Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN
Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN. Gambar oleh: Michael Schwarzenberger from Pixabay Free License

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

Tips bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis dari PLN – Alkisah News. Berikut langkah terkini memperoleh token dan potongan harga listrik dari PLN sepanjang April-Juni 2021. Token dan potongan harga yang didapat sekarang tidak lagi 100 % gratis.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara sah perpanjang program stimulan listrik di tengah-tengah wabah covid-19.
Stimulus listrik masih tetap menarget pelanggan listrik dengan kapasitas 450 VA dan 900 VA serta para pelaku UMKM.

Pada saat ini, stimulan yang diberi tak lagi berbentuk potongan harga dan token listrik gratis sebesar 100 %. Akan tetapi, setengah atau 50 % potongan harga dan token listrik. Program ekstensi stimulan gratis PLN akan berjalan pada bulan April sampai Juni 2021.

Langkah Memperoleh Token Listrik Gratis PLN

Langkah untuk memperoleh potongan harga dan token listrik juga akan berlainan dengan periode yang dahulu. Awalnya, konsumen setia bisa mengunjungi situs sah www.pln.co.id/stimulan.pln.co.id atau program PLN Mobile. Untuk mulai April kedepan, langkah ini tak lagi dipakai.

1. Konsumen setia listrik yang memiliki 450 VA

Konsumen setia listrik yang mempunyai 450 VA akan memperoleh potongan harga dan token listrik sejumlah 50 %. Untuk konsumen setia reguler atau paska bayar, potongan harga 50 % akan diterima ketika pembayaran rekening listrik. Maknanya, bila pada April 2021 bill listrik Anda capai Rp 50 ribu, karena itu perlu bayar Rp 25 ribu.

Sementara untuk konsumen setia prabayar, potongan harga 50 % automatis diterima saat melakukan pembelian token. Pola ini berlaku baik untuk konsumen setia rumah tangga, usaha kecil, dan industri kecil dengan daya 450 VA.

2. Konsumen setia listrik yang memiliki 900 VA

Sementara itu, untuk konsumen setia listrik yang memiliki 900 VA akan memperoleh potongan harga dan token listrik sejumlah 25 %. Awalnya, mereka terima potongan harga dan token listrik sejumlah 50 %. Langkah memperoleh stimulan gratis dari PLN hampir serupa dengan konsumen setia listrik memiliki 450 VA.

Untuk pemakai reguler (paska bayar), potongan harga 25 % akan diterima ketika melakukan pembayaran rekening listrik. Lalu pemakai prabayar, potongan harga 25 % secara automatis diperoleh ketika melakukan pembelian token. Yang penting diingat, potongan harga berlaku s/d penggunaan maksimum sepanjang 720 jam nyala.

Wujud Pelindungan Sosial

Direktur Niaga dan Management Pelanggan PT PLN, Bob Saril menjelaskan, stimulan yang diberi sebagai wujud pelindungan sosial yang diberi pemerintahan untuk warga di tengah-tengah wabah covid-19.

“PLN siap memberikan dukungan dan jalankan keputusan pemerintahan untuk selalu memberi stimulan listrik untuk warga kecil, para pelaku usaha dan sosial yang terimbas pandemi,” terang Bob Saril dalam penjelasannya, Kamis (25/3/2021).

“Oleh karena bersifat perpanjangan, saya percaya pendistribusian akan berjalan mulus,” sambungnya.

Dia menjelaskan, PLN mengharap hadirnya stimulan listrik bisa menggerakkan warga dan aktor usaha masih produktif, dan tingkatkan daya membeli warga di tengah-tengah wabah covid-19.

Bob Saril menjelaskan, untuk memperoleh stimulan ini, konsumen setia tak perlu kembali terhubung ke token, baik di situs, service WhatsApp, atau PLN Mobile.

“Stimulan langsung akan diperoleh saat beli token listrik,” lebih Bob.

PLN mengutamakan untuk konsumen setia rumah tangga, usaha dan industri daya 450 VA paska bayar, karena ada pengubahan besaran stimulan karena itu potongan harga langsung didapatkan saat membayar rekening listrik.

“Kami mengingati, terutamanya ke konsumen setia 450 VA saat bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali membayar.”

“Tetapi tentu saja dengan potongan dari stimulan sejumlah 50 %,” sebut Bob.

Khusus untuk pembebasan ongkos beban, berlangganan, dan pembebasan ketetapan rekening minimal, pemberian stimulan akan diberi secara automatis dengan menggunting bill rekening listrik customer sosial, usaha dan industri. Potongan sejumlah 50 % cuman diberi untuk ongkos beban/ berlangganan dan ongkos penggunaan rekening minimal.

Awalnya selama setahun 2020, semenjak bulan April, pemerintahan lewat PLN sudah salurkan stimulan listrik sejumlah Rp 13,15 Triliun ke 33,02 juta konsumen setia. Sementara pada triwulan I (Januari-Maret 2021) pemerintahan sudah membagikan bujet sejumlah Rp 4,66 triliun untuk stimulan listrik. Sumber: tribunnews

Tinggalkan Balasan