Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED
Tutorial Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED

Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED Semua Tipe

Alkisahnews.com – Cara menurunkan tegangan backlight TV LED sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Ada beberapa part yang harus dibongkar pasang ketika tegangan ini hendak diturunkan. Terkecuali jika Anda menggunakan rangkaian yang sudah dilengkapi dengan fitur auto voltage.

Fitur tersebut memungkinkan tegangan untuk naik dan turun secara otomatis. Jika Anda belum memilikinya, tenang saja karena ternyata ada cara khusus untuk menurunkan tegangan pada rangkaian backlight dengan sangat mudah.

Baca Juga : Skema Rangkaian Backlight TV LED

Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED Mudah

Untuk menurunkan tegangan backlight pada TV LED, hal pertama yang harus dipahami adalah kebutuhan backlight itu sendiri. Umumnya, tegangan backlight ini hanya mencapai sekitar 63V saja. Angka ini kita dapatkan dari 3 batang x 7 led perbatang x 3v = 63v.

Ketika Anda menggunakan tegangan yang lebih besar misalnya 80 volt, maka tegangan tersebut bisa membuat lampu LED menjadi putus.Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, ada beberapa tindakan yang bisa diambil. Di antaranya adalah :

1. Perhatikan Inverter

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah komponen inverter pada rangkaian backlight itu sendiri. Di dalam inverter ini umumnya terdapat 4 baris resistor kutu yang mengarah pada fet. Penggantian komponen inverter bisa membuat tegangan menjadi turun.

Jika Anda pandai memodifikasi inverter tersebut, penggantian juga bisa dilakukan terhadap resistor kutu yang ada pada rangkaian di dalamnya. Namun pastikan untuk melakukan penggantian dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada komponen inverter ini.

Simak Juga : Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 Inch

2. Buka Resistor

Langkah lain yang bisa diambil adalah dengan membuka komponen resistor pada rangkaian. Maksimal jumlah resistor yang bisa dibuka adalah 3 buah. Namun jangan membukanya sekaligus. Anda bisa membuka resistor satu persatu dan melakukan pengecekan setiap kali pembukaan dilakukan.

Setelahnya bisa langsung dilakukan pengukuran. Apakah tegangannya sudah turun atau belum. Kalau tegangan memang belum turun dengan signifikan, Anda bisa membuka resistor lain yang tersemat pada rangkaian tersebut. Jadi pembukaan harus dilakukan dengan bertahap.

Dua cara yang sudah kami jelaskan di atas memberikan dampak yang sangat ampuh terhadap penurunan voltase rangkaian. Namun pastikan untuk mengikuti panduannya secara sistematis agar rangkaian tetap bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga : Harga Backlight TV LED

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan