cara membedakan mana BPKB asli dan palsu biar tidak kena tipu

Cara Membedakan Mana BPKB Asli dan Palsu Biar Tidak Kena Tipu

Jika Anda bermaksud membeli mobil bekas, salah satu hal utama yang perlu dipahami adalah cara membedakan mana BPKB asli dan palsu biar tidak kena tipu. Sehingga kedepannya Anda tidak direpotkan dengan berbagai kendala.

Karena saat ini ada banyak risiko yang sering terjadi ketika membeli kendaraan. Salah satunya adalah BPKB kendaraan bermotor tersebut palsu. Sehingga pemilik selanjutnya harus berhadapan dengan sanksi hukum.

Tidak hanya itu, pemilik kendaraan juga bisa disulitkan saat membayar pajak kendaraan. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana cara untuk membedakan BPKB asli dan palsu seperti yang akan kami bahas di sini.

5 Cara Membedakan Mana BPKB Asli dan Palsu Biar Tidak Kena Tipu

Dokumen kendaraan yang lengkap itu sangat penting ketika membeli motor atau mobil. Karena dokumen tersebut berfungsi untuk memastikan legitimasi kepemilikan.

Berikut adalah 5 cara untuk membedakan BPKB asli dan palsu.

1. Perhatikan Bahan Cover

Pada saat melakukan pengecekan dokumen itu harus dilakukan dengan teliti dan berhati-hati supaya tidak salah.

Buku asli umumnya memiliki warna yang lebih gelap dan tegas, covernya tebal mengkilap seperti ada lapisan tambahan di dalamnya.

Sementara itu bila menemukan cover BPKB tampak buram dan tipis, terlebih jika tidak mengkilap.

Begitu juga pada saat disentuh atau dipegang terasa licin dan halus tanpa ada pola tertentu, maka hal tersebut patut dicurigai

Sedang Trending :  Review dan Harga Mobil Calya Baru

2. Bagian Hologram

Cara membedakan BPKB asli dan palsu selanjutnya, periksa bagian hologramnya. Bagian ini bukan hanya hiasan pada buku agar tampak lebih menarik tetapi dapat digunakan sebagai pengaman.

Membedakan BPKB asli dan palsu itu mudah bila melalui hologram. BPKB yang asli ditunjukkan dengan warna hologramnya, biasanya tidak berubah.

Jika warna abu-abu pada hologramnya kemudian langsung berubah kekuningan saat diterawang, bisa dipastikan itu palsu.

3. Periksa Identitas Pemilik

Cara membedakan mana BPKB asli dan palsu biar tidak kena tipu adalah harus memperhatikan identitas pemilik. Pertama tentu harus mencocokkan dengan informasi asli dari pemilik sebelumnya.

Saat memeriksa tulisan pada bagian identitas Anda harus teliti setiap detailnya. Buku yang di dalamnya terdapat tulisan identitas pemilik mulus dan rapi mengindikasikan keaslian dokumen tersebut.

BPKB palsu akan terlihat pada tulisan bagian identitas yang buram, tulisan tidak jelas seperti tercetak ulang. Jika menemukan tulisan seperti ini bisa dipastikan bahwa buku tersebut palsu.

4. Perhatikan Halaman ke-14

Pada halaman ke-14 dari buku kepemilikan kendaraan bermotor terdapat lambang Korlantas Polri jika terkena lampu UV. Bagian tersebut jika diraba akan terasa kasar mengikuti bentuk lambang.

Jika hal tersebut di atas tidak ditemukan, berarti BPKB tersebut palsu. Cara membedakan BPKB asli dan palsu cukup mudah pada bagian ini.

5. Cocokkan Nomor Seri

Angka yang ada di halaman pertama buku harus dicek apakah benar atau hasil buatan. Supaya bisa mengetahui keasliannya, Anda bisa meminta bantuan dari pihak kepolisian terdekat karena tidak bisa dilakukan sendiri.

Saat ini ada banyak sekali tindak kejahatan pemalsuan dokumen-dokumen penting kendaraan bermotor. Maka Anda perlu mengetahui cara membedakan mana BPKB asli dan palsu biar tidak kena tipu. (tim penulis)