Harga Ganti Keyboard Laptop
Berapa Harga Ganti Keyboard Laptop ?

Berapa Harga Ganti Keyboard Laptop, Murah atau Mahal?

Keyboard merupakan salah satu aspek penting yang ada di laptop atau komputer. Tentunya, akan bermasalah jika keyboard rusak. Lalu, berapa harga ganti keyboard laptop jika mengalami kerusakan?

Beberapa orang belum tahu mengenai harga ganti keyboard laptop. Untuk Anda ketahui, harga keyboard laptop sangat variatif, tergantung merek dan toko yang menjualnya.

Rincian Harga Ganti Keyboard Laptop

Mengutip dari Kompas.com, budget yang dibutuhkan untuk mengganti keyboard laptop yang rusak berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Biasanya, merek-merek keyboard ini punya harga jual dengan selisih yang tidak terlalu jauh.

Pada umumnya, besaran harga ganti keyboard laptop banyak yang bilang mahal. Jadi mereka memilih pergi ke tukang servis dengan biaya perbaikan di kisaran Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. Harga itu untuk semua merek laptop, seperti Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, HP, dan lainnya.

Yang perlu Anda ingat adalah, besaran biaya penggantian keyboard laptop ini tergantung dari tingkat kerusakannya. Untuk waktunya, biasanya membutuhkan lebih dari dua hari sejak dibongkar hingga diperbaiki seperti baru keluar dari pabrik.

Baca Juga : Harga Keyboard Gaming

Namun, sebelum Anda pergi ke tukang servis, lebih baik melakukan pemeriksaan manual terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Restart Laptop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan restart pada laptop. Ini bertujuan agar laptop Anda bisa memperbaiki masalah sistem operasi secara langsung. Namun, jika perangkat tidak bisa di restart, tekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop Anda mati.

Andai cara ini sudah dilakukan dan keyboard laptop Anda masih bermasalah, cobalah lakukan cara kedua.

Simak Juga : Spesifikasi dan Harga Keyboard Laptop Toshiba Ori

2. Periksa Num Lock

Keyboard Anda tidak berfungsi bisa bersumber pada kesalahan sendiri. Coba periksa dengan aktifnya num lock yang mengakibatkan Anda menekan gabungan tombol tertentu.

Ketika numlock sudah aktif, maka karakter yang muncul bisa berbeda dengan tombol yang Anda tekan. Untuk mematikan num lock, Anda cukup menekan ‘Fn atau ‘NumLk’ pada keyboard.

Baca Juga : Harga dan Spek Keyboard Laptop HP Ori

3. Masalah Driver

Keyboard laptop Anda mengalami kerusakan bisa saja terjadi masalah pada driver. Masalah ini biasanya disebabkan karena Anda menginstal software pihak ketiga yang terkena virus atau tidak direstui oleh laptop Anda.

Periksalah dengan cara membuka menu ‘Device Manager’ dan lihat bagian keyboard laptop Anda. Jika terdapat tanda segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di dalamnya, bisa dipastikan kalau itulah penyebabnya.

Simak Juga : Spek dan Harga Keyboard Laptop Lenovo Ori

4. Bersihkan Debu dan Kotoran

Jika keyboard laptop Anda bermasalah, bisa saja penyebabnya ada banyak debu dan kotoran di sela-sela tombolnya. Ingat, semakin tua usia laptop Anda, bisa saja debu kotoran menempel sangat banyak.

Jika demikian, Anda harus membersihkannya dengan kuas. Atau, Anda bisa membalikkan dan memiringkan laptop hingga 75 derajat agar semua kotoran dan debut keluar dari sela-sela keyboard.

Demikianlah artikel yang membahas harga ganti keyboard laptop jika terjadi kerusakan atau bermasalah. Semoga artikel ini bisa membantu membereskan masalah laptop Anda. (PC)