Contoh Surat Permohonan Menjadi Anggota POLRI

Masuk menjadi anggota POLRI adalah salah satu cita-cita banyak orang. Tidak hanya karena status sebagai aparat keamanan, tetapi juga karena dianggap memiliki penghasilan yang cukup besar dan terjamin.

Yang harus disiapkan sebelum membuat surat permohonan

Sebelum membuat surat permohonan menjadi anggota POLRI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki ijazah minimal SMA/MA/sederajat. Kedua, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun pada saat pendaftaran. Ketiga, memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Keempat, memiliki sehat jasmani dan rohani serta lulus tes kesehatan.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, berikut ini adalah contoh surat permohonan menjadi anggota POLRI yang dapat kamu gunakan sebagai referensi:

Surat Permohonan

Bagian 1: Pembukaan

Kepada
Kepala Bagian SDM POLRI
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : (isi dengan nama lengkap)
Tempat, tanggal lahir : (isi dengan tempat dan tanggal lahir)
Alamat : (isi dengan alamat lengkap)
Pendidikan terakhir : (isi dengan pendidikan terakhir)

Dengan ini mengajukan permohonan untuk menjadi anggota POLRI. Saya telah memenuhi persyaratan yang diatur oleh kepolisian untuk menjadi anggota POLRI, termasuk tes kesehatan dan psikotes. Saya juga siap memenuhi tanggung jawab dan tugas yang diberikan sebagai anggota POLRI.

Bagian 2: Motivasi

Saya sangat tertarik untuk menjadi anggota POLRI karena saya ingin menjadi bagian dari institusi keamanan yang terbaik di Indonesia. Sebagai seorang warga negara yang baik, saya ingin melindungi dan melayani masyarakat. Saya yakin, dengan menjadi anggota POLRI, saya dapat mengabdikan diri untuk negara dan masyarakat.

Bagian 3: Pengalaman

Selama ini, saya sudah memiliki pengalaman dalam bidang keamanan. Saya pernah menjadi anggota keamanan di kawasan perumahan dan juga sebagai pengaman acara di lingkungan masyarakat. Pengalaman ini membuat saya semakin yakin untuk menjadi anggota POLRI dan mengabdikan diri untuk masyarakat.

Bagian 4: Penutup

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya siap mengikuti seluruh tahapan seleksi yang ditentukan oleh kepolisian. Saya berharap permohonan ini dapat diterima dan saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari institusi keamanan yang terbaik di Indonesia.

Hormat saya,
(isi dengan nama lengkap dan tanda tangan)

Kesimpulan

Dalam membuat surat permohonan menjadi anggota POLRI, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan yang diatur oleh kepolisian. Selain itu, sampaikan juga motivasi dan pengalaman yang kamu miliki agar permohonanmu lebih meyakinkan. Dengan referensi contoh surat permohonan seperti di atas, kamu dapat membuat surat permohonanmu sendiri dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan