Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster Anti Ribet
Tutorial Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster Anti Ribet

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster Yang Mudah Diaplikasikan

Bagaimana cara agar TV jernih tanpa booster? Visual yang jelas sering dihasilkan oleh TV terestrial. Kesulitan TV mengumpulkan sinyal adalah satu-satunya penjelasan yang masuk akal. Mungkin sulit bagi TV untuk menerima sinyal di tempat yang jauh dari pemancar.

Alasan lain mungkin karena banyak bangunan tinggi menghalangi aliran sinyal. Anda mungkin mencoba membeli antena luar dalam keadaan ini dan memasangnya dengan tiang tinggi. Namun demikian, gambar terus bergetar, garis muncul, dan suara terputus-putus.

Baca Juga : Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED

Tutorial Cara agar TV Jernih Tanpa Booster

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah mendapatkan booster atau peralatan tambahan lainnya untuk memperkuat sinyal. Padahal ada cara lain yang lebih mudah agar TV jernih tanpa booster.

1. Bersihkan Antena

Antena pada akhirnya akan menjadi kotor, seperti halnya benda lain yang bersentuhan langsung dengan udara. Seperti yang kita tahu, ada lebih banyak partikel di udara selain oksigen, sepeti udara dan air.

Badan antena menjadi kotor akibat partikel-partikel ini, baik antena dalam maupun bagian luarnya. Selain itu, karena antena terbuat dari logam aluminium, oksidasi atau “karat” dimungkinkan akan terjadi.

Kemampuan antena menangkap sinyal tentu akan terpengaruh oleh kotoran seperti debu, kebocoran, jamur, lumut, dan karat yang menutupi sebagian bodi antena. Untuk itu, bersihkan antena secara teratur.

Simak Juga : TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

2. Periksa Kondisi Kabel

Hak yang tidak kalah penting dari TV adalah kabel. Sinyal yang ditangkap oleh antena tidak dapat berhasil diarahkan ke TV tanpa sambungan kabel. Jika Anda ingin transfer sinyal ke TV berfungsi dengan baik, Anda harus memastikan kabel dalam kondisi baik.

Periksa kondisi kabel yang Anda gunakan secara berkala. Jika kabel antena Anda rusak, segera ganti dengan yang baru. Tanpa selubung, bagian dalam kabel akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Kabel yang putus juga termasuk kabel yang rusak.

Dua bagian yang rusak tidak boleh disatukan. Soalnya, konduktivitas sinyal kabel yang putus tidak lebih baik dari kabel utuh. Keadaan kabel antena Anda mungkin tampak bagus dari luar, tetapi itu tidak menjamin bahwa isinya juga dalam kondisi yang baik.

Pastikan apakah kabel berembun atau tidak, dengan melihat ujungnya. Bagian dalamnya dapat menimbulkan korosi jika lembab dan ada air. Kabel jenis ini juga perlu diganti agar tidak membahayakan.

Baca Juga : Penyebab Backlight TV LED Mati

3. Jauhkan Logam dari Antena

Benda logam di dekat antena dapat menghalangi penerimaan sinyal. Sebagai contoh, misalkan Anda meletakkan antena di luar jendela kamar tidur. Tapi ubin seng berfungsi sebagai pelindung jendela.

Seng adalah sejenis logam yang dapat menghalangi kemampuan antena menangkap sinyal. Jauhkan antena sejauh mungkin dari benda logam, idealnya dua meter. Selain itu perlu diperhatikan lagi.

Simak Juga : Cara Setting TV LG Agar Jernih

4. Gunakan Aluminium Foil atau Kertas Timah untuk Menutupi Antena

Benda logam di dekat antena dapat mempengaruhi penerimaan sinyal, seperti yang disebutkan pada poin tiga. Namun tidak berlalku jsika benda logam diikat ke antena. Dalam hal ini, foil timah atau aluminium foil bisa dikatakan sebagai peningkat kemampuan antena untuk menangkap sinyal.

Faktanya, tidak ada bukti terukur bahwa aluminium atau kertas timah meningkatkan kinerja antena. Kedua item ini jelas merupakan konduktor. Adanya konduktor membantu peralatan yang menggunakan frekuensi radio.

Anda dapat mencoba cara agar TV bisa jernih tanpa booster di atas, dimulai dengan yang paling sederhana. Meski sekarang ini TV sudah jarang ditonton karena semua serba digital, namun sebagian dari Anda mungkin akan tetap membutuhkan cara di atas. (SA)

Baca Juga : Kode Remot TV Sony Tabung

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan