Cara bayar pajak mobil online
Cara bayar pajak mobil online. Gambar oleh: mohamed Hassan from Pixabay Free License

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara bayar pajak mobil online. Padahal dengan menggunakan cara ini Anda akan lebih praktis dan tidak perlu repot-repot mengantre di samsat. Oleh karena itu agar Anda mengetahui caranya simak artikel ini hingga selesai.

Membayar pajak kendaraan merupakan kewajiban semua warga Indonesia yang memiliki kendaraan bermotor baik motor atau mobil. Dengan rajin membayar pajak ini sama saja Anda memajukan negara ini karena semua pembayaran ini akan dijadikan sebagai pendapatan daerah serta pembangunan infrastruktur.

Awalnya untuk membayar pajak harus pergi jauh ke SAMSAT. Namun, di era yang semakin canggih seperti sekarang pembayarannya bisa dilakukan secara online. Sebelum mengetahui bagaimana cara membayar melalui online ketahui terlebih dahulu cara mengetahui biaya pajak mobil.

Cara Mengetahui Biaya Pajak Mobil Secara Online

Sebelum melakukan pembayaran pajak pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengetahui biaya yang harus di bayar. Dengan mengetahuinya tentu Anda akan lebih bisa melakukan persiapan biaya sebelum jatuh tempo tiba. Ketika Anda sudah melewati jatuh tempo tentunya bisa terkena denda.

Untuk mengetahuinya sangatlah mudah hanya perlu mengakses situs e-samsat yang disesuaikan dengan provinsi tempat Anda tinggal. Sebagai contoh jika Anda tinggal di Jakarta tinggal buka situs e-samsat DKI Jakarta. Setelah membuka situs resminya tinggal klik layanan informasi yang ada di pojok kanan atas.

Setelah Anda klik maka akan muncul pilihan, lalu pilihlah layanan info PKB. Setelah masuk ke halaman info PKB, selanjutnya tinggal isi formulir yang tersedia dengan lengkap lalu klik proses. Setelah proses selesai maka akan muncul semua info terkait biaya yang harus Anda keluarkan untuk pajak.

Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online

Untuk pembayaran pajak secara online hampir sama caranya seperti di atas tinggal akses situs e-samsat sesuai dengan provinsi tempat ada tinggal atau download aplikasi e-samsat nasional atau samolnas. Setelah mengunduh aplikasi tersebut Anda tinggal melakukan pendaftaran.

Selanjutnya akan muncul kode pembayaran yang bisa dibayarkan melalui bank atau minimarket yang tersedia. Setelah itu Anda akan menerima e-TBPKB serta e-Pengesahan. Selanjutnya print e-TBPKB serta e-Pengesahan, bawa bukti ini ke SAMSAT untuk ditukarkan dengan yang asli. Ternyata cara bayar pajak mobil online mudah bukan. (tim penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *