Sholat Dhuha : Pengertian, Keutamaan, Niat, Doa, dan Tata Cara

Tidak hanya melakukan ibadah dengan menjalankan sholat wajib 5 waktu, kaum muslim juga dianjurkan untuk melakukan ibadah sunah. Salah satunya yakni dengan mendirikan sholat Dhuha yang menjadi ibadah tambahan dan bernilai pahala di dalamnya.

Bahkan dalam hal ini, shalat sunah Duha merupakan sholat sunah yang diyakini dapat memudahkan rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya. Rata – rata, banyak sekali umat muslim menjalankan sholat sunah ini lantaran memiliki hajat untuk dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lengkap seputar sholat sunah Dhuha, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Sholat Dhuha

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa shalat Duha merupakan salah satu sholat sunah yang dilaksanakan pada waktu dhuna (pagi hari) ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya sampai dengan menjelang dzuhur. Sholat sunah ini dikarakan baik dilaksanakan pada awal waktu maupun akhir waktu dengan pelaksanaannya yang tidak jauh berbeda dengan sholat fardhu pada umumnya dan dilakukan minimal dua rakaat.

Dikatakan dalam hal ini, bahwa sholat sunah Dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan lantaran memiliki banyak sekali manfaat penting dalam kehidupan sehari – hari. Seperti misalnya yakni dapat terhindar dari segala keburukan, mempermudah datangnya rezeki dari Allah SWT sampai dengan mempermudah bertemunya jodoh.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha

Melaksanakan shalat sunah Duha sendiri umumnya memiliki sejumlah manfaat dan keutamaan bagi orang yang menjalankannya. Adapun beberapa manfaat dan keutamaan sholat sunah Dhuha antara lain sebagai berikut.

1. Akan diampuni segala dosa – dosanya

Salah satu manfaat dan keutamaan dari shalat sunah Duha yakni akan diampuni segala dosa – dosanya. Hal ini seperti yang terlihat dari sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, bahwa barang siapa yang membiasakan diri untuk melaksanakan sholat sunah Dhuha, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.

2. Dapat dijadikan sebagai sedekah

Melaksanakan shalat sunah Duha juga memberikan manfaat yakni sebagai pahala sedekah. Ini dikarenakan berdasarkan sabda dari Rasulullah SAW, barang siapa yang mengerjakan sholat sunah Dhuha maka dianggap sudah bersedekah atas seluruh anggota tubuhnya.

3. Dapat terhindar dari keburukan

Banyaknya orang yang membiasakan diri melaksanakan sholat sunah Dhuha yakni karena dipercaya dapat terhindar dari keburukan. Bahkan jika Anda melakukan dosa, maka Anda akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang sebelum melakukan sesuatu yang berdampak buruk dan merugikan diri sendiri.

4. Tidak dianggap lalai

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa mengerjakan shalat sunah Duha ternyata juga dinilai sebagai orang yang tidak lalai. Oleh karena itulah, Anda bisa melaksanakan sholat sunah Dhuha ini agar terhindar dari sifat yang lengah dan lalai.

5. Memiliki istana surga

Menurut sebuah hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, bagi orang – orang yang melaksanakan solat sunah Duha secara rutin, maka hal ini akan mendapatkan istana megah di surga kelak. Sehingga Anda yang menginginkan hal ini, maka bisa membiasakan diri untuk mengerjakan sholat sunah Dhuha.

6. Menyehatkan organ jantung dan ginjal

Manfaat lain dari shalat sunah Duha sendiri yakni dipercaya dapat enyehatkan organ jantung dan ginjal. Bahkan ketika Anda melaksanakan sholat sunah Dhuha di waktu menjelang dzuhur, maka bisa mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. Ini dikarenakan, situasi bumi yang berangsur panas pada siang hari biasanya dapat mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaan.

7. Mempermudah bertemunya jodoh

Adapun manfaat lain dari sholat sunah Dhuha yakni dapat mempermudah bertemunya jodoh. Dan hal ini memang benar adanya lantaran sudah tertera dalam Al Qur’an surah Al-Isra ayat 78 yang menjelaskan bahwa waktu shalat sunah Duha merupakan jam yang paling ijabah untuk memanjatkan doa.

