Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Sumber Hukum Islam ?

Mungkin Anda pernah mendapatkan pertanyaan Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber hukum islam. Tetapi masih bingung bagaimana menjelaskannya dengan baik, jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Seperti sudah diketahui bahwa agama muslim menjadi agama terbesar di dunia bahkan Indonesia menjadi negara pertama dengan jumlah mayoritas penduduk muslim terbanyak. Oleh sebab itulah, sudah menjadi kewajiban bagi para pemeluknya untuk mempelajari berbagai macam hal di dalamnya.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Sumber Hukum Islam, Berikut Pengertiannya

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa sebagai seorang muslim memang mempunyai kewajiban agar mempelajari berbagai hal termasuk juga dengan sumber hukum islam. Sebab dengan mempelajarinya, Anda bisa mendapatkan pemahaman, melembutkan pemikiran hingga mampu meningkatkan rasa toleransi.

Tetapi apa sebenarnya sumber hukum islam tersebut? ya, ini adalah pedoman ataupun rujukan bagi para pemeluk agama islam saat menjalani kehidupan di dunia ini. Sebab di dalam kehidupan, masalah memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sosial.

Oleh sebab itulah dibutuhkan namanya sumber hukum islam sehingga dapat dijadikan sebagai panduan atau landasan bagi seorang muslim. Para ulama sendiri ternyata juga sudah sepakat bahwa sumber hukum islam yang digunakan sendiri terdapat empat yakni Alquran, hadist, ijma dan qiyas.

Karena itulah sebagai umat muslim memang sudah sewajarnya agar memahami sumber hukum dalam islam tersebut dengan baik. Dengan begitu dapat menjalani kehidupan dengan baik di masyarakat sesuai dengan pedoman.

Jenis-Jenis Sumber Hukum Islam

Untuk memahami beberapa jenis sumber hukum itulah maka kami sudah menyiapkan penjelasan lengkapnya hanya dibawah ini:

1. Alquran

Adapun sumber pertama yakni Alquran yang merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril melalui jalan mutawatir. Yakni nantinya digunakan sebagai petunjuk bagi semua manusia dan memberikan pahala bagi seseorang yang membacanya.

Baca Juga : Jelaskan Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah ?

2. Hadist

Sumber berikutnya adalah hadist dimana akan memberikan penjelasan jauh lebih lanjut mengenai apa yang telah tercantum didalam Alquran. Hadist sendiri juga disepakati oleh para ulama dan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi para umat muslim dan menjelaskan mengenai hukum-hukum didalam Alquran.

3. Ijma

Sumber berikutnya adalah Ijma dimana dalam Bahasa arab mempunyai makna menyepakati. Dimana kalau diartikan adalah ketetapan hati untuk melakukan sesuatu ataupun berbuat sesuatu dan kedua mempunyai makna sepakat.

4. Qiyas

Terakhir adalah Qiyas atau illat yang mempunyai makna hujjah atau alasan. Disinilah juga dijadikan sebagai landasan dalam hukum ashl. Adapun pengertian lainnya yakni kemaslahatan yang diperhatikan syara. Dan menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan qiyas.

Demikian pengertian dan contoh sumber hukum islam yang perlu untuk Anda ketahui dengan baik. Dengan penjelasan diatas, maka dapat memberikan jawaban mengenai jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber hukum islam tersebut. (PC)