harga mobil baru tanpa pajak ppnbm
perkiraan harga mobil baru tanpa pajak ppnbm. Gambar oleh: Free-Photos from Pixabay Free License

Harga Mobil Baru Tanpa Pajak yang Perlu Dipahami

Sebelum membeli mobil, pasti Anda akan penasaran dengan harga mobil baru tanpa pajak. Hal tersebut dikarenakan tidak semua jenis mobil atau otomotif akan menerapkan pajak atau tax sebesar 0% . Di sisi lain ketika membelinya dan dibebaskan dengan biaya maka harga mobil akan lebih murah.

Hal tersebut berlawanan dibandingkan dengan harga yang di terapkan beban pajak. PPnBM atau pajak untuk kendaraan atau barang mewah merupakan salah satu jenis tax yang dihitung kepada setiap kendaraan roda empat atau disebut dengan NJKB.

Jenis-Jenis Mobil yang Tidak Dibebankan PPnBM

Terdapat beberapa jenis mobil atau otomotif yang tidak dibebankan oleh jenis tax ini. Salah satunya adalah jenis sedan dengan ukuran 4 * 2. Di mana jenis tersebut atau Medan tersebut memiliki mesin yang tidak lebih dari 1500 cc.

Di sisi lain jika Anda ingin mendapatkan tipe kendaraan roda 4 ini bebas pajak atau memiliki pajak 0% maka Anda dapat memilih jenis otomotif yang dirakit di dalam negeri dibandingkan memilih otomotif yang dirakit di luar negeri.

Beberapa jenis otomotif atau kendaraan roda empat ini yang dapat dipilih antara lain adalah mulai dari hatchback, SUV, dan MPV. Selain itu jenis mobil yang diproduksi di lokal dengan memiliki mesin dibawah Rp1.500 cc adalah otomotif jenis Toyota Vios. Namun jenis ini memiliki pajak 30%.

Baca juga: Tips dan Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Harga Mobil Tanpa Beban PPnBM

Setelah mengetahui apa saja kendaraan roda empat yang dapat dipilih tanpa adanya beban pajak ini maka langkah selanjutnya adalah memahami berapa biaya atau kisarannya. Misalnya adalah ketika Anda ingin memilih jenis kendaraan model low MPV dengan varian 1,5 liter seperti Mitsubishi Expander.

Sesuai dengan Peraturan dari Kementerian Dalam Negeri maka Anda akan mendapatkan harga sebesar 205 juta dan biaya ritel resmi sebesar 278 juta. Namun, setiap mobil juga akan memiliki kisarannya masing-masing. Jika Anda ingin mendapatkan biaya lebih murah, pastikan memilih kendaraan tanpa tax.

Di sisi lain ketika memilih otomotif tanpa adanya tax ini maka harga jual kendaraan roda empat dapat berkurang hingga 10 sampai 20%. Namun begitu perlu dipahami bahwa harga tersebut belum termasuk harga dealer memungkinkan kemungkinan bisa lebih kecil atau lebih besar.

Dengan memahami apa saja jenis-jenis kendaraan roda empat yang diterapkan tanpa tax dan bagaimana kriteria diberlakukan maka hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Sehingga sebelum membeli otomotif atau kendaraan ini maka pastikan untuk memperhatikan berapa harga mobil baru tanpa pajak. (tim penulis)

Baca juga: Tujuan Ban Mobil Diberi Alur Adalah Agar Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *