Cara Mudah Screenshot Pada Laptop Hp

Di era digital seperti saat ini istilah screenshot atau tangkapan layar sudah tidak asing lagi didengar. Screenshot merupakan sebuah proses untuk membidik tampilan konten pada perangkat komputer maupun smartphone. Cara Screenshot di laptop pun cukup mudah, akan tetapi Cara Screenshot di Laptop HP memiliki cara yang berbeda disesuaikan dengan tipe laptop dan Windows yang digunakan.

Hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan pada folder atau galeri perangkat komputer dan laptop anda, sekarang kita akan membahas terkait dengan Cara Screenshot di Laptop HP. Simak penjelasan berikut dengan seksama.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Lenovo

Snipping Tool untuk Screenshot Di Laptop HP

Snipping tool merupakan sebuah aplikasi bawaan dari Windows yang mempunyai kemampuan untuk menangkap layar dalam berbagai ukuran atau bentuk. Cara Screenshot di Laptop HP dengan menggunakan aplikasi snipping tool adalah sebagai berikut :

Simak Juga : Cara Screenshot di Laptop Acer

  1. Langkah pertama cara Screenshot di laptop HP adalah dengan anda membuka aplikasi snipping tool terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik ikon snipping tool yang berbentuk gunting.
  3. Pada halaman perangkat lunak tersebut anda akan melihat beberapa menu mulai dari Mode, Delay, Cancel, dan Options yang memiliki kegunaan yang berbeda.
  4. Cara Screenshot di Laptop HP selanjutnya adalah dengan menentukan konten atau halaman yang hendak anda tangkap.
  5. Kemudian pilihlah menu Mode dan carilah bentuk tangkapan layar yang Anda inginkan.
  6. Seterusnya dengan menggerakkan kursor pada kawasan yang hendak ditangkap layar atau konten, maka hasil dari tangkapan layar tersebut pun akan muncul dengan sendirinya di halaman aplikasi Snipping Tool.
  7. Lalu untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut anda dapat menuju ke menu File dan memilih Save As atau untuk lebih mudahnya tinggal menekan CTRL + S
  8. Tidak lupa Cara Screenshot di Laptop HP yang selanjutnya adalah dengan memilih jenis file tangkapan layar yang akan Anda simpan pilihannya antara lain GIF File, JPEG File, Single File HTML (MHT).

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Asus

Screenshot Dengan Aplikasi Lightshot

Cara Screenshot di unit Laptop HP kedua yang dapat kamu pakai adalah dengan menggunakan aplikasi Lightshot. Aplikasi ini dapat mengambil, menyimpan, sampai dengan membagikan hasil tangkapan layar ke internet. Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama untuk Screenshot di Laptop HP dengan menggunakan aplikasi Lightshot. Tentunya anda harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu pada perangkat anda.
  2. Berikutnya adalah dengan menentukan layar atau konten yang akan Anda tangkap dengan aplikasi lightshot.
  3. Bukalah aplikasi Lightshot dengan menggerakkan kursor ke bawah layar di pojok kanan. Carilah tanda panah ke atas, lalu lanjutkan dengan mengekliknya.
  4. Kemudian, akan terlihat ikon dari aplikasi Lightshot yang memiliki bentuk bulu yang terbalut dengan warna ungu.
  5. Sesaat menekan ikon aplikasi Lightshot, layar pada laptop anda akan berubah menjadi keabuan.
  6. Dalam pengambilan gambar layar, anda bebas untuk membidik segala bentuk atau ukuran layar sesuai yang anda kehendaki.
  7. Kemudian ketika proses penangkapan layar berhasil Anda lakukan lewat aplikasi ini, juga Anda akan mendapatkan penawaran untuk melakukan proses pengeditan seperti penambahan doodle, teks, dan lain – lain.
  8. Setelah melakukan step – step sebelumnya anda dapat langsung menyimpan file tangkapan layar tersebut di folder laptop. Ini Anda lakukan dengan cara memilih ikon Save atau dengan menekan CTRL+S. (PC)

Simak Juga : Cara Menyimpan Screenshot di Laptop

Tinggalkan Balasan