Niat Sholat Dhuha

Perlu Anda ketahui, bahwa mengucapkan niat sholat Dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali. Kegunaan dari mengucap niat shalat sunah Duha yakni untuk mengingatkan hati sehingga lebih mantap dan khusyu’ dalam menjalankan sholatnya.

Adapun membaca niat sholat sunah Dhuha merupakan tata cara melaksanakan sholat sunah 4 rakaat. Bagi Anda yang penasaran mengenai bacaan niat shalat sunah Duha, maka bisa menyimak bacaannya di bawah ini.

Usholli sunnatadh dhuhaa rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku berniat shalat sunah Duha dua rakaat dengan menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Waktu dan Batas Waktu Sholat Dhuha

Agar Anda lebih paham dalam melaksanakan sholat sunah Dhuha, maka perlu tahu mengenai waktu dan batas waktu sholat sunah ini. Pada dasarnya, waktu shalat sunah Duha dibagi menjadi dua bagian yakni sebagai berikut :

1. Awal waktu sholat sunah Dhuha

Mengenai awal waktu melaksanakan shalat sunah Duha sendiri yakni dimulai sekitar 20 menit setelah matahari terbit. Yang mana, hal ini sesuai dengan hadits riwayat Muslim.

2. Batas akhir shalat sunah Duha

Sementara itu, untuk batas akhir shalat sunah Duha sendiri yakni 15 menit sebelum masuk waktu sholat dhuzur. Meski demikian, untuk waktu terbaik mengerjakan sholat sunah Dhuha yakni di waktu akhir atau seperempat siang, yakni dalam keadaan semakin panas.

Tata Cara Sholat Dhuha

Setelah tadi kita mengulas seputar niat sholat sunah Dhuha, maka bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat sunah ini penting untuk mengetahui tata cara melaksanakannya. Adapun tata cara yang dianjurkan dalam melaksanakan shalat sunah Duha yakni sebagai berikut :

  1. Membaca niat shlat sunah Duha
  2. Melakukan gerakan takbirotul ihram dengan cara mengangkat kedua tangan
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca bacaan surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat pendek Ad-Dhuha
  6. Melakukan rukuk
  7. Melakukan i’tidal
  8. Melakukan sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Kembali melakukan sujud
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan shalat sunah Dhha rakaat kedua
  12. Membaca surat Al-Fatihah
  13. Membaca surat As-Syams
  14. Melakukan rukuk
  15. Melakukan i’tidal
  16. Melakukan sujud
  17. Duduk di antara dua sujud
  18. Kembali melakukan sujud
  19. Tasyahud akhir
  20. Melakukan salam
  21. Membaca doa sholat sunah Dhuha

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Pada saat mengerjakan sholat sunah Dhuha, maka seseorang dianjurkan untuk membaca dzikir dan doa setelah shlat sunah Duha sebagai berikut :

1. Dzikir sholat sunah Dhuha

Untuk bacaan dzikir sholat sunah Dhuha yakni cukup membaca bacaan seperti berikut :

  • Bacaan istigfar 33 kali
  • Surat Al-Ikhlas 3 kali
  • Surat Al-Falaq 3 kali
  • Surat An-Naas 3 kali
  • Bacaan tasbih 33 kali
  • Bacaan tahmid 33 kali
  • Bacaan takbir 33 kali
  • Bacaan tahlil

2. Doa setelah sholat sunah Dhuha

Adapun untuk bacaan doa shalat sunah Duha yakni sebagai berikut :

Allhumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaluka, wal quwwata quwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allhuma inkaana rizqii fissamma-i faanzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayasirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya waktu Duha adalah waktu Duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkannya, apabila berada di dalam bumi maka keluarkannya, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran Duha-Mu, keagugan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, berikalanlah kepadaku yang Engkau berikan kepada hamba – hambamu yang shalih.
Demikianlah informasi lengkap yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar shalat Duha. (SA – www.alkisahnews.com)