Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Format Penulisan, Cara Menulis, dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

Melamar pekerjaan, selain melampirkan Curriculum Vitae serta portofolio, surat lamaran kerja tak boleh sampai terlupa. Surat lamaran pekerjaan biasanya berisi tentang penjelasan singkat tentang data diri, posisi yang ingin dilamar, dan juga alasan melamar posisi tersebut. Dengan melampirkan surat lamaran pekerjaan yang menarik, kesempatan Anda untuk diterima pekerjaan akan semakin besar. Berikut ini informasi tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang isinya permohonan seseorang untuk melamar suatu posisi di perusahaan. Biasanya, surat ini akan memuat identitas singkat, jabatan dilamar, dan sejumlah kalimat yang sekiranya dapat menyakinkan perusahaan untuk memilih orang tersebut di posisi yang dilamar.

Surat lamaran pekerjaan adalah salah satu berkas yang penting sekali untuk suatu tahap rekrutmen di sebuah perusahaan. Bagi HRD perusahaan akan mengetahui posisi yang calon pekerja daftarkan. Surat lamaran pekerjaan yang baik juga bisa menjadi suatu kesan yang baik terlebih untuk posisi jabatan yang ada hubungannya dengan administrasi.

Surat lamaran pekerjaan berbeda dengan CV. CV adalah berkas yang membuat data informatif mengenai kehidupan seseorang mulai dari riwayat pendidikan, prestasi, kemampuan atau skill dari pemiliknya. Surat ini bisa dibaca untuk siapapun dari perusahaan mana saja karena sifatnya general. Sementara, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang bersifat lebih personal karena surat dikhususkan dari pelamar kerja untuk satu perusahaan saja.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi dan beberapa hal berikut. Silahkan disimak dengan baik.

Buat Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama memang bukanlah segalanya, tapi tetap penting di dunia kerja. Karena yang melamar pada posisi tersebut bukan hanya Anda. Kesan pertama kuat bisa menjadi senjata ampuh untuk bersaing dengan banyak kandidat lain.

Pastikan Anda membuka surat dengan berikan kesan pertama baik. Hal yang dapat Anda hindari salah satunya dengan tak salah mengetik nama perusahaan atau manajer HR yang nantinya akan periksa lamaran Anda.

Jangan Berkomentar Negatif Tentang Pekerjaan yang Sebelumnya

Jika Anda punya pengalaman kerja tak menyenangkan di tempat kerja yang sebelumnya, jangan sampai diceritakan pada surat lamaran Anda. Cukup fokus ke perusahaan yang dilamar.

Mencantumkan komentar yang negatif pada mantan perusahaan Anda hanya akan membuat Anda dilihat sebagai pekerja yang susah kerja sama.

Kontribusi yang Dapat Diberikan

Dibandingkan apa yang ingin didapatkan, sebaiknya Anda cantumkan apa yang dapat diberikan ke perusahaan. Karena Anda adalah salah satu dari banyak pelamar lainnya. Anda harus dapat menunjukkan kontribusi apa yang dapat diberikan ke tempat yang dilamar.

Perusahaan akan berikan perhatian lebih pada kandidat yang memiliki potensi memberi kontribusi dibandingkan kandidat yang hanya ingin sesuatu.

Tunjukkan Keunggulan

Ini merupakan hal wajib dimasukkan ke cover letter. Mengingat fungsi dari cover letter adalah untuk menarik perhatian perekrut supaya mau untuk baca CV dan resume Anda, maka cantumkan kemampuan-kemampuan yang membuat Anda lebih unggul dibandingkan pelamar lain. Namun, ingat untuk jujur. Jangan melebihkan tingkat kemampuan Anda dari yang sebenarnya.

Detail Tapi Tidak Berlebihan

Panjang satu paragraf pada cover letter sebaiknya 3-4 kalimat saja. Hindari meletakkan detail pengalaman kurang relevan dengan posisi yang diincar. Buat penjelasan pada surat lamaran pekerjaan yang singkat, padat, serta jelas.
Perekrut tak mempunyai waktu banyak untuk baca surat lamaran kerja. Jangan sampai kalimat Anda rumit, perekrut sampai berhenti untuk membaca di tengah surat Anda. Jangan lupa untuk perhatikan grammar jika menulis dengan Bahasa Inggris.

Format Surat Lamaran Kerja yang Baik

Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Tulis lengkap tempat dan tanggal surat lamaran pekerjaan yang dibuat. Letakkan di bagian kanan atas atau kiri surat dan jangan menyingkatnya, tanggal maupun tempat.

Tujuan Surat, Nama, serta Alamat Lengkap Perusahaan

Berikutnya, menulis tujuan surat. Cukup tulis “Yth.” Kemudian lanjutkan dengan jabatan penerima surat. Lebih baik jika Anda sudah tahu jelas siapa yang terima surat lamar kerja supaya lebih personal. Berikutnya, tulis nama serta alamat lengkap perusahaan dituju tepat pada bawah tujuan surat.

Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Pakai salam pembuka seperti “Dengan hormat” karena sifatnya universal. Setelah menulis salam pembuka, Anda bisa jelaskan langsung sumber informasi lowongan pekerjaan yang dilamar.

Data Diri

Penting untuk tulis identitas diri. Informasi penting seperti nama lengkap, alamat email, pendidikan terakhir, serta nomor HP.

Penting untuk diingat bahwasanya data diri yang tercantum dalam surat lamaran ini hanya memuat poin penting dari daftar riwayat hidup. Untuk data diri yang lebih lengkap bisa Anda buat dalam satu lampiran yang berjudul curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Untuk cara membuatnya silahkan cek di bawah.

Pengalaman Kerja dan Kelebihan Lainnya

Anda dapat menuliskan pengalaman kerja dan keterampilan yang dipunyai. Rincilah yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar supaya tingkatkan kemungkinan surat lamaran dilirik HRD.

Penutup

Penulisan salam penutup yang benar dalam pembuatan surat lamaran kerja adalah harus berisi harapan dari sang pelamar kerja akan posisi dan tempat kerja. Selain itu, bagian ini juga disertai ucapan terima kasih atas atensi dan perhatian yang diberikan oleh pembaca atau orang yang menerima surat. Setelah itu, jangan lupa untuk cantumkan nama lengkap di bawah penutup.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah satu dari beberapa dokumen yang wajib dilampirkan saat melakukan lamaran pekerjaan. Saat sekarang ini, sangat mudah untuk membuat daftar riwayat hidup karena sudah banyak template yang tersedia di internet. Anda bisa mengisi template dan mencetak sendiri atau menulis tangan dengan contoh dari template. Atau Anda bisa meniru contoh yang telah kami sediakan di bawah.

Contoh Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Bagaimana cara isi daftar riwayat hidup? Perlu Anda ketahui bahwasanya daftar riwayat hidup memuat informasi tentang data diri, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman kerja, prestasi dan penghargaan yang pernah diraih, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah contoh daftar riwayat hidup formal yang bisa dijadikan pedoman:

Identitas pribadi

  • Nama : Anies Pranowo
  • Umur : 30 tahun
  • Tempat dan tanggal lahir : Bandung, 2 Januari 1998
  • Agama : Islam
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Alamat : Jl. Asia Afrika No. 99, Bandung

Riwayat Pendidikan

Cara mengisi CV bagian riwayat pendidikan yaitu dengan mengisi tingkat pendidikan yang paling akhir. Anda tidak harus mengisi semua riwayat pendidikan mulai dari pendidikan taman kanak-kanak (TK) bilamana tidak diminta. Hal ini dinilai bertele-tele dan tidak efektif. Contohnya sebagai berikut:

Latar Belakang Pendidikan

a. Institut Teknologi Bandung (2016-2020)
Teknik Pertambangan – IPK 3,0
b. SMA Negeri 1 Bandung (2013-2016)
Ilmu Pengetahuan Alam (90,0)

Pengalaman Kerja

Bilamana Anda sudah memiliki riwayat pengalama kerja maka sebaiknya dicantumkan ke dalam Curriculum Vitae (CV) ini. Poin yang seharusnya ada dalam pengalaman kerja adalah lokasi bekerja, posisi dan jabatan tugas, serta rentang masa bekerja. Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa memasukkan pengalaman magang. Namun, bilamana tempat Anda melamar tidak menerima pengalaman kerja magang maka sebaiknya bagian ini dikosongkan saja.

Contoh:

Social Media Manager
PT Berkah Jaya Abadi (2018-2020)
– Membuat konten-konten promosi
– Mengelola postingan di akun media sosial
– Mengelola tanya jawab dengan calon konsumen dan pelanggan di media sosial

Isikan Kontak Pribadi

Data selanjutnya yang wajib ada di daftar riwayat hidup adalah kontak pribadi. Bagaimana contoh penulisannya? Silahkan disimak di bawah ini.

  • Nomor HP : 0812 3456 7890
  • Alamat email : anies_pranowo@indonesia@gmail.com
  • website : indonesia.com
  • Instagram : @anies_pranowo

Nah, contoh riwayat hidup lamaran kerja di atas ini bisa ditiru dan dimodifikasi untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, benar, dan berkualitas.

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar ?

Seiring dengan berkembangnya zaman, cara kirim surat bisa lewat email. Namun, ada pula yang tuliskan surat lamar kerja dengan memakai tangan. Nah, berikut cara membuat surat lamar kerja yang bisa diikuti.

  • Siapkan kertas folio bergaris yang rapi dan bersih. Selain itu, siapkan pena yang tintanya jelas.
  • Mulai tulis contoh surat lamar kerja yang sudah dipelajari sebelumnya. Berlatihlah lebih dulu, supaya tak salah dan tak perlu mengulanginya.
  • Jika persiapan matang, Anda bisa mulai menulis. Jangan lupa untuk mencantumkan kalimat sapaan sebelum buka isi surat.
  • Perkenalkan diri dengan singkat, lalu jelaskan latar belakang pendidikan serta referensi kerja jika ada.
  • Tulis kemampuan diri dengan singkat dan sebutkan posisi yang dilamar.
  • Tulis lampiran pada surat.
  • Jika sudah, tulis kalimat penutup yang baik serta harapan agar Anda dapat bergabung di perusahaan.
  • Tulis salam, nama lengkap, serta tanda tangan.
  • Koreksi lagi dan pastikan tak ada yang keliru. Jika Anda temukan penulisan yang keliru, sebaiknya membuat baru pada kertas lain.

Cara atau langkah menulis surat lamaran pekerjaan di atas dapat dipakai untuk menulis surat lamaran kerja lewat email atau dokumen.

Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Surat Lamaran Kerja

Terdapat sejumlah kesalahan yang kerap terjadi di surat lamaran pekerjaan sehingga membuat surat tidak lolos screening HRD. Berikut ini kesalahan-kesalahan tersebut:

  • Salah cantumkan nama perusahaan
  • Kurang perhatikan kalimat yang dipakai
  • Penulisan kurang rapi
  • Terlihat mengemis
  • Memberikan informasi secara berlebihan
  • Tidak cantumkan posisi dilamar
  • Tidak lampirkan foto
  • Tidak cantumkan posisi nomor yang dapat dihubungi
  • Mencantumkan gaji yang diinginkan
  • Tidak tahu seluk beluk dari perusahaan

Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Jakarta, 15 Januari 2023

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Yth.
HRD Manager PT Berkah Ibu Group
Jl. Ikhlas Beramal No. 11 Jakarta

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan kerja yang dimuat pada surat kabar Harian Indonesia pada tanggal 10 Januari 2023, dengan ini saya bermakud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT Berkah Ibu Group.

Adapun data diri saya adalah seperti di bawah ini:

Nama : Steffi Zamora, S.M
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 11 Januari 1992
Alamat : Jln. KH. Dewantara No. 15, Jakarta
Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Indonesia
Nomor HP : 081234567890

Saya memiliki pengalaman di posisi Staf Marketing selama 2 tahun, mempunyai keahlian Bahasa Inggris yang fasih, dan dapat bekerja secara mandiri ataupun dalam tim.

Untuk dijadikan bahan pertimbangan, saya melampirkan kelengkapan data diri di bawah ini:

  1. Curriculum Vitae
  2. Pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 buah dan 4 x 6 sebanyak 2 buah
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Ijazah paling akhir
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
  8. Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil mengikuti wawancara sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail tentang potensi dan keahlian yang saya miliki.

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu HRD Manager, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Steffi Zamora, S.M

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Jakarta, 14 Februari 2023

Hal : Lamaran Kerja

Kepada
HRD Manager PT Malang Melintang
Jl. Pegangsaan Timur No. 5, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan kerja di media sosial instagram PT Malang Melintang yang diupload pada tanggal 10 Februari 2023 dengan posisi Content Creator, dengan ini saya memiliki maksud untuk melakukan pengajuan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut. Berikut ini adalah data pribadi saya :

Nama : Lyodra Ganting, S. I. Kom
Tempat/ tanggal lahir : Medan, 21 Juni 2003
Alamat : Jln. Diponegoro No. 11, Jakarta
Pendidikan terakhir : S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
Status : Belum Menikah
Nomor HP : 081234567890
Email : lyodra_ganting@gmail.com

Saya adalah wanita yang aktif di dunia organisasi, berkemampuan dalam video editing, tulisan, riset, content video, dan juga SEO. Saya dapat bekerja baik secara mandiri ataupun dalam tim.

Di bawah ini saya berikan beberapa dokumen yag bisa dijadikan bahan pertimbangan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  3. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  6. Pas foto terbaru 3×4 sebanyak 2 lembar
  7. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini saya buat. Sangat besar harapan saya untuk diberikan kesempatan mengikuti wawancara agar bisa menjelaskan secara detail mengenai potensi yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lyodra Ganting, S. I. Kom

Itulah pembahasan mengenai surat lamaran kerja. Surat lamaran pekerjaan bisa menjadi penghantar serta pendahuluan dari lembar kisah seorang pencari kerja di suatu perusahaan. Buat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik supaya HRD perusahaan melirik Anda. Jangan lupa untuk pakai bahasa sopan. Semoga bermanfaat dan semoga cepat ada kabar baik untuk Anda! (SA – Alkisahnews.com)