Urutan Versi Android yang Diakuisisi Dari Awal Sampai Saat Ini

Alkisahnews.com Urutan versi android dari awal sampai saat ini, sistem operasi ini pertama kali beroperasi pada tahun 2003 kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Sistem operasi untuk perangkat mobile ini sangat populer.

Menurut statcounter, pasar android di seluruh dunia mencapai 72 persen sedangkan pesaingnya yaitu iOS hanya 27 persen saja. faktor yang membuat android cukup populer karena sumber kodenya adalah open source.

Sejak diakuisisi oleh Google, Android dan Google menjadi anak perusahaan yang terus mengembangkan sistem operasi ini hingga saat ini. setiap versi terbaru google akan memberikan nama-nama yang menarik, berikut ini urutan versi dari awal hingga saat ini.

Lengkap Urutan Versi Android dari Awal hingga Saat Ini

Dari awal hingga saat ini versi android masih terus dikembangkan, dari hal ini kita bisa melihat proses menjadi penting hingga sampai secanggih sekarang. Berikut ini nama versi android dari awal hingga saat ini dari Google.

1. Android 1.0 Alpha dan Android 1.1 Beta

Generasi pertama ini dirilis pada September tahun 2008, tetapi pada versi pertama ini belum ditujukan untuk kebutuhan komersil. Fiturnya adalah web browser, streaming YouTube, pemutar media, hingga aplikasi google lainnya.

Pada Februari 2009 dirilis versi terbaru yang berbeda dengan Alpha. Tetapi walaupun begitu, Beta masih belum dirilis secara komersial dan hanya diperuntukan untuk satu perangkat saja. Itulah sejarahnya.

2. Android 1.5 Cupcake dan 1.6 Donut

Sama-sama dirilis pada 2009, untuk 1.5 cupcake dirilis dan barulah diperkenalkan secara komersial. Versi ini adalah pertama kalinya google menamai versi android dengan makanan manis atau dessert yang menjadi ciri khasnya.

Beberapa fitur yang ditambahkan antara lain, keyboard virtual, rotasi layar otomatis hingga widget. Sedangkan pada pada versi donut memiliki fitur tambahan seperti pencarian di android market atau yang saat ini dikenal sebagai Play Store dan lainnya.

3. Android 2.0 Eclair, 2.2 Froyo, 2.3 Gingerbread

Eclair dirilis pada bulan Oktober 2009, fitur tambahan seperti live wallpaper, perubahan tampilan antarmuka, multi touch hingga mendukung browser untuk HTML5. Froyo. Pada 2.2 ini sudah mulai dikenal oleh vendor atau pabrikan ponsel dan mulai banyak dipakai.

Fitur unggulan yang dimiliki Froyo adalah dapat memperbesar gambar pada galer, peningkatan fitur USB Tathering hingga hotspot wifi. Untuk versi gingerbread menjadi awal kerja sama antara sistem operasi ini dengan Samsung Galaxy Series membuat kepopulerannya semakin meningkat.

4. Android 3.0 Honeycombo

Dirilis pada tanggai 22 february 2022, versi ini dibuat khusus untuk tablet PC dan dikenal dengan beberapa fitur untuk komputasi bisnis. Seperti obrolan video, google talk dan multitasking recent apps.

5. Android 4.0 Ice Cream, 4.1 Jelly Bean, 4.4 Kitkat

19 oktober 2011 kembali diluncurkan versi terbarunya 4.0 ice cream. Fitur yang diunggulkan pada honeycomb pada ice cream mulai bisa dipakai selain itu ada fitur lainya seperti kostumisasi widget.

Tahun 2012, Jelly Bean dirilis dengan peningkatan performa tampilan antarmuka yang terbaru. Fitur lainnya juga ditambahkan seperti dukungan gestur, keyboard yang bisa dikostumisasi, user interface lebih smooth, serta dukungan tampilan nirkabel.

Selanjutnya kitkat yang dirilis tanggal 31 oktober 2013, tambahan fitur yang banyak dan lebih baik dari versi sebelumnya. Seperti pengoptimalan kinerja, webviews chromium, dan sensor batching.

6. Android 5.0 Lollipop

Versi ini dirilis pada tahun 2014, tidak hanya dipakai pada perangkat smartphone juga dijalankan pada android TV dan juga Google Fit. Fitur terbaru yang ada pada versi ini adalah desain tampilan baru material design dan fitur factory reset protection.

7. Android 6.0 Marshmallow dan 7.0 Nougat

Selanjutnya fitur ini diperkenalkan pada tanggal 5 Mei 2015, menandai untuk pertama kali mendukung sensor sidik jari pada smartphone. Untuk 7.0 Dirilis pada tahun 2016, Nougat tidak berbeda jauh dari sebelumnya dengan tetap mempertahankan fitur multi window.

8. Android 8.0 Oreo dan 9.0 Pie

Selanjutnya Oreo yang dirilis pada tahun 2017, user interface cukup simpel dan memudahkan penggunanya dalam mengakses aplikasi. Selanjutnya 9.0 Pie dirilis pada tahun 2018 keunggulannya mendukung kemampuan AI atau kecerdasan buatan.

9. New Era

Selanjutnya, sejak dirilisnya versi android 10 pemakaian nama makanan sudah tidak lagi digunakan. salah satu alasannya untuk memperingati android yang sudah berumur satu dekade atau 10 tahun.

Pada versi 10 ini hanya berfokus pada penyempurnaan model malam dan peningkatan fitur sound amplifier. Selanjutnya merilis kembali pada tahun 2020 versi terbaru yaitu android 11. Pada urutan versi android 11 ini memiliki kelebihan performa menjadi lebih baik.

Selanjutnya saat ini sudah rilis android 12 pada tanggal 4 Oktober 2021 dan tahun ini yang terbaru sudah dirilis android 13 dengan beberapa fitur unggulan dan perbaikan bugs dari versi sebelumnya.

Hingga saat ini android masih menjadi salah satu sistem operasi populer dan banyak digunakan. apalagi dengan urutan dari versi android terbaru yang semakin diunggulkan dibandingkan operasi sistem mobile lainnya.