Resep Rawon Daging Sapi Khas Surabaya Porsi Makan Keluarga

Apabila Anda sedang mencari resep rawon daging sapi khas Surabaya maka jangan lewati artikel ini. Makanan khas Jawa Timur satu ini digemari karena dagingnya yang empuk serta kuahnya yang segar apalagi ditambah oleh perasan jeruk nipis.

Sebagai informasi awal biasanya daging sapi yang digunakan adalah bagian sengkel dan sadung lamur. Keduanya dipresto terlebih dahulu agar lebih empuk namun bisa juga langsung dimasak menggunakan panci biasa. Selain itu untuk memasak kuah rawon menggunakan kluwak sehingga berwarna hitam.

Baca Juga : Resep Bumbu Rawon Istimewa

Berikut Resep Rawon Daging Sapi Khas Surabaya

Di bawah ini langsung saja kita berikan resep rawon asli yang dapat memberikan sekitar delapan porsi makan dan cocok dipraktikan saat sedang kumpul bersama keluarga.

Dalam pembuatan bumbu rawon sendiri terdapat tiga bagian berbeda yang perlu disiapkan secara terpisah yaitu untuk bahan rawon, bumbu halus, dan bahan pelengkap.

1. Bahan Rawon

Sekarang kita mulai dari mempersiapkan bahan-bahan rawonnya. Pertama siapkan 500 gram daging sapi sandung lamur yang telah dicuci bersih, kemudian potong kotak-kotak sesuai selera. Selain itu siapkan juga 5 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang digeprek, 1 sdm air asam jawa, garam, gula pasir, kaldu bubuk rasa sapi secukupnya, dan 3 liter air.

2. Bumbu Halus

Selanjutnya persiapkan bahan-bahan untuk bumbu halus yaitu 5 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 5 buah kluwak, 4 butir kemiri yang telah disangrai, 1 cm kunyit dibakar, dan 50 ml minyak goreng.

3. Bahan Pelengkap

Terakhir ada bahan pelengkap yang bersifat opsional. Namun kami sarankan tetap dipersiapkan untuk memberikan rasa maksimal pada rawon buatan Anda. Adapun bahan pelengkapnya yaitu nasi panas, taoge pendek, irisan daun bawang, telur asin, jeruk nipis, sambal, dan emping.

Simak Juga : Resep Rawon Bumbu Indofood

Langkah-Langkah Pembuatan Rawon Daging Sapi Khas Surabaya

Setelah semua bumbu rawon daging sapi siap langkah selanjutnya tentu saja memulai proses masak.

  1.  Langkah pertama adalah rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih masukkan daging sapi dan rebus hingga empuk.
  2. Selagi menunggu daging empuk Anda dapat membuat bumbu halus yaitu dengan memasukkan seluruh bahan yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam blender, beri sedikit minyak goreng, dan blender hingga halus.
  3. Setelah bumbu benar-benar halus selanjutnya tumis hingga matang bersamaan dengan serai dan daun jeruk.
  4. Kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam air rebusan daging.
  5. Langkah terakhir yaitu tambahkan air asam jawa, gula, garam, dan kaldu ayam. Kemudian koreksi rasa, masak hingga daging empuk dan rasa telah pas. Selagi masih panas segera angkat dan sajikan bersama bahan pelengkap.

Rawon daging sapi khas Surabaya buatan Anda telah siap untuk dinikmati bersama keluarga.
Resep rawon daging sapi khas Surabaya yang enak ini sudah siap untuk disajikan, jadi tunggu apa lagi segera siapkan bahan-bahan dan masak sekarang juga.

Baca Juga : Resep Rawon Bumbu Bamboe

Tinggalkan Balasan