Cara Membuat Surat Cerai Sendiri
Tutorial Cara Membuat Surat Cerai Sendiri

Cara Membuat Surat Cerai Sendiri Ke Pengadilan Atau Online

Cara membuat surat cerai sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Banyak yang mengira bahwa mengurus surat perceraian membutuhkan bantuan pengacara. Padahal urusan perceraian tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri.

Jika tidak punya dana untuk menyewa pengacara, Anda bisa mengurusnya secara langsung ke pengadilan. Bisa juga didaftarkan secara online. Persyaratan yang perlu disediakan juga bisa disiapkan dengan cepat.

Cara Membuat Surat Cerai Sendiri Tanpa Bantuan Pengacara

Sebagian lebih memilih untuk meminta urusan administrasi cerai diserahkan ke pengacara saja. Namun tidak semua mampu membayar bantuan hukum tersebut. Anda bisa mendaftarkan perceraian secara offline maupun online.

1. Mengurus Perceraian Langsung ke Pengadilan

Untuk yang beragama Islam, pendaftaran melalui Pengadilan Agama. Sedangkan selain Islam, gugatan dapat dilakukan di Pengadilan Negeri. Bagaimana cara mengurus surat cerai sendiri dengan mendatangi pengadilan:

a. Menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran sidang.

Kelengkapan dokumennya cukup banyak. Anda perlu memperhatikannya secara detail agar tidak ada kesalahan. Dokumen itu antara lain:

  • Surat atau buku nikah asli
  • Fotokopi buku nikah
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat keterangan yang dibuat oleh kelurahan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akta Kelahiran Anak bagi yang memiliki

b. Penggugat mendaftarkan langsung gugatannya

Setelah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, masukkan gugatan ke Pengadilan. Perlu diingat bahwa tujuannya adalah pengadilan sesuai alamat tergugat.

c. Menuliskan surat gugatan penyebab cerai

Anda bisa mendatangi bagian pusat bantuan hukum untuk membuat gugatan. Dalam surat ini akan dicantumkan alasan tuntutan yang bisa diterima. Seperti zina, kekerasan, pertengkaran yang tidak ada ujung, dan sebagainya.

d. Membayarkan Biaya Perkara oleh Penggugat

Biaya dari cara membuat surat cerai sendiri akan menjadi tanggungan penuntut. Meliputi biaya pendaftaran, materai, termasuk juga biaya panggilan sidang. Jumlah totalnya tergantung bagaimana jalannya sidang.

e. Menunggu Keputusan Pengadilan Mengenai Majelis Hakim

Pihak pendaftar biasanya akan menunggu 1 atau 2 hari setelah gugatan didaftarkan. Kemudian pihak pengadilan akan memutuskan para hakim pemimpin sidang. Jadwal sidang kemudian ditetapkan oleh majelis hakim.

f. Mengikuti beberapa kali proses sidang

Sidang pertama adalah sidang mediasi. Majelis hakim akan mengusahakan perdamaian. Namun jika keputusan sudah bulat, sidang akan dilanjutkan dalam sidang terbuka untuk membacakan surat gugatan.

Jika pihak yang digugat tidak pernah hadir selama sidang, hakim akan membuat amar putusan. Isinya yaitu putusan sah perpisahan yang kemudian akan dikirimkan kepada tergugat.

g. Pengadilan akan mengeluarkan akta cerai

Putusan cerai akan ditetapkan pada sidang ke empat. Setelah sebelumnya mendengarkan para saksi dari masing-masing pihak. Setelah itu, akta akan dikeluarkan.

Jika pihak tergugat absen hadir dan tidak menanggapi amar putusan, maka pihak pengadilan akan mengsahkan cerai. Anda hanya perlu menunggu hingga surat selesai.

2. Cara Mengurus Surat Cerai Sendiri Secara Online

Jika tidak ada waktu ke pengadilan, gugatan dapat diajukan online melaui aplikasi e-Court. Semenjak pandemi, pemerintah menciptakan e-Court untuk memudahkan pengurusan perceraian. Siapkan juga semua dokumen yang dibutuhkan.

Dikarenakan pendaftaran dilakukan secara daring, berarti semua kelengkapan disiapkan dalam bentuk soft copy. Dokumen-dokumen itu akan dilampirkan sebagai syarat dalam cara membuat surat cerai sendiri dengan mudah.

Cara mengurus surat cerai sendiri di e-Court:

  1. Ketikkan kata kunci e-court mahkamah agung di mesin pencari
  2. Kemudian login dan buat username serta password
  3. Setelah login, di halaman pertama, klik menu Pendaftaran Perkara di kolom bagian kiri
  4. Pilih Gugatan Online, klik tambah gugatan di bagian atas
  5. Pilih pengadilan sesuai dengan alamat tergugat, klik lanjutkan
  6. Klik pilihan tambah pihak, lengkapi data yang diminta kemudian simpan
  7. Pilih Lanjut Upload Berkas di bagian bawah dan upload dokumen
  8. Klik lanjut perhitungan SKUM, beri centang pada kotak dan lanjut
  9. Lanjut pembayaran setelah muncul nominal
  10. Tunggu verifikasi dari pengadilan melalui email yang didaftarkan

Mengurus akta cerai membutuhkan waktu panjang dan melelahkan. Jadi Anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk hal ini. Untuk kebutuhan administrasi lain ke depannya, akta bisa didapatkan dengan cara membuat surat cerai sendiri. (SA – Alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan