Manfaat dan syarat lulus uji emisi motor
Manfaat dan syarat lulus uji emisi motor. Sumber gambar: Amber Avalona from Pixabay Free License

Manfaat dan Syarat Lulus Uji Emisi Motor

Manfaat dan syarat lulus uji emisi motor memang sangat dibutuhkan. Mungkin beberapa dari Anda masih banyak yang belum memahami tentang deteksi kinerja mesin.

Sebenarnya beberapa daerah sudah mewajibkan adanya deteksi kinerja mesin pada kendaraan. Tentu akan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Bahkan melakukan hal tersebut ternyata menjadi hal mutlak agar kendaraan bisa digunakan dengan baik. Sebenarnya, ada atau tidaknya aturan dari pemerintah sebaiknya tetap lakukan deteksi kinerja mesin.

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan nantinya. Dengan begitu berkendara juga semakin aman dan nyaman. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan?

Manfaat dan Syarat Lulus Uji Emisi Motor

Ada banyak manfaat yang mungkin bisa dirasakan, pertama Anda bisa merasakan adanya kandungan CO, CO2, NOx, dan HC yang terdapat pada gas buang kendaraan.

Tentu saja hal tersebut harus diketahui dengan baik oleh pemilik agar tidak menimbulkan beberapa kondisi yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada manfaat lain yaitu digunakan untuk memastikan kinerja dari mesin mobil agar tetap dalam keadaan baik. Sangat bermanfaat agar Anda juga semakin nyaman ketika menggunakannya sebab tahu kendaraan dalam keadaan baik-baik saja.

Selanjutnya bisa juga dari hasil analisa gas buang akan dilakukan perbaikan yang dibutuhkan oleh kendaraan. Jadi, jika kendaraan Anda ternyata mendapatkan beberapa kendala maka bisa segera lakukan perbaikan.

Intinya, pengecekkan tersebut akan dilakukan untuk membantu mendeteksi kinerja dari mesin kendaraan. Jika benar-benar dalam keadaan baik, tentu saja akan membantu para pengendara terasa nyaman.

Selain itu, ternyata juga baik untuk bumi karena polusi dan pencemaran udara yang telah disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor juga dapat dikurangi. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk melakukannya.

Syarat untuk Lolos Uji Emisi Kendaraan

Sebenarnya manfaat dan syarat lulus uji emisi motor bisa saja didapatkan oleh pemilik kendaraan. Syarat yang dibutuhkan juga tidak banyak dan Anda tidak perlu merasa khawatir. Jika Anda benar-benar ingin lulus maka pastikan saja beberapa hal berikut ini.

  1. Pastikan bahwa Anda selalu merawat kendaraan dengan baik dan rutin. Ketika melakukan servis sudah pasti akan dicek semua dan akan dalam keadaan baik-baik saja.
  2. Selanjutnya, pastikan juga kendaraan tidak dimodifikasi. Kenapa begitu? Sebab jika dimodifikasi maka kendaraan akan tidak sesuai dengan standar keamanan. Apalagi jika mesin sudah diotak-atik.
  3. Pastikan lagi bahwa knalpot tidak racing yang bisa memberikan pengaruh pada gas buang mobil. Pastikan saja semua proses pembuangan gas standar agar bisa menekan polusi.
  4. Gunakan bahan bakar dengan oktan baik. Dengan begitu akan membuat emisi menjadi sesuai standar.
    Semua persyaratan di atas memang mudah untuk dilakukan. Dengan begitu manfaat dan syarat lulus uji emisi motor bisa didapatkan oleh para pengendara.
Sedang Trending :  Biaya Balik Nama Mobil Serta Tata Caranya

FAQ

Apa yang dimaksud dengan uji emisi?

Uji emisi adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan guna mendeteksi bagaimana kinerja mesin kendaraan. Tidak hanya itu, uji ini juga menilai tingkat polusi (pencemaran udara) yang disebabkan oleh gas buangan dari kendaraan bermotor yang bisa dikurangi.

Emisi gas buang adalah sisa-sisa pembarakan dari ruang pembakaran pada suatu kendaraan bermotor. Sisa ini biasanya bersifat berbahaya yang dikeluarkan ke udara melalui knalpot. Emisi gas buang ini tidak bisa dihilangkan secara langsung karena begitu tergantungnya kita terhadap kendaraan bermotor. Namun, alternatif kendaraan yang ramah lingkungan seperti kendaraan bertenaga listrik bisa menjadi solusi yang dapat dipertimbangkan.

Apakah motor wajib uji emisi?

Ya, seluruh para pemilik kendaraan motor (khususnya umur kendaraan lebih dari tiga tahun) wajib melaksanakan uji emisi. Contohnya adalah di DKI Jakarta yang diatur oleh peraturan gubernur (pergub) DKI Jakarta nomor 66 tahun 2020. Dalam peraturan ini selain uji emisi menjadi hal yang wajib, kendaraan juga harus mencukupi ambang batas emisi.

Kapan uji emisi berlaku?

Bilamana kendaraan yang telah lulus uji emisi maka akan berlaku hasil uji emisi selama satu tahun.

Berapa biaya uji emisi motor?

Pada saat ini jumlah biaya uji emisi sepeda motor berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Akan tetapi, biaya uji bisa menjadi satu kesatuan dengan biaya servis. (tim penulis)

Tinggalkan Balasan