Profil 5 Orang Paling Kaya Termuda dari Negara Indonesia
Gambar Ciliandra Fangiono. Sumber: liputan6.com

Profil 5 Orang Paling Kaya Termuda dari Negara Indonesia

Di akhir tahun 2020, Majalah Forbes kembali lagi mengeluarkan daftar 50 orang paling kaya di negara Indonesia. Sejumlah besar nama-nama taipan masih didikuasai oleh wajah-wajah lama.

Kemunculan wabah virus corona atau Covid-19 membuat sebagian besar konglomerat Indonesia ini alami pengurangan kekayaan jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

Lepas dari itu, kekayaan total dari kelompok konglomerasi NKRI ini hanya mengalami penurutnan sebesar 1,2 % sehingga jadi 133 miliar dollar AS. Nilai ini setara dengan Rp 1.875 triliun (bila menggunakan kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Ini dia Profil 5 Orang Paling Kaya Termuda dari Negara Indonesia

Pada artikel ini kami hanya akan berbagi informasi profil konglomerasi yang berumur muda saja. Forbes melakukan rilis list orang terkaya dengan umur paling muda. Di bawah ini daftar profile lima orang paling kaya paling muda di negara Indonesia:

1. Ciliandra Fangiono

Di umurnya yang baru menginjak 44 tahun, Ciliandra menduduki urutan ke-30 dari list orang paling kaya Indonesia. Posisi ini akan naik ke urutan top 1 bila dikategorikan berdasarkan umur yang paling muda.

Sumber kekayaan paling besarnya berasal dari perkebunan sawit. Ia adalah pewaris kedua dari perusahaan sawit ayahnya, Martias.

Saat ini, beliau merupakan CEO First Resources Ltd. Ini adalah sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa efek Singapura dan terkenal dengan banyak mendominasi ratusan ribu hektar lahan kelapa sawit di NKRI.

Ayahnya mulai merintis First Resources sejak 2 dekade lampau. Perusahaan ini mempunyai berpuluh pabrik pengolahan sawit yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Mengutip dari Majalah Forbes, total kekayaan bersih Ciliandra Fangiono adalah sebesar 1,05 miliar dollar Amerika. Nilai ini setara dengan 14,86 triliun rupiah.

2. Iwan Lukminto

Nama Iwan Lukminto tercatat dalam urutan orang paling kaya di Indonesia dengan umur 40-an tahun. Beliau ialah CEO PT Sri Rezeki Isman Tbk atau Sritex. Ini merupakan suatu perusahaan tekstil terpadu hilir ke hulu. Pusat perusahaan ini ada di Sukoharjo, Jawa tengah.

Layaknya Cilliandra, Iwan adalah angkatan ke-2 penerus usaha orang tuanya. Berdasarkan info Forbes, Iwan tempati posisi ke-49 dalam list orang paling kaya di NKRI.

Di tahun 2020 atau di umurnya yang ke-45 tahun, keseluruhan kekayaannya berjumlah 515 juta dollar Amerika. Di Indonesia, usaha tekstilnya demikian menyebar dan mendominasi. Sritex sendiri terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan memakai kode emiten SRIL.

Tidak cuman dalam negeri, Sritex mempunyai pasar yang lumayan besar di luar negeri. Sebagai contoh, perusahaan ini menjadi penyedia seragam militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Iwan Lukminto adalah alumnus Suffolk University di Amerika Serikat. Beliau memulai kariernya di Sritex diawali pada jabatan asisten direktur di tahun 1997. Selanjutnya sempat isi jabatan vice president director tahun 1999 saat sebelum selanjutnya jadi CEO Sritex tahun 2006 hingga saat ini.

3. Arini Subianto

Arini Subianto duduki urutan ke-3 miliader paling muda dari negara Indonesia. Dia melanjutkan usaha perusahaan ayahnya yang telah meninggal dunia pada Januari 2017 kemarin.

Namanya lengkapnya adalah Arini Saraswaty Subianto. Beliau ialah bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di bidang perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan industri pengolahan kayu.

Persada Capital terdaftar jadi salah satunya pemegang saham Adaro yaitu perusahaan penambang batu bara paling besar di Indonesia.

Pada umurnya yang baru 49 tahun, harta kekayaannya terdaftar sejumlah 610 miliar dolar Amerika. Beliau menduduki posisi ke-43 pebisnis paling kaya se negara Indonesia.

4. Garibaldi Thohir

Darah kepiawaian berbisnis telah ada pada diri Garibaldi dari ayahnya Muhammad Teddy Thohir, salah satunya yang mendirikan Astra. Sekarang ini umurnya 55 tahun.

Pria ini juga sering dipanggil Boy Thohir. Beliau ini masuk selaku orang paling tajir di Indonesia di posisi ke-15. Keseluruhan kekayaannya terdaftar sebesar 1,65 miliar dolar Amerika Serikat.

Salah satunya sumber kekayaan paling besarnya berasal dari pemilikan sahamnya di PT Adaro Energy. Aksi usahanya tidak cuman bergelut di bidang tambang batu bara. Boy juga diketahui sebagai pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, sampai jaringan restaurant Hanamasa.

Di daerah Jakarta, usaha Boy termasuk besar. Melalui Wahana Artha Group, perusahaannya jadi pemegang main dealer yang melakukan distribusi motor merek Honda. Boy Thohir sendiri dikenali selaku teman dekat Sandiaga Salahuddin Uno.

5. Hary Tanoe

Siapa yang tidak mengenal dengan figur Hary Tanoe. Dia dikenali selaku raja media sebab kepemilikannya di beberapa media baik tv, radio, media massa, dan media online. Di tahun 2000, Bhakti Investama menggantikan beberapa saham PT Bimantara Citra Tbk, kepunyaan keluarga Presiden Soeharto. Beliau lalu mengubah namanya jadi PT. Global Mediacom Tbk.

Beberapa perusahaan yang ada di bawah bendera MNC Grup diantaranya RCTI, MNCTV,dan Global TV, Stasiun radio Trijaya FM, dan Harian Seputar Indonesia, Majalah ekonomi dan bisnis Trust, dan tabloid remaja Genie.

Dalam kutipan dari Majalah Forbes, pria berumur 55 tahun ini ada di posisi ke-33 orang kaya di Indonesia dengan kekayaan bersih sebesar 950 juta dolar Amerika.

Tambahan informasi, Forbes membuat daftar ini berdasar formasi pemilikan saham dan info keuangan yang didapat dari keluarga dan perseorangan, bursa saham, riset, dan beberapa sumber yang lain. Jumlah kekayaan mempertimbangkan pemilikan saham yang dipunyai di beberapa perusahaan. Rangking itu memberikan kekayaan pribadi dan keluarga, terhitung yang dipisah antara famili.

Nah, itu tadi informasi tentang Profil 5 Orang Paling Kaya Termuda dari Negara Indonesia. Semoga info yang kami bagikan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sumber: money.kompas.com

Baca juga: Daftar Orang Kaya Indonesia Yang Punya Rumah Sakit Mewah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *