Membuat Alat Tes Backlight TV LED
Tutorial Cara Membuat Alat Tes Backlight TV LED

Membuat Alat Tes Backlight TV LED Sederhana di Rumah

Alkisahnews.com Membuat alat tes backlight TV LED tidak membutuhkan komponen yang mahal. Terlebih lagi, Anda juga bisa membuatnya di rumah masing-masing. Perangkat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Tapi tentu saja Anda harus membeli beberapa komponennya terlebih dahulu di toko elektronik terdekat.

Alat tes backlight ini memudahkan Anda ketika sedang memperbaiki TV LED. Penggunaan alat tersebut memungkinkan seorang teknisi untuk mengecek LED satu persatu ataupun sebaris penuh. Jadi pengecekan bisa dilakukan secara menyeluruh tanpa merusak Led itu sendiri.

Bagaimana Membuat Alat Tes Backlight TV LED?

Proses pembuatan alat tes backlight TV LED ini sendiri tidak akan memakan waktu lama. Namun diperlukan ketelitian agar rangkaiannya benar-benar berfungsi. Jika Anda berencana untuk membuat perangkat tersebut, di sini kami sudah menyiapkan panduannya.

Baca Juga : Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED

1. Komponen

Ketika Anda hendak membuat alat tes satu ini, sudah tentu ada beberapa komponen alat tes backlight TV LED yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tapi tidak usah khawatir karena perangkat tersebut juga bisa Anda temukan dengan mudah di toko elektronik terdekat. Berikut ini list komponen yang harus dibeli :

  1. 1.Trafo 500mA (2 buah)
  2. 2.Dioda Bridge (1 buah)

Untuk membeli dua perangkat tersebut, Anda harus merogoh kocek sekitar 100 hingga 200 ribuan. Ini sangat bergantung pada toko yang dipilih dan merk komponen tersebut. Sangat kami rekomendasikan untuk membeli komponen baru. Jangan membeli yang bekas. Nanti perangkatnya bisa cepat rusak.

Simak Juga : Biaya Service Backlight TV LED

2. Cara membuat

Untuk membuat alat periksa backlight ini, tentu saja ada cara membuat alat periksa backlight TV LED yang harus diikuti. Untuk rangkaiannya sendiri, kita hanya perlu mensejajarkan dua buah trafo yang sudah disiapkan di atas. Lalu dioda dipasang di output atau keluaran agar tegangan yang keluar sesuai dengan kebutuhan.

Agar hasilnya jauh lebih maksimal, kita juga bisa menambahkan Volt meter pada bagian outputnya. Sedangkan untuk memfilter tegangan yang keluar, cukup menambahkan elco setelah volt meter. Jadi perangkat yang dibuat akan terlihat jauh lebih profesional.

Jika Anda tidak memiliki pemahaman terkait dunia elektronika, penjelasan di atas pasti akan terdengar sangat membingungkan. Untuk mengatasinya, sebaiknya meminta bantuan dari teknisi yang sudah ahli agar perangkat bisa bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan