Skema Rangkaian Backlight TV LED
Skema Rangkaian Backlight TV LED

3 Skema Rangkaian Backlight TV LED yang Mudah Dibuat

Alkisahnews.com – Skema rangkaian backlight TV LED memudahkan kita dalam melakukan pengecekan dan perbaikan TV LED . Umumnya seorang teknisi memiliki rangkaiannya masing-masing. Dengan memiliki rangkaian seperti ini, analisis terhadap kerusakan terhadap televisi bisa jauh lebih detail dan akurat.

Kepemilikan rangkaian yang bagus memudahkan kita untuk mengetahui permasalahan apa yang terhadap sebuah TV LED . Misalnya untuk melihat kerusakan pada inverter, backlight yang putus, dan berbagai jenis masalah lain yang biasa muncul pada televisi.

Baca Juga : Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 Inch

3 Skema Rangkaian Backlight TV LED

Pada kesempatan kali ini kami sudah menyiapkan beberapa jenis rangkaian backlight TV LED yang sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini :

1. Rangkaian tes lampu LED TV menggunakan 2 trafo

Rangkaian pertama menggunakan empat buah dioda 1N4007 dan dua buah trafo. Jika Anda tidak memiliki 1N4007, bisa menggantinya dengan jenis dioda bridge. Untuk hasil yang lebih maksimal, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan trafo ct. Tapi trafo non ct juga masih bisa digunakan.

Skema rangkaian inverter backlight TV LED ini memungkinkan kita untuk menyalakan satu atau beberapa lampu LED sekaligus.Cara kerjanya juga sangat efektif karena sudah dilengkapi dengan fitur auto voltage. Jadi tegangan akan mengikuti jumlah LED yang dimasukkan.

Simak Juga : Harga Backlight TV LED

2. Rangkaian alat tes lampu LED “minimalis”

Selain rekomendasi skema rangkaian backlight TV LED rakitan di atas, ada juga rangkaian lain yang bisa dicoba. Kita bisa menyebutnya sebagai rangkaian minimalis. Rangkaian satu ini menggunakan sedikit komponen. Jadi biayanya juga sangat terjangkau. Meskipun begitu, rangkaian minimalis ini juga sudah dilengkapi dengan fitur auto voltage.

3. Rangkaian alat tes lampu LED JT

Rekomendasi rangkaian lain yang bisa dipilih adalah rangkaian JT. JT Sendiri merupakan singkatan dari joule thieft. Tidak sedikit teknisi yang menggunakan rangkaian tersebut. Jika dibandingkan dengan dua pilihan di atas, fitur pada rangkaian ini jauh lebih lengkap karena memiliki auto test backlight dan auto voltage.

Ketika Anda hendak merancang rangkaian di atas, pastikan untuk mengikuti panduan pembuatannya secara detail. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dan perangkat yang dibuat bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga : Penyebab Backlight TV LED Mati

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan