5 Perbedaan TV LED dan LCD Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Sudahkah Anda mendengar istilah TV LED dengan TV LCD? Seiring dengan berkembangnya zaman, kualitas TV diketahui semakin maju. Itu sebabnya penting bagi Anda mengupdate perkembangan perihal kemajuan teknologi yang bersangkutan dengan televisi satu ini termasuk mengetahui perbedaan TV LED dan LCD. Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaannya, simak pembahasannya di bawah ini.

Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk menemukan TV paling cocok sesuai kebutuhan. Nah, untuk perbedaan TV LED dan LCD sendiri bisa dilihat dari tinjauan beberapa hal sebagai berikut.

1. Konsumsi Daya Listrik

Hal pertama yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan adalah dalam hal konsumsi daya listrik. Jika Anda perhatikan sekilas, tentu Anda akan menganggap bahwa kedua TV ini hanya membutuhkan daya listrik yang lumayan rendah. Terlebih jika dibandingkan dengan TV jenis tabung.

Kerendahan daya listrik disebabkan adanya material liquid display yang diterapkan pada LCD dan light emitting diode yang digunakan pada LED. Bahan tersebut diketahui sangat ramah lingkungan dan cukup bisa untuk menghemat konsumsi daya listrik.

Meskipun sama-sama hemat, tetap saja kedua jenis TV yakni jenis LED dan LCD memiliki perbedaan. TV LCD membutuhkan daya listrik kurang lebih 100 watt. Sementara, untuk jenis TV LED hanya membutuhkan daya 30-50 watt saja.

Baca Juga : Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

2. Daya Tahan

Perbedaan TV LED dan LCD selanjutnya bisa dilihat dari segi daya tahan. TV LED memiliki kinerja yang lebih aktif dan dianggap jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan TV LCD. Hal tersebut karena adanya dukungan dari back lighting technology yang diterapkan pada TV LED sehingga bisa lebih awet dan hemat listrik.

Kondisi hemat listrik juga akan membuat TV tidak mudah panas sehingga keawetan TV yang Anda cari bisa didapatkan ketika membeli TV satu ini.

3. Ketebalan Layar

Selain dua hal di atas, perbedaan selanjutnya juga bisa dilihat dari ketebalan layar dari masing-masing jenis TV. Yakni jenis TV LED dan TV LCD.

Jika Anda perhatikan dari arah depan, mungkin tidak begitu terlihat perbedaannya. Akan tetapi, jika Anda mengangkatnya, maka akan terlihat perbedaan keduanya sebab akan terasa mana yang lebih ringan.

Bagi Anda yang belum tahu, layar TV LED lebih tipis sebab dirancang menggunakan bahan utama dari cairan. Sehingga jika Anda sedang mencari TV yang mudah dipindah kemana saja sebab lebih ringan dengan ketebalan layar lebih tipis, maka bisa memilih membeli TV LED.

Simak Juga : Frekuensi K Vision Ku Band

4. Teknologi Pendukung

Teknologi pendukung antara TV LED dengan TV LCD juga memiliki perbedaan. Penyinaran TV LED memanfaatkan light emitting diode sesuai dengan namanya. Sementara, untuk LCD sendiri memanfaatkan teknologi cold cathode fluorescent lamps atau yang dikenal sebagai CCFL.

Kedua teknologi ini berguna untuk menyetel ketajaman jutaan warna yang berasal dari backlight. Itu sebabnya keduanya memiliki keunggulan berupa mampu memproduksi gambar dengan lebih jernih dan nyata. Hanya saja, backlight oleh TV LED diketahui lebih tahan lama.

5. Harga

Mengingat LED memiliki beberapa keunggulan yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan TV LCD, maka akan ketahuan bahwa dari segi harga, TVLED memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan TV LCD.

TV LED umumnya memiliki harga 3 jutaan. Sementara, TV LCD bisa Anda beli hanya dengan 1,5 sampai 2 jutaan saja.

Itulah perbedaan TV LED dan LCD yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Kode Remot TV Polytron