Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk
tutorial Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk Dengan Cara Ini

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara memasak daging sapi biar empuk. Daging merah, termasuk daging sapi, kerbau, dan kambing, sering kali menjadi makanan yang disukai untuk diolah pada acara-acara khusus seperti hari raya dan kumpul keluarga.

Agar empuk, daging merah seringkali membutuhkan waktu lama untuk dimasak, sehingga persediaan tabung gas bisa cepat habis. Berangkat dari hal ini, kami punya cara untuk melunakkan daging sapi, namun gas juga tetap hemat.

5 Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa cara untuk melunakkan daging sapi dan daging merah lainnya. Di antaranya yang dapat Anda simak dengan saksama adalah sebagai berikut.

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara merebus daging biar empuk yang pertama adalah menggunakan pepaya untuk meningkatkan kelembutan daging tanpa boros gas. Enzim alami yang terdapat dalam daun pepaya membantu daging menjadi lebih lembut dengan melarutkan protein di dalamnya.

Triknya sederhana. Gunakan daun pepaya sebagai pembungkus daging setelah dicuci dengan air mengalir, dikeringkan, dan dilipat. Setiap potongan daging sapi harus dibungkus rapat dan harus didiamkan selama satu jam. Daging kemudian disiapkan untuk diproses.

Baca Juga : Cara Masak Rawon Daging Sapi Bumbu Jadi

2. Lumuri dengan Jus Nanas

Selanjutnya, Anda bisa memasak daging sapi menggunakan jus nanas. Sama seperti daun pepaya, nanas mengandung enzim alami yang dapat melunakkan daging merah. Trik ini bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bedanya, daun pepaya bisa digunakan untuk membungkus daging, nanas harus dihaluskan atau dijus terlebih dahulu. Daging merah harus ditutup dengan nanas yang dihaluskan atau dijus, lalu didiamkan selama 30 menit.

Kemudian daging siap dimasak sesuai selera. Jika ingin lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan jus nanas sebagai bumbu perendam. Namun, pastikan bahwa prosedur pengasinan berlangsung setidaknya selama 30 menit untuk memastikan teksturnya.

Simak Juga : Resep Kari Daging Sapi Padang

3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara memasak daging biar empuk tanpa presto adalah membiarkan daging merah untuk disimpan pada suhu ruangan. Jika Anda ingin menghemat gas tetapi tidak memiliki daun pepaya atau nanas, Anda dapat memilih opsi ini.

Caranya daging harus ditempatkan dalam wadah tertutup semalaman di rak paling bawah freezer. Kemudian daging dapat dikeluarkan dari lemari es dan disimpan di dapur dalam wadah tertutup hingga satu jam sebelum dimasak.

Daging merah memiliki tekstur lembut yang lebih merata bila dibiarkan mendingin secara bertahap pada suhu ruangan. Anda bisa menyiapkan bahan tambahan sambil menunggu daging merahnya lebih empuk.

Perlu diingat bahwa keempukan dagingnya tidak seperti menggunakan nanas atau daun pepaya. Sementara itu, daging ini lebih baik daripada hanya menyiapkan daging langsung dari lemari es untuk dimasak.

Baca Juga : Resep Tongseng Sapi Khas Jogja

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Memperhatikan potongan daging sapi adalah cara lain untuk memasaknya agar empuk. Seperti yang kita tahu, serat daging memang memanjang. Untuk itu, ada caranya sendiri untuk memotongnya dengan benar.

Oleh karena itu, Anda dapat memotong daging sapi berlawanan dengan seratnya. Memperpendek serat akan membuat daging lebih empuk ketika dimasak dan lebih mudah dikunyah saat dikonsumsi.

Simak Juga : Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

5. Manfaatkan Uap Panas

Uap panas juga digunakan untuk memasak daging agar empuk tanpa membuang gas. Untuk memastikan waktu yang pas, Anda bisa menggunakan stopwatch alih-alih langsung menutup panci.

Pertama, didihkan air, lalu rebus daging merah dalam panci tertutup selama lima menit. Setelah mematikan kompor, biarkan daging di dalam wajan selama 30 menit. Nyalakan kompor sekali lagi, lalu rebus daging selama 7 menit.

Dengan menerapkan trik ini, artinya Anda memasak daging selama 7 menit, namun hasilnya seperti memasak daging lebih dari setengah jam. Itu dia cara merebus daging sapi biar cepat empuk dan tidak bau. (SA)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan