Daftar Orang Kaya Indonesia Yang Punya Rumah Sakit Mewah
Ilustrasi kesehatan. Sumber gambar: Free license Pixabay.com

Daftar Orang Kaya Indonesia Yang Punya Rumah Sakit Mewah

Bisnis dalam bidang fasilitas kesehatan seperti rumah sakit adalah bisnis yang evergreen atau tidak ada matinya. Mengapa? Ya pasti karena kesehatan adalah suatu hal yang penting bagi semua individu dan manusia.

Selama masih ada yang sakit maka pasien rumah sakit pasti akan datang. Peluang ini bisa dibaca sebagai peluang bisnis bagi sebagian orang. Tidak terkecuali para konglomerat yang memiliki banyak rumah sakit besar di Indonesia.

Biasanya jaringan rumah sakit para orang kaya atau konglomerat ini memiliki kategori rumah sakit yang mewah. Selain memberikan pelayanan kesehatan dan memperoleh keuntungan, para miliarder ini juga bertujuan sosial dan amal untuk membantu sesama manusia dalam bidang kesehatan.

Daftar 4 Orang Kaya Indonesia Yang Punya Rumah Sakit Mewah

Berikut ini kami akan bagikan 4 orang terkaya di Indonesia yang memiliki rumah sakit mewah. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dato Sri Thahir

Dato Sri Thahir adalah pemilik Mayapada Group. Beliau memaskui bisnis dalam bidang kesehatan dengan membangun rumah sakit Mayapada. Beliau menyebar jaringan rumah sakit ini dalam daerah Jabodetabek hingga saat ini.

Grup Mayapada tidak membangun rumah sakit mulai dari awal. Pada mulanya mereka melakukan akuisisi kepemilikan rumah sakit Honoris. Ini adalah sebuah rumah sakit yang berdiri pada Modern Land, Tangerang menjadi Mayapada Healthcare di tahun 2008.

Dengan mengajal kerja sama National Healthcare Group (NHG) Singapura, maka pelayanan yang diberikan dan fasilitas kesehatan rumah sakit mendekati kualitas rumah sakit di negara Singapura. Hal ini yang menjadi penyebab banyaknya pasien RS Mayapada berasal dari kelompok menengah ke atas.

2. Boenjamin Setiawan

Apakah Anda mengenal Boenjamin Setiawan? Bila tidak maka memang banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenalnya. Akan tetapi bila mendengar nama RS Mitra Keluarga maka banyak publik yang tahu karena memang rumah sakit tersebut familiar di telinga. Jaringan rumah sakit ini telah berdiri dan tersebar di banyak kota di negara Indonesia.

Sedang Trending :  Tahun Depan Gaji PNS Minimal 9 Juta dan Tunjangan Naik

Beliau juga dikenal dengan nama dr Boen. Dalam catatan Forbes, beliau sering masuk dalam list orang terkaya di Indonesia. Ini karena pundi-pundi kekayaan beliau yang mulai dirintis dari mendirikan RS Mitra Keluarga pada tahun 1989.

Selain itu, beliau juga pemilik Kalbe Farma. Ini adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi dan merupakan farmasi swasta yang terbesar di Indonesia.

3. Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah pendiri dari Lippo Group. Ia juga sebagai mertua dari Dato Sri Thahir yang telah kita bahas di atas. Baliau berasal dari Kota Malang. Beliau memasuki bisnis rumah sakit melalui Grup Siloam yang saat ini telah menjadi perusahaan terbuka yakni PT Siloam International Hospitals Tbk.

Pada awal mendirikan rumah sakit, beliau mengajak kerja sama dengan Gleneagles. Ini adalah suatu perusahaan jaringan rumah sakit di negara Singapura. Mereka bersepakat untuk mendirikan rumah sakit Gleneagles pada wilayah yang termasuk dalam perusahaan Lippo Group.

Berjalan beberapa waktu, Gleaneagles tidak memperpanjang kontrak kerja sama. Lantas beliau meneruskan bisnis RS ini dengan mengganti nama menjadi RS Siloam. Sampai saat ini, rumah sakit ini telah menjadi terkenal dan berkembang ke beberapa kota di Indonesia.

4. Awaloedin

Siapakah Awaloedin itu? Beliau adalah pemilik saham jaringan rumah sakit Awal Bros. Pertama kali beliau mendirikan rumah sakit ini pada tahun 1998 di Pekan Baru Provinsi Riau. Alasannya adalah karena beliau banyak orang Pekan Baru yang keluar negeri untuk berobat.

Pada tahun 2006, beliau melakukan kerja sama dengan berbagai pihak hingga mendirikan rumah sakit baru di wilayah Tangerang, Jakarta, dan Makassar. Di tahun ini juga, Sandiaga Uno berinvestasi di Awal Bros. Sekarang jumlah rumah sakit beliau kira-kira 15 rumah sakit.

Nah, itu tadi rincian pembahasan tentang daftar orang kaya Indonesia yang punya rumah sakit mewah. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk ikutan berbisnis? Silahkan dan semoga sukses.

Sumber: money.kompas.com