Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP
Tutorial Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di Hp, Auto Dilirik

Zaman semakin maju berkat teknologi yang berkembang, termasuk penggunaan internet yang buat cara mengirim lamaran lewat email di hp jadi lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan dahulu.

Ketika saat melamar pekerjaan Anda harus menyiapkan print out CV, lamaran kerja, dan dokumen lainnya dalam bentuk fisik. Dengan memanfaatkan email, Anda bisa melamar tanpa harus menyiapkan print out cv lamaran kerja dan dokumen lainnya dalam bentuk fisik.

Tetapi walaupun begitu, masih ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar email yang Anda kirimkan segera dibaca oleh pihak HRD atau perusahaan yang dituju. Berikut ini informasi lengkap mengenai cara kirim lamaran kerja lewat email di HP.

Baca Juga : Lowongan Kerja Online Dari Rumah

Hal yang Wajib Disiapkan saat Mengirim Email

Termasuk surat resmi, tentu saja bentuk dari email yang dikirimkan akan berbeda dengan saat Anda mengirimkan surat elektronik ke teman atau pihak lainnya. Berikut ini beberapa hal yang wajib disiapkan dengan baik saat mengirim lamaran kerja via email.

1. CV Lamaran kerja

Tentu saja setiap melamar pekerjaan Anda memerlukan CV untuk memberikan informasi lengkap mengenai diri Anda sendiri kepada pihak HRD atau perusahaan. Disarankan untuk membuatnya lebih menarik dan hindari hanya berbentuk dokumen word biasa saja.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi CV maker untuk mendapatkan CV lamaran kerja gratis dari berbagai macam desain yang menarik. Setidaknya, CV Anda akan terlihat menarik dengan tidak menghalangi informasi yang ada di dalam profil tersebut.

Simak Juga : Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat WA

2. Menyiapakan berkas-berkas yang dibutuhkan

Selain CV, Anda juga wajib untuk menyiapkan beberapa berkas seperti pas foto, scan KTP, scan Ijazah, scan sertifikat, portofolio, surat lamaran kerja dan juga portofolio jika mempunyainya. Tetapi semua berkas-berkas ini akan disesuaikan dengan perusahaannya masing-masing.

Anda bisa mengirim berkas yang diminta saja, sedangkan untuk yang tidak diminta tidak perlu dilampirkan. Tetapi ingat saat mengirim pastikan nama berkasnya harus jelas seperti CV Tia Arianti, pasfoto Anggi Yunanda, dan lain sebagainya.

Lampirkan lamaran kerja pdf juga lebih disarankan agar format di dalamnya tidak berubah-ubah, terakhir ukuran file tidak melebihi 1 MB saja karena rekruter pasti akan merasa malah jika berkasnya terlalu berkas dan memakan penyimpanan yang besar.

3. Menggunakan alamat email profesional

Anda wajib menggunakan email profesional dengan mencantumkan nama asli di dalamnya. Jika tidak memilikinya, disarankan untuk membuat alamat email kembali dengan profesional dan sesuai dengan nama asli Anda masing-masing bisa juga dilengkapi angka atau yang lainnya.

Simak Juga : Kerja Online Untuk Pelajar

Inilah Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di Hp

Saat mengirim email, Anda tidak perlu menggunakan perangkat komputer. Cukup menggunakan handphone saja Anda sudah bisa mengirim lamaran kerja dengan simple dan praktis. Berikut ini cara paling praktis mengirim lamaran kerja melalui email di handphone.

1. Buka aplikasi emailnya

Pertama tentu saja membuka aplikasinya terlebih dahulu, atau jika tidak mempunyai aplikasinya Anda bisa membukanya melalui browser ke alamat gmail.com. Pastikan bahwa alamatnya sudah benar.

2. Memilih ikon tulis atau compose

Selanjutnya untuk mulai mengirim lamarannya, Anda harus membuka jendela untuk menulis suratnya pada ikon tulis atau compose. Biasanya akan terletak pada bagian sebelah kirim, Anda bisa menemukannya.

Baca Juga : Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat WhatsApp

3. Mengisi alamat email tujuan dan subjek

Step yang cukup penting adalah mengirim alamat email dari perusahaan atau rekruternya dan juga subjek. Subjek merupakan judul dari surat yang akan Anda kirimkan harus ditulis secara jelas seperti format berikut ini.

(posisi yang dilamar)-nama lengkap Anda, format seperti ini sudah sangat cukup untuk menjelaskan bahwa surat yang dikirimkan dari pelamar akan melamar untuk posisi tersebut. Lakukanlah dengan benar.

4. Menyalin isi surat lamara kerja pada body massage

Selanjutnya, pada body massage tentu saja tidak boleh kosong. Ini karena banyak pelamar yang menganggap karena surat lamaran sudah ada akhirnya memilih mengosong tubuh suratnya.

Surat lamaran yang ada di body massages sangat penting sebagai pengantar pada rekruter sebelum melihat CV yang Anda miliki. Saat ini sudah banyak rekruter yang lebih memilih menerima lamaran menggunakan email daripada berbentuk fisik. (SA)

Baca Juga : Kerja Online Dibayar

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan