Cara Mendaftar Grab Food Agar Bisnis Anda Diterima
Tutorial Cara Mendaftar Grab Food Agar Bisnis Anda Diterima

Cara Mendaftar Grab Food Agar Bisnis Anda Diterima

Alkisahnews.com – Saat ini tren membeli makanan secara online semakin berkembang, maka jika Anda memiliki usaha kuliner, cara mendaftar Grab Food dapat membantu untuk menaikkan penjualan. Sayang sekali jika bisnis Anda tidak menggunakan aplikasi resminya.

Anda tidak harus mengambil formulirnya secara langsung di kantor Grab yang dekat dengan domisili. Saat ini sudah ada cara daftar Grab Food online, sehingga proses pendaftarannya lebih mudah, cepat, dan bisa dilakukan sendiri.

Simak langkah-langkah untuk mendaftarkan bisnis kuliner Anda untuk menjadi salah satu merchant Grab Food melalui penjelasan di bawah ini. Sebelum itu, untuk mendaftarkannya Anda memerlukan formulir daftar Grab Food.

Persyaratan Mendaftarkan Bisnis di Grab Food

Untuk akhirnya bisa secara resmi terdaftar, tentunya ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Sebelum mendaftarkan usaha kuliner Anda di Grab Food, pastikan terlebih dahulu untuk menyediakan beberapa hal berikut ini.

1. Informasi Bisnis Kuliner

Informasi menjadi hal terpenting pertama yang harus diperhatikan. Karena yang akan didaftarkan adalah bisnis kuliner Anda, maka persiapkanlah beberapa data terkait usaha yang ada di bawah ini.

  • Nama bisnis atau usaha. Pastikan nama bisnis Anda menarik dan mudah diingat. Jika sebelumnya telah ada lokasi offline, maka pastikan namanya sama.
  • Alamat usaha dan titik maps. Anda akan dimintai menuliskan alamat lengkap usaha, mulai dari kelurahan hingga kecamatan. Apabila lokasi usaha di dalam gedung atau mall, persiapkan juga nomor kios dan lantainya.
  • Cek kembali dan pastikan jika alamat usaha sudah sama dengan titik koordinat dari Google Maps.
  • Nomor telepon dan email bisnis kuliner. Keduanya untuk memudahkan Anda dihubungi mengenai diterima atau tidaknya.
  • Foto usaha dari dalam dan luar. Pastikan hasil jepretan memperlihatkan detail bangunan dengan jelas. Pastikan juga pemilik usaha berada dalam frame di dekat nama usaha. Selain foto pemilik, masukkan juga foto menu jualan.
  • Foto logo restoran (tidak wajib).

2. Informasi Pemilik Bisnis

Pemilik informasi ini dianggap sebagai salah satu yang wajib dicantumkan karena perannya adalah sebagai penanggung jawab utama. Beberapa informasi mengenai pemilik yang dibutuhkan antara lain:

  • Foto KTP. Informasinya harus jelas atau tidak blur.
  • Swafoto dengan KTP. Wajah dan informasi yang ada di dalam KTP harus terbaca dengan jelas.
  • Foto NPWP.

3. Informasi Bank

Informasi ini biasanya digunakan untuk mengirim pemasukan yang dipesan oleh para pengguna. Untuk itu dibutuhkan informasinya secara jelas, beberapa detail mengenai bank yang harus ada antara lain:

  • Nomor rekening
  • Foto buku tabungan. Jika tidak ada, dapat menggunakan tangkapan layar E-banking.

4. Informasi Menu

Biasanya menu akan ditampilkan jika seorang pengguna mencarinya lewat kolom, kemudian rekomendasi menu Anda yang kemungkinan akan muncul. Informasi tersebut berupa format foto yang jelas dan menampilkan detail dari setiap informasi berikut ini.

  • Daftar dan fotonya.
  • Foto makanan yang akan dijual.

Tutorial Cara Mendaftar Grab Food

Untuk mendaftar Grab Food, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan langkah demi langkah. Setelah semua persyaratan Anda sediakan, maka cara mendaftar sebagai Grab Food Merchant adalah:

1. Membuat Profil

Profil sangat penting untuk diperhatikan karena pengguna akan melakukan survey terlebih dahulu sebelum memesan. Pertama kali Anda harus mendaftar pada website Grab Food Merchant, dengan mengisi beberapa informasi berikut.

  • Nama usaha
  • Alamat lengkap bisnis
  • Nomor HP
  • Email

Untuk pengisiannya dapat melalui alamat https://www.grab.com/id/merchant/food/ dan pastikan telah klik DAFTAR. Tunggu hingga menerima kode verifikasi dan email. Jika sudah selesai, Anda bisa menuju ke step berikutnya.

2. Mengunggah Informasi Bisnis

Setelah email diverifikasi, maka Anda akan diminta untuk melengkapi informasi mengenai bisnis seperti foto menu, foto restoran, dan informasi lainnya. Bagian ini akan melengkapi informasi toko Anda.

3. Tanda tangan kontrak

Setelah itu Anda akan menerima email untuk tanda tangan kontrak. Pastikan bahwa Anda telah memahami syarat dan ketentuan sebelum memberikan tanda tangan. Langkah hampir selesai dilakukan mulai dari sini.

4. Verifikasi email outlet

Verifikasi email outlet biasanya akan diterima oleh pendaftar dalam jangka waktu 72 jam. Jika tidak maka verifikasi dapat dinyatakan gagal. Untuk itu, Anda harus sedikit lebih sabar untuk menunggunya atau bahkan mengulanginya.

5. Verifikasi OVO

OVO adalah salah satu metode pembayaran resmi aplikasi Grab Food, maka lakukanlah pendaftaran dan autentifikasi agar dapat menjadi metode pembayaran bisnis. Penghubungan yang satu ini akan menjadi sarana pembayaran.

6. Finalisasi dan Pelatihan

Jika semua langkah telah berhasil dilakukan, maka akan ada email lagi yang berisikan materi pelatihan untuk menggunakan aplikasi sebagai merchant. Dengan menyiapkan semua persyaratan lengkap dari awal dan mengikuti prosedur pendaftaran tersebut, maka usaha Anda bisa segera menjadi merchant Grab Food. (SA)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan