Cara Mematikan Laptop, Antivirus, Password, dan Touchpad

Alkisahnews.com Apabila laptop Anda mengalami masalah, jangan terburu-buru untuk menekan sembarang tombol keyboard karena dapat mengakibatkan kerusakan lebih parah. Berikut cara mematikan laptop, antivirus, password dan touchpad yang tepat agar perangkat laptop senantiasa aman.

Baca Juga : Harga Keyboard Laptop

Cara Mematikan Laptop

Hal yang paling utama adalah cara mematikan laptop dengan tombol keyboard. Ini merupakan langkah paling mudah tapi perlu diperhatikan. Apalagi ketika Anda berada dalam kondisi yang genting seperti laptop error dan masalah lainnya.

1. Alt + F4

Manfaatkan tombol yang ada pada keyboard dengan cermat karena pada dasarnya komputer dirancang guna memudahkan segala pekerjaan. Jadi, Anda bisa mematikan dengan tekan tombol Alt yang letaknya berdekatan dengan tombol space, lalu tekan tombol F4 tanpa melepaskan tombol Alt.

Tekanlah bersamaan kedua tombol tersebut, maka secara otomatis Anda akan dikeluarkan dari seluruh aplikasi yang sedang digunakan. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan kombinasi tombol tadi untuk mematikan laptop secara cepat.

2. Ctrl + Alt + Del

Jangan panik ketika laptop error! Meskipun Anda tidak mampu melakukan apapun untuk menghentikan error, tapi Anda masih bisa memanfaatkan tombol keyboard. Cara mematikan laptop yang error hanya dengan kombinasi tombol Ctrl, lalu Alt dan Delete.

Kombinasi dari ketiga tombol tersebut akan membuat layar laptop menampilkan pilihan bagi penggunanya. Anda bisa memilih Shit Down, Restart maupun Sleep. Tentu saja Anda harus memilih Shut Down karena ingin laptop beristirahat dan tidak kembali error. Uniknya langkah ini dapat Anda lakukan meskipun kondisi jendela terbuka.

3. Command Prompt

Cara mematikan laptop ASUS juga dapat dilakukan dengan command prompt. Penggunaan jalan pintas ini dilakukan melalui syntax yang ada pada panel CMD. Anda hanya perlu memasukkan beberapa perintah syntax guna mematikan laptop otomatis melalui pemograman Windows.

Anda hanya perlu mengetik “shutdown –s” pada kolom yang ditampilkan CMD lalu tekan “enter” dan klik “Close”. Alhasil laptop Anda akan mati secara otomatis. Apabila laptop Anda dalam kondisi error, lakukan saja cara ini untuk mematikan laptop.

4. Win + X

Selanjutnya Anda bisa menggunakan cara mematikan laptop Acer dengan tekan tombol Win bersamaan dengan tombol huruf X pada keyboard. Namun Anda harus melakukan cara tersebut dengan menjalankan menu Power User. Menu tersebut meliputi Task Manager, Shut Down dan Computer Management.

Langkah yang tepat untuk mematikan laptop dengan Win + X, yakni:

  • Tekan Windows + X
  • Tekan tombol U guna membuka pilih Shut Down
  • Tekan tombol U lagi untuk pilih Sign Out

5. Win/Start + Power

Kombinasi antara tombol Windows atau Start dan Power juga dapat dijadikan cara mematikan laptop Acer. Penggunaan kombinasi tombol tersebut biasanya diterapkan pada Windows 10 atau Windows 11. Sementara bagi pengguna Windows versi 8.1 bisa menggunakan cara sebelumnya yakni Win + X.

Selain itu cara mematikan laptop di atas juga dapat digunakan untuk laptop berbagai merek. Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kesalahan. Tinggal dipraktikkan saja sesuai instruksi yang telah dijelaskan. Jadi, Anda juga dapat menggunakannya sebagai cara mematikan laptop HP dan lainnya.

Simak Juga : Cara Screenshot di Laptop

Cara Mematikan Antivirus di Laptop

Seperti yang diketahui bahwa setiap laptop dilengkapi dengan antivirus bawaan yakni Windows Defender. Aplikasi antivirus tersebut merupakan bawaan dari Windows 8 dan Windows 10. Meskipun aplikasinya berguna untuk mengamankan perangkat Anda dari serangan virus berbahaya, tapi masih ada pengguna yang ingin mematikan antivirus tersebut.

1. Cara Mematikan Antivirus Sementara di Laptop

Cara mematikan antivirus di laptop sementara bisa dengan pilih Start, lalu buka Setting. Nantinya akan muncul jendela Setting. Lalu pilih menu Update & Security. Kemudian pilih menu Windows Security dan buka Virus & Threat Protection. Alihkan Proteksi Real Time ke Nonaktif guna mengaktifkan antivirus bawaan Windows.

2. Cara Mematikan Antivirus Permanen di Laptop

Jika ingin mematikan antivirus secara permanen bisa melalui Start, pilih Update & Security. Lalu pilih Manage & Setting yang terletak pada menu paling bawah Virus & Threat Protection Settings. Alihkan tombol yang Aktif ke Tidak Aktif untuk Real Time Protection, Cloud Delivered Protection dan Automatic Sample Submission.

Cara Mematikan Password Laptop

Apabila Anda ingin shutdown password yang ada di laptop, ikuti cara mematikan password laptop dari Control Panel atau Setting.

1. Matikan Password dari Control Panel

Mematikan password, buka Control panel. Lalu klik User Accounts, Make Changes to my account in PC Settings. Kemudian Sign in Option, Change pada Password. Masukkan password saat ini lalu Next. Kosongkan kolom dan klik Next. Selamat, password Anda telah dimatikan.

2. Matikan Password dari Setting

Cara mematikan password dari menu Setting yakni pilih Setting. Kemudian pilih Account, Sign in Options pada sebelah kiri layar. Klik Change untuk menghapus dan mengganti password. Change untuk masukkan kata sandi. Kosongkan kolom sandi baru lalu klik Next. Selamat, Anda berhasil mematikan password.

Cara Mematikan Touch Laptop

Jika touchpad laptop macet, jangan terburu-buru untuk klik sana sini. Inilah cara mematikan touch laptop.

1. Matikan Touch Laptop dari Settings

Bagi pengguna Windows 10 bisa langsung buka menu Settings. Untuk cara cepatnya bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + I. Lalu pilih Device (Bluetooth, Printers, Mouse). Klik Touchpad, centang pada Leave Touchpad on When a Mouse is Connected. Anda bisa memastikan Touchpad dalam kondisi Off.

2. Matikan Touch Laptop dari Device Manager

Sementara melalui Device Manager bisa dengan klik Start, lalu pilih Device Manager. Cari pilihan Mice and Other Pointing Devices. Klik kanan pada Touchpad dan Disable Device. Kini Touchpad sudah dimatikan.

3. Matikan Touch Laptop dari Kombinasi Tombol

Apabila Anda ingin mematikan touchpad laptop dengan lebih mudah yakni menggunakan kombinasi tombol. Setiap merek memang punya cara berbeda-beda untuk menonaktifkan touchpad. Pengguna Acer, bisa menggunakan kombinasi Fn + F6, sementara untuk pengguna ASUS dan Toshiba bisa tekan Fn + F9, pengguna Lenovo bisa tekan Fn + F6 atau Fn + F8 dan pengguna HP menggunakan kombinasi tombol Fn + F7.

Perlu diketahui bahwa jangan pernah melakukan shutdown laptop secara asal-asalan karena meskipun mendesak, Anda bisa menggunakan cara mematikan paksa laptop. Efek yang ditimbulkan dari shutdown laptop secara asal-asalan yakni gangguan pada RAM. Prosesor juga akan mengalami kerusakan karena shutdown laptop secara tergesa-gesa. Pemaksaan yang terjadi juga dapat memicu registry error dan bad sector sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan.

Itulah beberapa cara mematikan perangkat laptop, antivirus, password dan touchpad yang tepat. Pastikan Anda sudah memahami caranya dengan baik. Apakah selama ini Anda sudah menerapkan cara mematikan laptop yang tepat? Semoga penjelasan di atas bermanfaat. (PC)