Biaya Ganti Backlight TV LED
Besaran Biaya Ganti Backlight TV LED

Biaya Ganti Backlight TV LED dan Penyebab Kerusakannya

Biaya ganti backlight TV LED banyak dicari oleh orang-orang beberapa waktu belakangan ini. TV Led sendiri merupakan salah satu perangkat elektronik yang umum dimiliki oleh masyarakat. Salah satu komponen terpenting pada TV LED adalah backlight.

Sebenarnya komponen satu ini tidak harus selalu diganti. Jika kerusakannya tidak parah, proses perbaikan masih bisa dilakukan. Tentu saja perbaikannya harus dilakukan oleh mereka yang sudah ahli. Jika tidak kerusakan malah merembet ke komponen saja yang ada pada TV LED.

Baca Juga : Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Penyebab Kerusakan dan Biaya Ganti Backlight TV LED

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya kerusakan pada backlight TV LED. Penting sekali untuk memahami beberapa penyebab ini agar Anda bisa menghindarinya sejak awal.

Sejauh ini hanya ada dua hal yang menjadi pemicu utama kerusakan pada komponen backlight. Di antaranya adalah.

  1. Tegangan TV yang dialirkan pada komponen LED tidak sesuai dengan kebutuhan.
  2. Rangkaian Seri yang mendukung kinerja backlight mengalami kerusakan.
  3. Komponen mengalami kerusakan akibat usia pemakaian atau benturan.

Simak Juga : Membuat Alat Tes Backlight TV LED

Tingkat keparahan dari dua penyebab di atas tentu berbeda antara TV yang satu dengan lainnya. Jika kerusakan tidak parah, proses servis masih bisa dilakukan. Tapi jika kerusakannya sudah parah, maka penggantian komponen menjadi sebuah keharusan.

Untuk biaya penggantian backlight pada TV LED sendiri terbilang sangat variatif. Sudah tentu ada beberapa poin penting yang sangat berpengaruh terhadap estimasi biaya ini. Namun untuk biaya yang dibebankan oleh teknisi umumnya berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000.

Angka tersebut sudah termasuk biaya penggantian komponen backlight TV LED masing-masing. Sedangkan untuk biaya perbaikan umumnya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Untuk opsi perbaikan ini biasanya kerusakan hanya terjadi pada beberapa lampu LED saja.

Baca Juga : Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED

Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi estimasi biaya perbaikan backlight TV LED. Diantaranya adalah hal-hal sebagai berikut :

  1. Merk tv yang mengalami kerusakan
  2. Tingkat kerusakan yang dialami oleh komponen backlight
  3. Merk komponen yang harus dibeli
  4. Layanan jasa teknisi yang dipilih.

Agar Anda mendapatkan layanan terbaik, pastikan untuk memilih teknisi yang berpengalaman. Jangan lupa untuk melakukan negosiasi sejak awal agar mendapatkan harga termurah dalam proses perbaikan backlight TV LED. (Alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan