Konversi Mata Uang Hongkong ke Rupiah

Konversi Mata Uang Hongkong ke Rupiah dengan Cara Sederhana

Alkisah News Konversi mata uang Hongkong ke Rupiah kini bernilai di bawah 2 ribu rupiah saja. Ini tentu menjadi perhatian khusus terutama bagi Anda yang berencana pergi ke Hongkong. Hal ini mengingat cukup sulit untuk menukarkan Rupiah (IDR) dengan Dolar Hong Kong (HKD) di sana.

Untuk membantu situasi seperti itu, kami telah mencantumkan beberapa informasi terperinci tentang mata uang Dolar Hong Kong. Daftar berikut ini bisa jadi tambahan referensi bagi Anda yang sedang berusaha mencari informasi.

Konversi dari Mata Uang Hongkong ke Rupiah

Dolar Hong Kong (HKD) adalah mata uang resmi Hongkong yang dibagi lagi menjadi 100 sen. Kode mata uang HKD membawa simbol “HK”. HKD juga dapat diterima di kota tetangga Cina, Makau, yang digunakan bersama Pataca Makau.

Mata uang ini juga dibagi jadi dua jenis lagi, yakni uang kertas dan koin, kurang lebih sama seperti mata uang lainnya. Anda bisa menukarkannya dengan rupiah atau dari rupiah ke HKD. Fleksibel, bergantung kebutuhan Anda.

1. Uang Kertas

Uang kertas Dolar Hong Kong (HKD) dikeluarkan oleh Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA), yang merupakan dewan mata uang pemerintah Hong Kong. Mata uang kertas Hong Kong saat ini diproduksi oleh tiga bank komersial kota; HSBC Bank, Bank of China dan Standard Chartered.

Ada beberapa seri uang kertas yang dikeluarkan oleh bank-bank ini, yang mana gambar pada uang kertas hampir selalu berbeda. Seri 2018 memiliki gambar yang sama kecuali HKD 100 pada umumnya.

Misalnya, uang kertas HKD 20 menampilkan Budaya Teh pada uang kertas ketiga bank. Uang kertas HKD 50 menampilkan gambar Kupu-Kupu dan Bunga. Uang kertas HKD 100 menampilkan Opera Kanton dan uang kertas HKD 500 menampilkan Kolom Batu Heksagonal.

2. Koin

Saat ini uang logam 10 sen, 20 sen, 50 sen, HKD 1, HKD 2, HKD 5, HKD 10 diterbitkan dan diedarkan oleh pemerintah daerah. Setiap koin berisi bunga bauhinia standar, yang juga dikenal sebagai Anggrek Hong Kong.

Di bawahnya tertulis kata ‘Hong Kong’ dalam bahasa Cina dan Inggris. Bagian sebaliknya menampilkan denominasi dalam karakter Cina dan Inggris dengan angka Arab besar dan tahun penerbitan di bawahnya.

Baca Juga : Konversi Mata Uang Thailand ke Rupiah

Nilai Tukar Mata Uang Hongkong

Bagaimaa cara menghitung mata uang HKD ke rupiah? Satu Dolar Hong Kong (HKD) sama dengan 9,16 Rupee India (INR). Namun, sesuai dengan ekonomi negara, rasio pertukaran mata uang Hongkong dapat bervariasi. Dengan rupiah (IDR), kurensinya setara dengan 1.982 rupiah.

Sementara itu, untuk nilai dari 1 Dolar AS (USD) sama dengan 7,79 Dolar Hong Kong (HKD). Namun, rasio pertukaran dapat berubah tergantung pada permintaan dan penawaran mata uang.

Dulunya, dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, Dolar Perak digunakan untuk menukar mata uang Dolar Hong Kong. Kemudian, hingga akhir abad ke-20, Sistem Penukaran Sterling digunakan untuk menukar HKD, di mana 1 Sterling sama dengan HKD 16 (Perkiraan).

Namun, sejak tahun 1972, kurs tetap Dolar AS dipungut untuk pertukaran mata uang. Saat ini, Sistem Nilai Tukar Tertaut sedang digunakan untuk mengonversi nilai mata uang Hongkong ke dan dari mata uang asing.

Saat ini, banyak hal sudah berubah dan berkembang. Orang yang ingin menggunakan Kartu Debit saat bepergian di Hong Kong dapat menggunakannya di berbagai toko dan Mesin ATM di bank lokal Hong Kong.

Mereka yang memiliki kartu kredit perusahaan seperti Visa, Maestro, Plus, Cirrus dan MasterCard dapat menggunakannya dengan mudah secara langsung. Namun, kartu tersebut mesti memenuhi syarat yang berlaku untuk transaksi internasional/luar negeri.

Nah, itu tadi informasi penukaran mata uang Hongkong ke rupiah. Semoga bermanfaat.

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan