Menurut pengalaman dan pengamatan di lapangan serta berdasarkan ulasan pengguna lain, Niagahoster memiliki reputasi terbaik dalam memberikan layanan hosting di Indonesia.

Niagahoster tidak menyediakan free trial, namun mereka menyediakan garansi 30 hari pengembalian uang tanpa syarat.

Tapi, uang yang dikembalikan adalah biaya hosting. Sebab, biaya registrasi domain tidak bisa dikembalikan.

Jadi, kalau Kamu memerlukan performa maksimal untuk target pengunjung Indonesia, Niagahoster bisa jadi pilihan jasa hosting terbaik dengan mengabaikan layanan pelanggan dan dukungan teknis mereka yang sedikit jeblok.

Kalau Kamu kurang puas dengan performa atau layanan Niagahoster, klaim saja garansi ini dalam 30 hari pertama dan Kamu bisa mendapat uang Kamu kembali.

Klik di sini dan pilih paket hosting Niagahoster sesuai kebutuhan kamu. Masukkan kupon HOSTINGOKE agar kamu dapat diskon ekstra 5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *