Cara Mematikan Laptop Yang Error
Tutorial Cara Mematikan Laptop Yang Error

Cara Mematikan Laptop yang Error Mudah dan Cepat

Alternatif untuk mematikan laptop bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard atau dengan mengandalkan kursor. Namun, jika laptop mengalami error Anda tidak bisa mematikan laptop sembarangan karena malah akan memperparah kerusakannya. Meskipun dengan cara mematikannya paksa akan membuat laptop bisa restart ke tampilan semula.

Tutorial Cara Mematikan Laptop Yang Error

Lantas, bagaimana cara mematikan laptop yang error? Berikut caranya:

1. Gunakan Kombinasi Tombol Windows + U

Ini termasuk cara mematikan laptop dengan keyboard yang paling mudah dilakukan, Anda cukup menekan tombol Window dan U dua kali secara bersamaan.

Maka otomatis laptop akan shutdown dan untuk menghidupkannya tinggal menekan tombol restart kembali.

2. Pakai Kombinasi Tombol ALT + F4

Cara mematikan laptop yang hang bisa juga menggunakan tombol ALT dan F4. Silakan menekan kombinasi ALT + F4, nantinya akan muncul opsi untuk mematikan laptop Anda. Pilih shutdown untuk mematikan laptop sehingga laptop bisa langsung nonaktif.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Lenovo

3. Pakai Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL

Anda bisa menggunakan tombol keyboard lainnya dengan menekan kombinasi dari CRTL + ALT + DEL secara bersamaan hingga muncul logo shutdown. Nah, klik logo shutdown tersebut, maka laptop Anda akan langsung nonaktif.

4. Pakai Kursor atau Mouse

Ini cara mematikan laptop cepat yang biasa digunakan banyak orang. Caranya, silakan arahkan kursor ke tombol Window lalu klik power dan pilih shutdown. Tinggal tunggu sistem bekerja dan laptop Anda akan langsung mati.

5. Gunakan Tombol Power

Jika cara di atas tidak berhasil setelah dilakukan Anda bisa mencoba cara ini. Tekan tombol power pada laptop selama beberapa saat dan laptop Anda akan mati dengan sendirinya. Namun disarankan hanya untuk laptop yang memang mengalami hang.

Simak Juga : Cara Mematikan Laptop HP

6. Gunakan Tombol Windows

Cara mematikan laptop yang error satu ini hanya bisa dilakukan bagi laptop atau komputer yang menggunakan Windows 7 dan Windows XP.

Caranya, tekan tombol Window yang ada di bagian bawah keyboard Anda. Kemudian gunakan tombol panah di sebelah kanan bawah keyboard Anda. Klik tanda panah ke atas, dan tanda panah ke kanan, tunggu sampai muncul tombol shutdown dan klik enter.

7. Lepas Baterai Laptop

Cara ini sebagai upaya terakhir yang bisa Anda lakukan. Hampir sama ketika handphone mengalami kondisi error atau ngelag untuk mengatasinya dengan melepas baterai lalu memasangnya kembali.

Silakan buka penutup baterai laptop Anda dan cabut, diamkan beberapa saat dan pasangkan kembali. Kami sarankan tidak melakukan metode ini terlalu sering karena bisa merusak beberapa komponen laptop Anda.

Demikian cara mematikan laptop yang error. Bisa dengan menggunakan keyboard, mouse dan cara lainnya. Semoga bermanfaat. (PC)

Baca Juga : Cara Mematikan Antivirus Di Laptop