Lowongan Kerja Online Dari Rumah
Lowongan Kerja Online Dari Rumah

Cari Lowongan Kerja Online dari Rumah Lewat Situs Berikut Ini

Alkisahnews.com – Semenjak pandemi, banyak orang mencari lowongan kerja online dari rumah. Selain pandemi, ada beberapa faktor mengapa orang lebih memilih mencari pekerjaan yang bisa diremote atai bisa dikerjakan dari rumah.

Misalnya karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau karena harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Kerja remote seperti ini sebenarnya sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kesibukan Anda.

Bekerja dari rumah sudah bukan hal baru lagi, bahkan semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk menjalani kerja online dari rumah, mari membahasnya lebih detail.

Persiapan Sebelum Mencari Lowongan Kerja Online dari Rumah

Kemudahan bekerja tanpa harus ke kantor bukan berarti bisa dilakukan dengan santai karena ada banyak hal harus disiapkan. Berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mencari lowongan kerja online dari rumah.

1. Koneksi Internet

Jenis pekerjaan apapun itu jika dilakukan secara remote tentu membutuhkan akses dengan koneksi internet. Jadi pastikan terdapat koneksi internet memadai ketika memutuskan untuk bekerja jarak jauh.

2. Ruang Kerja yang Kondusif

Meskipun tidak dikerjakan di kantoran, namu Anda tetap memerlukan ruang kerja dan lingkungan kondusif untuk mendukung kelancaran pekerjaan. Solusi alternatif lainnya adalah bisa menyewa co-working space untuk bekerja.

3. Akun Pembayaran Virtual

Tentunya lowongan kerja online dibayar dengan cara online juga sehingga perlu menyiapkan akun untuk mendapatkan gaji. Jika mendapatkan pekerjaan online dari luar negeri, biasanya sistem pembayarannya menggunakan akun PayPal atau Payoneer.

4. Planning Cadangan

Menjadi pekerja online dari rumah bukan hal yang mudah, sebab Anda harus melakukan banyak tanggung jawab dalam satu waktu. Pastikan memiliki rencana cadangan agar seluruh tanggungan tidak membuat kewalahan.

5. Jam Kerja Pribadi

Ada beberapa contoh loker seperti lowongan kerja online ibu rumah tangga yang banyak tersebar di internet. Jika Anda mengambil peluang tersebut, maka harus lebih pandai lagi mengatur jam kerja pribadi.

Seperti mengatur kapan bekerja, bermain dengan anak, keluar bersama teman, dan sebagainya. Dengan mengatur jadwal sesuai rencana, maka Anda mengetahui apa yang harus dilakukan jika ada hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Simak Juga : Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat WA

Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Mencari Lowongan Kerja Online dari Rumah

Sebelumnya Anda telah memahami hal-hal dasar yang perlu dipersiapkan ketika mencari lowongan kerja online dari rumah. Selanjutnya ada beberapa tips ketika mencari lowongan pekerjaan online, berikut penjelasannya.

1. Pastikan Apakah Pekerjaan Tersebut Home Based

Beberapa jenis pekerjaan dapat dikerjakan dari rumah untuk seterusnya, ada juga yang mewajibkan pegawainya langsung ke kantor atau lapangan. Jadi cari tahu dahulu informasi dan keaslian mengenai posisi lamaran tersebut.

2. Rajin Update CV dan Profil

Memperbarui CV dengan pengalaman terbaru adalah hal penting. Setiap posisi pekerjaan memiliki kualifikasinya masing-masing, jadi untuk memperbarui CV bisa dilakukan melalui kursus atau magang yang berhubungan sesuai posisi lamaran.

3. Mempersiapkan Diri untuk Interview Online

Tips mencari lowongan kerja online dari rumah selanjutnya yaitu mempersiapkan diri jika lolos interview. Proses rekruting pekerjaan remote umumnya dilakukan secara online juga. Meski begitu, semua tetap harus dipersiapkan semaksimal mungkin.

4. Evaluasi Persiapan Remote Working

Lakukan evaluasi untuk menilai seberapa matang persiapan melamar kerja online. Mulai dari masalah teknis seperti internet, laptop, aplikasi keperluan, dan sebagainya. Siapkan juga jadwal kerja pribadi agar produktivitas tidak terganggu.

Baca Juga : Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat WhatsApp

Daftar Website Penyedia Informasi Lowongan Kerja Online dari Rumah

Mencari lowongan kerja online dari rumah lebih mudah jika dilakukan melalui situs website resmi. Selalin mudah dan cepat, website tersebut dipenuhi informasi lowongan pekerjaan hingga tips mendaftarnya, berikut: rekomendasinya.

1. Karir.com

Karir.com merupakan situs website pencari pekerjaan karya anak bangsa dan Anda bisa dengan mudah menemukan lowongan pekerjaan dari perusahaan ternama. Sebelumnya, pengguna perlu mengisi data diri terlebih dahulu sebagai resume.

Karir.com juga menyediakan fitur hitung gaji sesuai posisi serta pengalaman kerja penggunanya. Selain itu juga disediakan tes minat, tes komunikasi, kemampuan bahasa Inggris, hingga lowongan management trainee.

2. JobStreet

Pada situs JobStreet, Anda bisa menemukan loker online hari ini yang selalu diupdate setiap harinya. Mulai dari bidang personalia, keuangan, komunikasi, marketing, dan lain-lain yang bisa dilakukan secara remote juga.

3. TechInAsia Jobs

TechInAsia Jobs ini merupakan situs lowongan kerja populer untuk kawasan Asia tenggara. Ada banyak loker yang bisa Anda temukan mulai dari bidang manajemen, data analisis, customer service, IT, marketing, dan sebagainya.

4. KarirHubKemnaker

Situs mencari lowongan kerja online dari rumah berikutnya yaitu KarirHubKemnaker yang disediakan langsung oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Bidang lokernya antara lain admin gudang, supervisor, tenaga produksi, sales, dan lain-lain.

5. Glints

Selain digunakan untuk mencari informasi lowongan kerja, Glints juga bisa dipakai untuk mencari lowongan magang. Terdapat fitur berupa jasa konsultasi dan rekomendasi perkembangan karir hingga pelatihan keahlian khusus.

Baca Juga : Kerja Online Untuk Pelajar

Aplikasi Penyedia Informasi Lowongan Kerja Online dari Rumah

Selain situs website, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mendaftar lowongan kerja online dari rumah, berikut rekomendasinya.

1. Linkedin

Linkedin merupakan website sekaligus aplikasi yang sudah sangat terkenal di kalangan mahasiswa hingga pekerja. Jaringan profesional terbesar ini memiliki wujud seperti media sosial namun dikemas dengan cara profesional.

Profil pengguna Linkedin dibuat layaknya CV yang mencantumkan pengalaman organisasi, pengalaman kerja, keahlian, dan lain-lain. Anda bisa menjalin koneksi dengan orang-orang hebat, berbagi pengalaman, hingga mencari pekerjaan.

2. KitaLulus

Aplikasi untuk mencari lowongan kerja online dari rumah berikutnya yaitu KitaLulus. Pencarian loker semakin dimudahkan dengan fitur sortir jenis pekerjaan berdasarkan kata kunci, pendidikan, bidang pekerjaan, hingga lokasi.

Selain itu, lowongan yang tersedia di aplikasi KitaLulus telah melewati proses verifikasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan loker sehingga KitaLulus menjadi aplikasi yang kredibel.

3. Indeed

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Indeed juga menyediakan fitur untuk memudahkan Anda mencari pekerjaan baru. Selain pekerjaan full time, Anda juga bisa mencari lowongan kerja part time online di rumah lewat Indeed.

4. Kormo Jobs

Aplikasi yang terpercaya untuk mencari lowongan pekerjaan adalah Kormo Jobs. Hal ini dibuktikan melalui jumlah unduhan sebanyak 10 juta kali melalui Google Play Store oleh para pencari pekerjaan impian.

Aplikasi ini lebih fokus di bidang layanan IT & Admin, logistik, ritel, perhotelan, operasi gudang, serta perwakilan layanan pelanggan. Jika memenuhi kualifikasi tersebut, maka Kormo Jobs adalah aplikasi yang tepat.

5. TopKarir

Disebut sebagai aplikasi lowongan kerja cukup populer, TopKarir memiliki sejumlah fitur yang memudahkan penggunanya menyortir jenis pekerjaan. Mereka dapat mencari lowongan mulai dari start up hingga perusahaan-perusahaan besar.

Mulai dari fresh graduate hingga pekerja berpengalaman, semuanya dapat memanfaatkan TopKarir untuk mencari pekerjaan full time maupun part time. TopKarir juga menyediakan lowongan magang agar Anda mendapatkan pengalaman profesional.

Saat ini proses mencari pekerjaan semakin dimudahkan melalui perkembangan teknologi. Anda dapat memanfaatkan website hingga aplikasi seperti penjelasan di atas. Lakukan juga tips sebelumnya saat mencari lowongan kerja online dari rumah.

Simak Juga : Kerja Online Dibayar

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan