Cara Membuat Folder Baru di Laptop. Ini Triknya!

Cara membuat folder baru di laptop terbilang sangat mudah, serta tersedia beberapa langkah yang dapat Anda pilih. Meski mudah, sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Adanya ruang penyimpanan ini, di laptop atau gadget sangat penting untuk mengelola setiap file yang ada. Misalnya Anda ingin mengelompokan foto sesuai dengan momen tertentu, agar lebih mudah menemukannya.

Untuk itu kami akan berbagi, bagaimana cara membuat folder baru dengan mudah. Anda perlu menyimaknya melalui artikel ini supaya Anda bisa menangkap point pelajarannya secara sederhana.

Baca Juga : Laptop Gaming di Bawah 10 Juta

Inilah Cara Membuat Folder Baru di Laptop

Memanfaatkan folder untuk mengelompokan beberapa file, sangat membantu dan memudahkan ketika Anda mencari file tersebut. Berikut ini beberapa cara membuat folder baru di laptop Windows 10 dan laptop lainnya.

1. Menggunakan Shortcut

Cara yang paling mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard saat akan membuat tempat penyimpanan baru. Shortcut sendiri, merupakan kombinasi tombol yang perlu ditekan. Nantinya akan memunculkan perintah yang diinginkan.

Sebelum mulai membuatnya menggunakan shortcut, Anda harus mengarahkan kursor ke tempat folder tersebut. jika sudah, tekan tombol CTRL+Shift+N secara bersamaan. Lalu tinggal isi namanya sesuai dengan keinginan.

Kemudian tekan ‘enter’ untuk menyimpan ruang penyimpanan tersebut. Dengan begitu, proses pada langkah pertama sudah Anda selesaikan dengan baik. Kini simak langkah yang selanjutnya terlebih dahulu.

Simak Juga : Piranti untuk Mengetik Ke Perangkat Lunak Yang Dijalankan Komputer Adalah Apa?

2. Menggunakan Mouse

Anda juga dapat menggunakan mouse sebagai cara membuat folder baru di Windows 11 dan laptop lainnya. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu klik kanan pada mouse. Sebelumnya, arahkan terlebih dahulu pada tempat baru yang akan dibuat.

Seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini. Langkah ini tidak kalah mudah dengan menggunakan shortcut sebelumnya, jadi Anda tidak perlu merasa kesulitan.

  • Kemudian klik kanan
  • Pilih tulisan ‘New”
  • PIlih ‘Folder”
  • Masukan nama sesuai yang ingin Anda buat
  • Klik ‘enter’ untuk melakukan penyimpanan

3. Menu Ribbon

Cara membuat folder di laptop berikutnya, Anda dapat menggunakan menu ribbon yang sudah tersedia. Cara tersebut tentunya dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Posisikan layar laptop hingga berada di posisi, di mana Anda akan menyimpan folder baru yang akan dibuat.
  • Klik menu ribbon, di sebelah atas. Pengguna akan melihat menu ‘New Folder’ dengan logo yang berwarna kuning.
  • Klik logo tersebut, maka akan muncul.
  • Masukan nama yang ingin Anda gunakan.
  • Tap ‘enter’ untuk menyimpan arsip file baru tersebut.

Selain membuat tempat menyimpan dokumen, biasanya Anda juga perlu memindahkan file-file tertentu ke dalam tempat penyimpanan tersebut. Untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara memindahkan file ke folder baru di laptop.

Simak Juga : Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Cara Memindahkan File ke Folder Baru di Laptop

Cara memindahkannya sangat mudah. Pertama, Anda dapat menggunakan shortcut CTL+X. Pilih terlebih dahulu file yang akan dipindahkan pakai mouse (klik kiri sampai semua berwarna biru), kemudian tekan CTRL+X untuk memotong file tersebut.

Jika sudah, kemudian klik 2x pada folder atau tekan CTRL+V. Untuk cara kedua, caranya lebih mudah dan hanya menggunakan mouse. Blok file yang akan dipindahkan, geser monitor ke atas blok tadi, klik kiri, kemudian tarik menuju tempat yang akan digunakan.

Kemudian terakhir lepaskan tekanan tadi. Gunakan salah satu cara di atas, untuk memudahkan proses pemindahan file ke dalam folder baru yang sudah dibuat. Tanpa perlu memindahkan file tersebut satu per satu ke dalam tempat yang diinginkan.

Seluruh data dalam satu klik bisa terpindahkan semuanya dan memudahkan Anda menemukan seluruh data dalam satu tempat. Setelah mempraktikkan cara sederhana membuat folder baru di laptop, gunakan juga cara memindahkan data-data dengan cepat tadi. (SA)

Baca Juga : Cara Refresh Browser di Laptop