Cara Mematikan Paksa Laptop
Tutorial Cara Mematikan Paksa Laptop

4 Cara Mematikan Paksa Laptop dengan Cepat

Saat ini cara mematikan paksa laptop sangat dibutuhkan apalagi ketika memori penuh. Pasti banyak sekali program yang dijalankan, dan file sampah.

Laptop hang biasanya akan mengakibatkan respon menjadi lambat. Berikut ini sudah ada cara mematikan laptop hang secara cepat.

Mengenal Cara Mematikan Paksa Laptop

Komputer atau laptop hang bisa menjadi masalah besar bagi beberapa orang. Sehingga terkadang Anda harus tahu cara mematikan laptop hang. Dalam keadaan hang biasanya tidak merespon perintah dari kursor atau mouse.

Penyebab laptop hang, biasanya karena aplikasi yang tampak berat untuk dijalankan. Selain itu, sudah banyak file sampah yang membuat kinerja laptop melambat.

Salah satu Cara mematikan paksa laptop, yakni menghentikan program. Contohnya saja, menekan kursor untuk mengeluarkan program. Selain itu, pengguna dapat menunggu sampai laptop kembali merespon.

Apabila laptop tidak merespon, Anda dapat menekan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard dan pilih task manager. Aplikasi ini bisa saja memperlihatkan program berjalan yang mempengaruhi kinerja laptop.

Anda juga bisa mengklik tombol end task untuk mengakhiri program. Cara lain yakni mematikan paksa bila laptop tidak merespon apapun.

1. Menekan Tombol Power

Saat laptop hang tampilan layar tidak akan merespon keyboard atau mouse. Cara mematikan laptop hang yakni menekan tombol power. Cara mematikan paksa laptop, ini dilakukan ketika laptop tidak merespon keyboard, mouse, atau sistem operasinya tidak merespon.

Kemudian, tekan tombol power kurang lebih 15 detik hingga laptop mati. Sehingga laptop dipaksa untuk bisa mati langsung dari hardware. Namun, cara ini tidak direkomendasikan karena dapat membahayakan penggunaan laptop.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Yang Error

2. Matikan Laptop Melalui Start

Salah satu cara mematikan laptop hang dapat melalui tombol start. Pengguna akan terus menekan tombol Windows untuk memunculkan menu start. Kemudian, bisa klik icon tombol power dan pilih shutdown untuk mematikan laptop.

3. Tekan Alt + F4

Kombinasi keyboard Alt + F4 nantinya akan membentuk mematikan laptop. Langkah ini bisa digunakan jika laptop dalam kondisi freeze atau hang.

Cara Mematikan Laptop, tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan. Nantinya akan muncul jendela untuk mematikan laptop, sign out, restart, serta fitur lain. Saat muncul shutdown tekan enter atau klik OK menggunakan kursor.

Simak Juga : Cara Mematikan Password Laptop

4. Menutup Layar Laptop

Cara mematikan paksa laptop secara cepat, bisa dengan langsung menutup layar laptop yang hang. Saat menutup layar, laptop dalam mode sleep atau stand by.

Hal ini berarti laptop masih menyala karena tanda lampu kecil di laptop masih menyala. Pengguna akan menutup layar sementara waktu, hingga layar laptop mati. Kemudian, buka layar kembali dan tekan tombol power untuk menyalakan laptop.

Itu saja beberapa informasi terkait Cara mematikan paksa laptop, semoga bisa memberikan manfaat. (PC)

Baca Juga : Cara Mematikan Touch Laptop