Cara Membuat Podcast di Spotify
Tutorial Cara Membuat Podcast di Spotify

Tutorial Cara Membuat Podcast di Spotify, Dijamin Berhasil

Mungkin masih banyak orang belum mengetahui tentang bagaimana cara membuat podcast di Spotify. Jadi, Spotify merupakan aplikasi musik dan live streaming yang cukup populer di Indonesia. Ada banyak kanal platform yang tersedia di Spotify.

Salah satunya adalah podcast. Podcast merupakan suatu acara bincang-bincang antara host dengan narasumber. Siapapun bisa membuat acara podcast melalui aplikasi Spotify. Untuk itu, ketahui dahulu bagaimana cara membuat serta mengunggah podcast melalui aplikasi Spotify.

Untuk proses distribusi podcast melalui aplikasi Spotify ini memang cukup cepat. Podcast yang telah Anda unggah ke aplikasi biasanya akan tayang setelah proses seleksi dahulu. Rata-rata, proses seleksi dan verifikasi file podcast membutuhkan waktu 1×24.

Dan jika file podcast yang Anda submit tidak melanggar syarat dan ketentuan, maka Spotify akan mendistribusikan file podcast pada aplikasi. Sehingga, pendengar dapat mendengarkan podcast yang Anda produksi.

Baca Juga : Spotify MOD APK

Panduan Tata Cara Membuat Podcast di Spotify

Salah satu cara agar meningkatkan interaksi pada podcast yang Anda posting di Spotify adalah membuat obrolan untuk menarik minat pendengar. Selain itu, Anda harus selalu update obrolan siniar terbaru di channel Spotify.

Baca Juga : Cara Melihat Lirik di Spotify

Jadi, para podcaster pemula kerap mengalami kebingungan bagaimana cara membuat podcast dan mengunggah file podcast di Spotify. Maka dari itu, ini dia panduan lengkap cara mudah untuk membuat serta mengunggah podcast di Spotify. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Memproduksi Konten Podcast

Langkah pertama adalah memproduksi konten podcast. Anda harus membuat konten podcast yang dapat menarik minat pendengar. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan narasumber yang memang digemari oleh pendengar pondcast Anda.

Selain itu, gunakan peralatan standar untuk merekam obrolan dengan narasumber. Salah satunya adalah alat recording dan mic yang dapat menjernihkan suara dari noise.

Simak Juga : Cara Ganti Username Spotify

2. Mempersiapkan File Konten Podcast

Langkah kedua yakni mempersiapkan file konten podcast yang telah diproduksi sebelumnya. Pastikan Anda telah mengedit dan memfilter obrolan dengan narasumber. Kemudian, lakukan rendering dan pilih format file audio sebelum diunggah ke aplikasi Spotify.

Pastikan Anda memilih file format MP3 dengan resolusi ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 bitrate antara 96 dan 320 Kbps. Untuk foto thumbnail gunakan format PNG, JPEG, atau TIFF dengan resolusi HD. Untuk judul, pastikan tidak melebihi 20 karakter.

Baca Juga : Apakah Spotify Boros Kuota ?

3. Unggah File Melalui Anchor

Langkah ketiga, gunakan aplikasi Anchor untuk mengunggah file siniar ke Spotify. Jadi, silahkan unduh aplikasinya atau kunjungi www.anchor.fm. Buka akun Anchor dan siapkan file yang akan diunggah.

Tambahkan judul, deskripsi, serta foto thumbnail. Setelah itu, tekan selanjutnya. Dan langkah selanjutnya adalah mengisi detail dari akun podcast, seperti kategori, bahasa, hingga deskripsi podcast. Secara otomatis, file siniar telah terunggah jika lolos tahap seleksi di aplikasi Spotify.

Spotify menjadi salah satu aplikasi live musik dan siniar terpopuler di Indonesia. Kini, Anda bisa menjadi kreator podcast melalui aplikasi Spotify. Untuk itu, ketahui dahulu bagaimana cara membuat podcast di aplikasi Spotify dengan mudah dan cepat. (SA)

Simak Juga : Spotify Premium 1 Minggu

Tinggalkan Balasan