6 Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

TV LED Hilang Gambar – Apa penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya? Jika Anda mendapati masalah ini, maka TV LED Anda sedang dalam masalah serius. Dikatakan demikian karena beberapa faktor penyebabnya terjadi kerusakan pada perangkat dalam.

Meski demikian, tidak perlu buru-buru mencari TV baru karena dalam beberapa kondisi masih bisa diperbaiki dengan cara mencari tahu dulu penyebabnya.

Ini Dia 6 Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Direkomendasikan menggunakan tenaga teknisi ahli. Namun, tidak ada salahnya bukan mengetahui apa saja penyebab TV LED ada suara tidak ada gambar yang mungkin berikut ini:

1. Lampu LED Backlight Mati

Penyebab pertama TV LED tidak ada gambar adalah matinya lampu LED backlight. Bagian ini termasuk bagian penting lantaran lampu backlight berada di belakang lapisan panel LED. Adapun rangkaiannya dibuat seri, sehingga jika lampu backlight mati semua lampu ikut mati dan tampilan layar TV menjadi gelap.

Untuk mengeceknya diperlukan pembongkaran TV LED guna mengetahui kondisi lampu normal atau tidak. Jika memang lampu LED backlight mati perlu diganti dengan yang baru.

Baca Juga : Penyebab Backlight TV LED Mati

2. Kabel Rusak

Kemungkinan penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya kedua adalah kabel rusak. Kabel yang dimaksud khususnya kabel warna kuning penghubung TV ke sumber sinyal eksteral seperti kotak kabel, pemutar DVD, atau lainnya. Untuk kerusakan ini bisa diatasi dengan memeriksa ada tidaknya kabel yang longgar. Jika memang bermasalah dengan kabel bisa langsung ganti kabel dengan yang baru.

Jika TV LED Anda tidak terhubung dengan sumber eksternal, maka kerusakan kabel bisa terjadi di bagian dalam. Pada kondisi ini perangkat TV harus dibongkar secara hati-hati.

3. Modul T-Con Rusak

Hilangnya gambar pada TV LED juga bisa disebabkan karena modul T-Con yang rusak. Perangkat ini berfungsi sebagai penyalur tegangan pada panel LED, jika rusak dapat menyebabkan gambar hilang tapi suara masih ada. Adapun kerusakan modul T-Con bisa disebabkan karena durasi penggunaan TV yang terlalu lama. Bila kerusakan modul T-Con tidak cepat dibenahi dapat menjadi biang kerusakan perangkat yang lain seperti fuse, IC utama, atau transistor.

Simak Juga : Perbedaan TV LED dan LCD

4. Kerusakan IC Gamma AS-15

Perangkat IC Gamma AS-15 ditempatkan di dekan modul T-Con. Adanya kerusakan pada perangkat ini dapat menyebabkan tampilan gambar pada layar menjadi blur, tidak fokus, atau parahnya gambar tidak muncul sama sekali. Jika sudah terjadi kerusakan mau tidak mau harus diganti dengan IC yang baru.

5. Layar TV Rusak

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya bisa juga karena layar TV rusak. Ada banyak faktor yang dapat membuat layar TV rusak seperti adanya lonjakan listrik, suhu esktrem, dan lainnya. Untuk kerusakan layar ini masih bisa diperbaiki hanya saja dari segi biaya service relatif cukup pricey.

6. Pengaturan TV Berubah

Penyebab lain yang sepele tapi dapat menyebabkan hilangnya gambar yakni pengaturan TV yang berubah. Kondisi ini mungkin terjadi misal tanpa sengaja remote tertekan atau sengaja dimainkan anak-anak dan membuat pengaturan berubah. Dalam hal ini yang harus Anda lakukan adalah mengecek pengaturan dan pastikan jika semua diatur dengan benar. Bila memang tidak ada tampilan sama sekali artinya Anda perlu memanggil teknisi ahli.

Kini tentu Anda lebih tahu tentang apa saja penyebab TV LED tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Jika kerusakan skala kecil seperti rusaknya kabel mungkin bisa Anda benahi sendiri. Akan tetapi, untuk faktor kerusakan besar sebaiknya menggunakan jasa teknisi ahli agar mendapat solusi secara tepat dan cepat.

Baca Juga : Kabel HDMI Dari HP Ke TV LED

Tinggalkan Balasan