Tahun Depan Gaji PNS Minimal 9 Juta dan Tunjangan Naik
Sumber gambar: menpan.go.id

Tahun Depan Gaji PNS Minimal 9 Juta dan Tunjangan Naik

Ada wacana dan rencana dari pemerintah yang akan menaikkan gaji dan tunjangan PNS di tahun depan? Bagaimana para abdi negara sekalian? Apakah ini membawa kabar gembira bagi Anda sekalian? Silahkan yuk disimak beritanya di bawah ini.

Tahun Depan Gaji ASN Minimal 9 Juta dan Tunjangan Naik

Pemerintahan Indonesia akan memaksimalkan tunjangan untuk pegawai negeri sipil (PNS/ ASN). Tetapi demikian, sampai saat pemerintahan masih melaksanakan beberapa kajian analisis mendalam terkait hal ini.

Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memberikan penjelasan, peningkatan tunjangan ASN terus akan diupayakan oleh jajarannya. Peningkatan tunjangan sudah semestinya dikerjakan pada tahun 2020 ini, tetapi sebab terhalang wabah korona, karena itu hal tersebut diundur beberapa waktu.

Meskipun begitu, Tjahjo memberikan papparan, peningkatan tunjangan ASN akan naik secara signifikan. Di mana, untuk status ASN yang posisinya paling buncit akan memperoleh tunjangan minimum Rp9 sampai Rp10 juta.

“Insyaallah semestinya tahun ini sebab ada wabah Covid-19, tunjungan PNS akan kita tambahkan semaksimalnya. Jadi PNS yang posisinya pada golongan paling rendah, bisa mendapatkan uang Rp 9 sampai Rp 10 juta,” tuturnyaa, Senin (28/12/2020).

Tjahjo memperjelas, peningkatan gaji pokok tidak mengikuti peningkatan tunjangan PNS ini. Mengapa? Hal tersebut sebab ada pola yang diberi pemerintahan berbentuk peningkatan dana pensiunan. Peningkatan dana pensiunan telah dihitung oleh Kemenpan RB dengan PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri.

“Ini saya anggap pekerjaan kami di PanRB dan Ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) jika benar-benar gaji pokok mustahil naik sebab tersangkut dana pensiun, tetapi kami dengan partner kami, Taspen, telah hitung secara baik-baik, akan ada bantuan pensiun yang akan mengalami peningkatan,” katanya.

Nah, itu tadi ulasan tentang Tahun Depan Gaji PNS Minimal 9 Juta dan Tunjangan Naik. Semoga bila kenaikan gaji ini direalisasikan akan menambah kualitas para ASN. Para PNS harus paham bahwa mereka adalah pelayan masyarakat. Gaji dan tunjangan yang didapat hendaknya menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik ke depannya.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Baca juga: Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif diganti, Ini Kebijakan Wishnutama Saat Jadi Menteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *