Ciliandra Fangiono Menjadi Konglomerat Termuda di Indonesia
Gambar Ciliandra Fangiono. Sumber gambar: wartaekonomi.co.id

Ciliandra Fangiono Menjadi Konglomerat Termuda di Indonesia

Salah seorang paling kaya di negara Indonesia adalah Ciliandra Fangiono. Beliau saat ini masih berumur 44 tahun, tergolong muda untuk menjadi konglomerat. Beliau menjadi orang paling tajir atau miliarder sekaligus paling muda di NKRI. Ciliandra ini adalah CEO First Resources. Ini merupakan suatu perusahaan sawit dimana sahamnya terdaftar di Singapura.

Menurut list dari Forbes, Ciliandra menduduki Urutan ke-30 dalam daftar 50 orang paling tajir melintir di Indonesia. Jumlah keseluruhan kekayaannya adalah 1,05 miliar dolar Amerika Serikat. Wow, ini sebanding dengan 14,87 triliun rupiah. Perusahaan yang dipimpinnya sekarang adalah perusahaan yang dirintis oleh ayahnya, Martias sejak dua dekade yang lalu.

Sekarang, keluarga Fangiono juga menggenggam sebagian besar saham perusahaan dan perusahaan digenggam tali kekangnya oleh Ciliandra. Sebagai angkatan ke-2, Ciliandra adalah alumnus sarjana dan magister jurusan ekonomi dari Universitas Cambridge.

Saat kuliah, Ciliandra ialah seorang Scholar Senior di bagian ekonomi. Beliau pernag memenangi PriceWater House Book di kampus dengan perolehan rangking ke-3 terhebat di dunia. Selanjutnya, beliau sempat juga bekerja sebagai staff pada seksi investasi bank di Meryl Lynch di Singapura.

Menurut halaman ofisial perusahaan, First Resources dibangun di tahun 1992 dan tercatat di Bursa Efek Singapura semenjak tahun 2007.

Sedang Trending :  Daftar Orang Kaya Indonesia Yang Punya Rumah Sakit Mewah

First Resources adalah produsen minyak sawit terpopuler di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini mengurus lebih dari 200.000 hektar perkebunan kelapa sawit di propinsi Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat negara Indonesia.

Aktivitas usaha pokok dari perusahaan First Resources ini mencakup budidaya kelapa sawit, memetik tandan buah segar (TBS), dan proses pengolahan menjadi minyak sawit mentah (Crude Palm Oil-CPO) dan ini sawit (PK).

Selain perkebunan dan pabrik kelapa sawit, Perusahaan First Resource juga mengolah produksi CPO dan PK menjadi produk-produk yang berbasis kelapa sawit, tentunya dengan nilai yang lebih tinggi. Produksi semisal, refined, bleached and deodorized (RBD) olein dan RBD stearin, minyak inti sawit, dan pengekspor inti sawit. Produk bernilai tinggi ini dihasilkan dari proses penyulingan, fraksionasi, biodiesel, dan penghancuran inti. Produk ini pun dijual ke pasar lokal dan internasional.

Nah, itu tadi informasi seputar Ciliandra Fangiono menjadi orang kaya termuda di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Baca juga: Profil 5 Orang Paling Kaya Termuda dari Negara Indonesia

Tinggalkan Balasan