Konversi Mata Uang Thailand ke Rupiah, Anda Perlu Tahu

Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum tau sebenarnya berapa konversi mata uang Thailand ke rupiah. Dan bagaimana cara konversi dari mata uang Thailand ke mata uang rupiah.

Sebelum mengonversi, sebelumnya kita harus mengetahui kurs mata uang baht Thailand yang terbaru. Barulah setelah itu kita bisa mengonversinya. Tetapi sebelum itu, alangkah baiknya kita mengenal apa itu baht.

Sebab sebagian orang terkadang tidak terlalu mengenal mata uang baht Thailand ini. Di dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara terperinci, lengkap dengan bagaimana cara konversi baht ke rupiah.

Inilah Mata Uang Thailand yang Asli

Seperti kita ketahui, baht merupakan mata uang resmi negara Thailand. Penerbitan mata uang baht ini merupakan tanggung jawab dari Bank of Thailand, 1 baht dibagi menjadi 100 satang.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya, 10 baht berapa rupiah? Bagaimana cara konversinya? Sebelum membahas lebih jauh tentang itu, ada baiknya kita bahas dulu tentang baht.

Dikutip dari buku Amazing Thailand, pecahan mata uang Baht Thailand terdiri 2 jenis, sama seperti rupiah. Yakni terdiri dari uang koin (logam) dan juga uang kertas. Sama seperti rupiah, mata uang koin atau logam mayoritas mempunyai nominal kecil.

Sedangkan mata uang kertas, mayoritas memiliki nominal yang lebih besar dibanding logam atau koin. Uang kertas baht Thailand sendiri terdiri dari 5 pecahan. Yakni 20, 100, 50, 500 dan juga 1.000. Sementara mata uang koin atau logam Thailand.

Terdiri dari pecahan 2, 1, 5 dan juga 10 baht. Selain itu, mata uang baht Thailand juga terdiri dari pecahan 10, 1, 5, 25 dan 50 satang. Untuk 100 satang itu sendiri sama dengan 1 baht. Pecahan satang memang telah jarang ditemukan di dalam transaksi sehari-hari.

Berkunjung ke Thailand tidak perlu khawatir menggunakan pecahan 1000 baht. Sebab para pedagang dan juga toko-toko yang ada di sana, pasti memiliki uang kembali. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila Anda hanya membawa pecahan besar, karena pasti ada uang kembalinya.

Hitungan Mata Uang Thailand ke Rupiah

Setelah tadi kita sudah membahas banyak tentang baht Thailand. Kini kita akan membahas konversi mata uang bath Thailand ke rupiah, serta 10 baht ada berapa rupiah. Atau 500 baht berapa rupiah dan masih banyak lagi.

Bila Anda tau rumusnya, tentu akan sangat memudahkan Anda. Meskipun menghitung nilai tukar dari Baht Thailand (THB) ke rupiah (IDR). Bisa dibilang susah-susah gampang. Sebetulnya kita hanya perlu mengetahui kurs baht Thailand yang terbaru.

Dari situ kita hanya perlu mengkalikan total dari baht yang tersedia. Misalkan 1 baht = 410, 2 baht = 410 x 2 = 820 rupiah dan seterusnya. Secara rinci 1 baht sebetulnya sama dengan 410,536599 IDR. Jadi 500 baht = 500 x 410,536599 = 205.268,3 IDR.

Begitu juga bila menghitung berapa rupiah 10 baht itu? Tinggal dikalikan saja. Jadi 10 baht= 10 x 410,536599 = 4.105,3 IDR. Kita coba yang lebih besar, 2 juta baht berapa rupiah? Sama seperti sebelumnya, cukup kita kalikan 2 juta baht = 2 juta x 410,536599 = 821.655.376,80 IDR.

Jadi cukup mudah bukan? Sebenarnya ada cara yang lebih mudah, tinggal mencari saja di internet. Tinggal ketik nominal yang ingin dirupiahkan, nanti nominal mata uang baht akan berubah ke rupiah.

Misalkan Anda mencari 500 baht, tinggal ketik, nanti akan keluar hasil 205.268,3 IDR. Jadi kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara konversi mata uang baht Thailand ke mata uang rupiah. Anda bisa menghitungnya dengan cara yang telah dijelaskan tadi. (SA)

Baca Juga : Keuntungan utama ekspor adalah keuntungan dalam bentuk mata uang asing yang disebut apa?