Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad
Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Bacaan dan Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Arab, Latin, Arti, Terjemahan, dan Keutamaan nya.

ALKISAHNEWS.COM – Ini bacaan dan bentuk tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad dalam bahasa Arab, Latin, dan dilengkapi dengan Arti dan Terjemahan, serta apa saja keutamaan, manfaat, fadilah, dan khasiat nya.

Bacaan Sholawat Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad adalah bentuk pendek sholawat. Biasanya ini dibaca sebagai amalan dzikir atau pembuka doa.

Berikut ini kami bagikan tulisan Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad dalam bahasa Arab, latin, dan lengkap dengan arti dan terjemahan nya serta keutamaan dan manfaat nya.

Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Arab

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Ali Sayyidina Muhammad.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad artinya  yaitu : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.”

Keutamaan Membaca Sholawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad wa Ala Ali Sayyidina Muhammad

Sebelum membaca sholawat, sebaiknya seorang Muslim dan Mukmin mengetahui apa keutamaan, manfaat, dan khasiat dari aktivitas ini. Bukan apa-apa, dengan begini akan lebih mudah bagi mukmin untuk khusyuk dan rutin melaksanakan ibadah yang disukai oleh Allah SWT ini lantaran telah paham dasar dari aktivitas ibadahnya.

Keutamaan Dalam Al Quran

Allah menyuruh hamba-Nya yang beriman untuk membaca sholawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad. Bahkan di dalam Al Qur’an dijelaskan bahwasanya Allah juga memberi sholawat. Lihat terjemahan di bawah ini.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat- malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.” (Al-Qur’an Surat al-Ahzab ayat 56).

Fadhilah dan Manfaat Yang Dijelaskan Dalam Hadits

Beberapa informasi dari hadits yang menunjukkan manfaat sholawat, antara lain:

1. Bila seseorang melafalkan shalawat bagi Nabi Muhammad saw, maka Allah swt akan membalasnya dengan sepuluh kali lipat shalawat.

Ini merupakan ajaran yang berasal dari sebuah hadits yang mengatakan, “Barangsiapa yang melafalkan shalawat kepada saya satu kali, Allah swt akan melafalkan shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali.”

2. Jika seseorang melafalkan shalawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad bagi Nabi Muhammad saw, maka Nabi Muhammad saw sendiri akan melafalkan shalawat sebagai balasannya. Ini ditegaskan dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Imam Thabrani melalui Anas bin Malik, yang menyatakan, “Siapa yang bershalawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”

3. Bila seseorang melafalkan shalawat bagi Nabi, maka malaikat juga akan melantunkan shalawat sebagai balasannya. Hal ini dinyatakan dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar ra, di mana Nabi Muhammad saw mengatakan, “Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

4. Bila seseorang melafalkan shalawat bagi Nabi Muhammad saw, maka statusnya akan ditingkatkan, kebaikannya akan ditambah, dan keburukannya akan dihapus. Penegasan ini diperkuat oleh hadits yang dilaporkan oleh Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar.

5. Bila seseorang melafalkan shalawat, ia akan menerima pahala yang setara dengan memerdekakan sepuluh budak tulus dalam nama Allah swt. Ini berdasarkan hadits yang disampaikan oleh Ibnu Abi Ashim dari Al-Barra bin Azib ra.

6. Melantunkan shalawat dapat menjadi alasan pengampunan dosa-dosa. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits yang disampaikan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil.

7. Melafalkan shalawat dapat memohonkan pengampunan dan memberikan kenyamanan di kubur bagi orang yang melantunkannya, sesuai dengan hadits yang disampaikan oleh Sayidah Aisyah ra.

8. Salah satu manfaat penting dari shalawat bagi Nabi Muhammad saw adalah Nabi sendiri akan memberikan syafaat bagi pembaca shalawat tersebut.

9. Shalawat juga dapat mencegah pembacanya dari kekurangan dan membanjirinya dengan kebajikan serta berkah.

10. Nabi Muhammad saw akan menganggap seseorang yang sering melantunkan shalawat bagi beliau sebagai individu terdekat di sisinya.

11. Manfaat dan berkah dari melantunkan shalawat akan terus mengalir hingga ke generasi anak dan cucu dari pembaca shalawat tersebut.

Lirik Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

1. Lirik Sholawat Asyghil

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

  • Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad,
  • wa Asyghilizh-zhoolimiina bizh-zhoolimiin,
  • wa akhrijnaa min bainihim saalimiin,
  • wa ‘ala Aalihi wa Shohbihi ajma’iin.

Terjemahan:

  • Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad,
  • dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang-orang zalim lainnya,
  • dan keluarkanlah kami dari golongan orang-orang zalim dengan keselamatan,
  • dan limpahkan pula rahmat serta salam kesejahteraan kepada seluruh keluarga dan sahabat Nabi semuanya.

2. Lirik Sholawat Tibbil Qulub

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa `afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Terjemahan:

Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.

  • Sumber :
  • nu.or.id
  • almanhaj.or.id

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan