Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi dan Pasir
Tips Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi dan Pasir

Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi dan Pasir

Alkisahnews.com – Belakangan banyak yang bertanya cara memandikan hamster dengan bedak bayi dan pasir. Ya, memelihara hamster memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kabar baiknya, hamster memiliki bentuk yang kecil, menggemaskan, lucu, dan imut. Kekurangannya adalah terkadang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tubuhnya mungkin tertutup kotoran hamster atau pipis di atasnya.

Karenanya, Anda harus membersihkan hamster secara berkala. Karena siapa pun yang mengambil risiko untuk merawatnya maka harus rela melakukannya.

Cara Memandikan Hamster dengan Pasir Khusus

Hewan seperti kambing bisa mandi di air, tapi hamster tidak bisa. Hewan seperti hamster hidup di lingkungan yang kering dan gersang tanpa akses ke air. Jadi Anda tidak boleh sembarangan memandikan hamster. Berikut adalah metode paling aman untuk memandikan hamster.

  1. Siapkan alat mandi, seperti ember kecil, gayung, atau yang serupa. Alat tersebut berguna sebagai tempat mandi pasair.
  2. Jika tempat sudah disiapkan, tambahkan pasir hamster atau sand bath ke dalam wadah, tetapi tidak sebelum menyaringnya untuk menghilangkan debu.
    • Ini dilakukan agar tidak mengganggu pernapasan hamster. Yang mana bila terjadi, dapat merusak paru-paru hamster dan menyebabkan kematian.
  3. Selanjutnya, letakan hamster tersebut ke wadah yang sudah berisi pasir.
  4. Biarkan hamster berguling dan bermain di pasir. Karena begitulah cara hamster mandi.
  5. Namun, Anda harus membantu hamster dengan menaburkan pasir ke tubuhnya jika ia tidak ingin mandi sendiri.
  6. Ketika hamster bosan, mereka akan berhenti berguling. Itu menandakan akhir dari proses mandi.
  7. Disarankan untuk pemilik hamster syirian berambut panjang merawat hewan pengeratnya dengan menyisir bulunya setelah mandi untuk menghilangkan pasir yang mungkin masih menempel.

Cara Memandikan Hamster dengan Bedak Bayi dan Pasir

Karena bedak bayi memiliki struktur yang sangat lembut, sehingga hamster tidak boleh dimandikan dengan bedak bayi tanpa pasir. Akibatnya, ketika hamster menggulingkan tubuhnya di atas bedak, bedak tersebut dapat terhirup, terkena paru-paru, dan akhirnya menyebabkan kematian.

  1. Pasir zeolit dan bedak bayi harus disiapkan terlebih dahulu. Namun, lebih baik jika Anda mendapatkan bedak khusus hamster karena telah diformulasikan untuk kebutuhan mandi.
  2. Langkah selanjutnya, tempatkan pasir zeolit dalam sebuah wadah.
  3. Lalu tambahkan sedikit bedak bayi pada pasir zeolit tersebut. Sedikit saja, jangan terlalu banyak karena bisa berbahaya.
  4. Selesai, biarkan hamster mandi dengan menggulingkan tubuhnya

Ya, itulah cara memandikan hamster dengan pasir dan bedak. Fungsinya tidak lain agar hamster tidak bau dan menghilangkan kutu atau jamur akibat menempelnya kotoran. Selamat mencoba! (SA)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan